Hidup di kota besar dengan padatnya penduduk membuat harga tanah melambung tinggi. Seringkali keterbatasan kemampuan ekonomi tidak memungkinkan untuk membeli lahan yang luas untuk dijadikan sebagai tempat tinggal.

Kamu tidak mungkin terus-terusan memaksa pasanganmu membeli rumah yang lebih luas. Salah satu cara untuk memperluas ruang gerak rumahmu adalah memanfaatkan loteng rumah. Loteng kerap diabaikan lantaran ruangannya yang sempit dan sumpek.

Padahal loteng rumah yang hanya sebagai sarang tikus dapat disulap menjadi tambahan ruangan dalam rumah yang tak kalah nyaman dengan ruangan lainnya.

Hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana mengatur ventilasi agar tidak pengap dan pencahayaan agar tidak gelap.

Gunakan imajinasi dan kreativitasmu untuk menyulap loteng kotor menjadi ruangan keren. Berikut ini 6 ide menyulap loteng menjadi ruangan yang menyenangkan.

1Kamar Tidur Anak-Anak

homecaprice.com

Tak masalah menyulap loteng menjadi ruang tidur anak-anak asal didekorasi dengan apik. Gunakan cat tembok berwarna ceria dan cerah sehingga anak-anak tak merasa dibuang di ruangan tak terpakai.

Kamu juga dapat menambahkan wallpaper bunga, bintang, atau kartun kesukaannya. Jika loteng rumahmu tidak terlalu luas, tidak perlu memaksakan memasukan perabot ke dalam kamar anak ini.

Cukup tempat tidur, lemari minimalis dan beberapa rak buku. Jangan lupa sesuaikan letak jendela agar anak tetap nyaman berada dikamarnya meskipun siang hari.

2Kamar Tidur Ayah Ibu

www.balkonie.com

Meskipun kamu menduduki posisi sebagai ayah dan ibu, tak perlu gengsi menempati kamar hasil sulapan dari loteng. Justru privasimu dan pasanganmu lebih aman dari anak-anak jika menempati kamar di loteng.

Komunikasikan dengan pasangan bagaimana penataan ruangan dan dekorasi yang nyaman. Jika ruangan loteng cukup luas, kamu dapat menempatkan barang-barang berharga dan barang-barang kenangan di dalam kamarmu ini.

Tempatkan tempat tidur dibawah genting bening sehingga kamu dapat menikmati bintang bersama pasanganmu sesaat sebelum terlelap. Bukankah hal ini sangat romantis?

3Ruang Kerja

www.aproperti.com

Ada beberapa tipe orang yang membutuhkan ketenangan saat bekerja. Ia bahkan tidak menyukai sedikit saja suara yang mengganggu konsentrasinya saat bekerja. Sebagai contoh profesi sebagai penulis yang memerlukan waktu mengumpulkan serakan-serakan inspirasi.

Kamu dapat memanfaatkan loteng rumah sebagai ruang kerja. Desain ruang kerja di loteng menyesuaikan kenyamanan sehingga lebih kondusif saat bekerja.

4Ruang Santai Bersama Keluarga

www.balkonie.com

Di malam yang cerah kamu dapat melihat langsung bintang-bintang di langit dari jendela ruang keluarga yang menempati loteng.

Ditemani secangir teh hangat dan beberapa kue. Momentum seperti ini menjadi lebih kondusif untuk berbicara dari hati ke hati dengan anggota keluarga.

Kamu juga dapat memasang beberapa rak buku. Ruang keluarga tak hanya nyaman sebagai tempat berbagi cerita bersama semua keluarga, namun juga nyaman untuk membaca buku-buku favorit.

5Kamar Mandi

seekayem.com

Bukan tak mungkin menyulap loteng rumah menjadi kamar mandi. Asalkan kamu benar-benar mendesain aliran air baik air bersih maupun air kotor. Perhatikan juga ventilasi udara sehingga tidak gerah dan pengap saat menggunakan kamar mandi.

6Tempat Menyimpan Pakaian

hgtv.com

Kamu termasuk orang yang hobi mengoleksi pakaian model-model terupdate hingga kewalahan bagaimana cara menyimpannya lantaran lemari di kamar sudah penuh? Sulaplah loteng rumah untuk menyimpan pakaian-pakaianmu.

Akan lebih keren memasang kaca besar untuk mengepas pakaian yang akan kamu pakai. Tak masalah jika loteng rumahmu kecil. Kamu tak perlu mengangkut lemari ke loteng. kamu hanya perlu memasang beberapa laci dan gantungan pakaian.

SHARE