Melakukan hobi adalah kesenangan tersendiri bagi setiap orang. Biasanya hobi dilakukan disaat waktu senggang.

Berbagai rutinitas dan kesibukan seperti kuliah, kerja atau padatnya aktivitas sekolah tidak jarang membuat mu merasakan lelah dan bosan. Bahkan bisa membuatmu susah mendapatkan waktu luang.

Salah satu cara untuk mengatasi kejenuhan dan kebosanan tersebut yakni menjadikan hobi sebagai pekerjaan atau bisa juga dibilang melakukan hobi dengan dibayar.

Ketika kamu melakukan pekerjaan dengan hati yang senang maka hasilnya pun memuaskan. Apalagi jika hobimu bisa menghasilkan uang.

Poin plus yang di dapat di sini yaitu kamu bisa menjalani hobimu dan kamu mendapat uang pula, menyenangkan bukan? Lalu, apa saja hobi yang bisa menghasilkan uang?

Menulis

kiki widyasari menulis
kemandirianfinansial.com

Apakah dulu saat masih kecil kamu suka menulis catatan harian di buku diary? Disadari atau tidak, kebiasaan menulis tersebut merupakan modal awal bagimu untuk bisa memiliki keahlian dalam pengolahan kata.

Bagi kamu yang memiliki hobi menulis, hobi tersebut bisa kamu jadikan sebagai pekerjaan. Bisa pekerjaan utama atau pekerjaan sampingan.

Kamu bisa menjalankan hobimu dengan berkreasi memainkan kata lewat tulisan-tulisanmu dan mendapatkan penghasilan pula. Dengan hobi ini, kamu bisa menjadi editor, jurnalis, content writer, penulis buku, dan semacamnya.

Bela Diri

28 beladiri
gunemanyuk.wordpress.com

Kamu yang suka kegiatan bela diri sebaiknya jangan setengah-setengah, tekunilah. Dari sini, mungkin kamu bisa membuka sebuah pelatihan bela diri.

Pelatihan ini bisa ditujukan untuk melatih anak-anak atau teman-temanmu yang berminat dan ingin menguasai teknik bela diri. Hobi tersalurkan pun pundi-pundi tambahan bisa masuk ke kantongmu.

Memasak

28 masak
asacinta.blogspot.com

Memasak identik dengan kegiatan perempuan, namun sekarang ini banyak juga laki-laki yang memiliki hobi memasak. Bahkan koki-koki banyak yang laki-laki.

Bagi kamu yang suka memasak, mulailah berani unjuk gigi. Misal kamu meminta pendapat atau menjadikan keluargamu sebagai tester dari masakanmu.

Keahlian masakmu bisa kamu jadikan sebagai lahan usaha. Dari hal kecil, seperti membuat kue kering lalu dijual, atau membuka usaha katering.

Desain Grafis

28 desain grafis
photoshop.kampusrahasia.com

Hobi ini biasanya digemari oleh para lelaki, mereka yang hobi menatap layar komputer dengan dilengkapi sofware desain grafis tentu tak bosan berlama-lama di sana.

Hobi ini bisa menjadi menguntungkan sebab jasa desain grafis sangat dibutuhkan oleh sebagian besar perusahaan.

Jika kamu merasa ahli di bidang ini, tak ada salahnya mencoba melamar kerja sebagai desain grafis di sebuah perusahaan. Bisa juga sebagi freelance graphic desain, atau kamu membuka usaha sendiri dibidang ini.

Melukis

28 melukis
dunialukisan-javadesindo.blogspot.com

Memang tidak semua orang memiliki bakat melukis, bahkan melukis kadang belum terlalu diminati. Akan tetapi, saat ini hobi melukis juga banyak ditekuni oleh anak muda sebagai hobi yang menghasilkan uang.

Kamu yang ahli di bidang ini dapat ‘menjual’ lukisanmu, misal dengan usaha lukis foto yang biasanya digunakan sebagai sebuah kado.

Bayaran yang didapat dari melukis tersebut lumayan lho, tak bisa dianggap murah. Satu lukisan bisa dihargai Rp 100.000,00 hingga Rp. 500.000.

Fotografi

28 fotografi-hemat
csdnews.com

Jangan hanya hobi berselfie ria atau menjepret diri sendiri. Kamu yang memiliki hobi memfoto dan merasa ahli dibidang fotografi, jalani hobimu dengan sungguh-sungguh.

Abadikan momen yang menurutmu pas diabadikan. Kamu bisa mempromosikan hasil jepretanmu ke dunia maya seperti ikut lomba fotografi, atau bahkan bisa membuka jasa foto.

Menyenangkan bukan? Kamu menyalurkan hobimu dan hobi tersebut juga bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah untuk mengisi dompetmu.