Kerajaan-kerajaan besar pada zaman dahulu kala saling berlomba melakukan ekspansi atau perluasan wilayah. Mereka berperang untuk menaklukan berbagai kawasan. Banyak yang runtuh, tapi tidak sedikit yang nyaris menguasai dunia.

Berikut ini merupakan daftar kerajaan yang hampir mendominasi dunia. Pengaruhnya sungguh luar biasa terhadap sebagian besar populasi manusia di bumi.

Yuk, simak ulasannya!

1Kerajaan Portugis

boombastis.com

Kerajaan Portugis memang seringkali terlupakan ketika menyebutkan nama kerajaan-kerajaan besar. Padahal, kerajaan ini memiliki pengaruh yang hampir setara dengan Kerajaan Inggris.

Kerajaan Portugis melakukan penjelajahan ke India, Sri Lanka, Jepang, Brazil, dan beberapa wilayah di Afrika. Mozambik dan Brazil merupakan dua wilayah yang berhasil ditaklukan Portugis.

Selain itu, Portugis juga memperluas wilayah perdagangan dari India, Arab, Malaysia, sampai Negeri Cina. Mereka nyaris menguasai rute perdagangan Asia dan Eropa.

Sayangnya, Kerajaan Portugis mengalami kemunduran pada tahun 1950-an. Jika kala itu Portugis tetap bertahan, tidak menutup kemungkinan kekuasaannya melebihi Kerajaan Inggris.

2Kerajaan Timurid

boombastis.com

Setelah runtuhnya Kerajaan Mongol, muncullah Kerajaan Timurid yang berhasil menguasai wilayah Turki, Iran, Kaukasus, Mesopotamia, India, dan mayoritas Asia Tengah.

Kerajaan ini adalah kerajaan yang tidak menetap dalam satu daerah. Kerajaan Timurid pada saat itu dipimpin Tamerlane.

Dia berkomitmen untuk mengembalikan Kejayaan Mongol sebagaimana masa Gengis Khan. Kerajaan Timurid nyaris tak terkalahkan. Kehebatan pasukan pemanah berkudanya membuat ciut nyali lawan.

Kerajaan Timurid runtuh ketika mencoba menyerang dinasti Ming di Cina karena Timerlane tewas sebelum perang berlangsung.

3Kerajaan Spanyol

boombastis.com

Kerajaan Spanyol merupakan salah satu kerajaan yang pantas diperhitungkan kekuasaannya. Kerajaan ini menguasai wilayah Belanda, Austria, Kerajaan Romawi, serta berbagai wilayah lainnya.

Dalam catatan sejarah, Kerajaan Spanyol, Belanda, Portugis, Italia, dan Jerman pernah menyatukan visi yakni mendominasikan kekuasaan Eropa di dunia.

Kerajaan Spanyol mempunyai armada terbaik, kekayaan berlimpah, pasukan luar biasa dan kekuasaannya meliputi 13% daratan di dunia. Tapi, pada suatu pertempuran Kerajaan Spanyol mengalami kekalahan sehingga runtuh saat itu juga.

4Kerajaan Mongol

boombastis.com

Ketika Kerajaan Mongol berkuasa, tidak ada satu pun kerajaan lain yang mampu menandingi kekuatannya. Strategi perang Mongol sulit terbaca lawan. Kelebihan ini yang membuat Mongol mampu menguasai 22% wilayah daratan di bumi.

Namun, ternyata kekuasaan yang semakin besar menjadi bumerang untuk Kerajaan Mongol. Mereka mengalami perpecahan sebelum tahun 1300-an.

5Kerajaan Ottoman

boombastis.com

Tidak hanya kerajaan di Eropa saja yang bisa menguasai dunia, tapi juga Kerajaan Ottoman di Turki. Wilayah kekuasaannya mencakup Timur Tengah, Afrika Utara, dan Balkan.

Salah satu keunikan Kerajaan Ottoman yang tidak dimiliki kerajaan lain yakni mereka mampu mengatasi perbedaan etnis di Timur Tengah dan Balkan.

Saking tangguh dan kuatnya, Kerajaan Ottoman nyaris menaklukan Kota Vienna di Benua Eropa. Sayangnya, Kerajaan Ottoman mengalami kegagalan tatkala Pasukan Polandia membantu Eropa mempertahankan Kota Vienna.

Seandainya Kerajaan Ottoman memenangkan peperangan, Kota Vienna pasti sudah menjadi bagian dari kerajaan ini.

6Kerajaan Inggris

boombastis.com

Kerajaan Inggris masih menunjukan karismanya hingga kini. Memang, dalam catatan sejarah, Kerajaan Inggris merupakan salah satu penguasa wilayah-wilayah di dunia. Sebesar 22.6% wilayah di muka bumi adalah taklukan Inggris.

Kejayaan Inggris tidak berhenti sampai di situ. Mereka juga menguasai rute perdagangan hampir seluruh dunia.

Pasukan Inggris sangat kuat karena merupakan angkatan laut terbesar di dunia. Bahkan Indonesia pun pernah menjadi wilayah kekuasaan Inggris.

Namun, bagaimanapun masa kejayaan Inggris tetap runtuh pada suatu peperangan. Mereka terkalahkan sama seperti kerajaan lainnya.