Siapa yang tidak mengenal daun sirih? Daun yang memiliki aroma yang khas ini, identik dengan kinang bagi para tetua dahulu. Atau, penggunaan sirih dikenal sebagai pereda saat mimisan. Padahal, manfaat sirih tidak hanya sebatas itu.

www.kidnesia.com
www.kidnesia.com

Kandungan daun sirih berupa minyak esensial, fenil propana, estragol, kavicol, hidroksikavicol, kavibetol, caryophyllene, allylpyrokatekol, cyneole, cadinene, tanin, diastase, pati, terpennena, seskuiterpen, dan gula, tentu memiliki banyak kegunaan.

infokesehatanterlengkap.blogspot.com
infokesehatanterlengkap.blogspot.com

Selain menjadi ‘camilan’ pelengkap kinang serta pereda mimisan, daun sirih memiliki banyak fungsi dan manfaat. Apa saja khasiat sirih yang sangat penting diketahui para wanita?

1. Mengobati jerawat

www.catatankecilku.net
www.catatankecilku.net

Jerawat merupakan masalah utama bagi sebagian besar wanita. Jerawat yang membandel dapat mengurangi penampilan dan percaya diri. Maka, untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan pengobatan yang aman dan alami.
Salah satu khasiat sirih yang belum banyak diketahui adalah untuk pengobatan jerawat. Kandungan sirih dapat mengurangi peradangan pada wajah berjerawat. Selain itu, antiseptik yang terkandung dalam sirih dapat mencegah bakteri penyebab timbulnya jerawat.
Penggunaan sirih sebagai obat jerawat adalah dengan cara menumbuk beberapa lembar daun sirih dan tempelkan pada wajah yang berjerawat selama kurang lebih 1 jam. Setelah itu cuci bersih menggunakan air hangat.

2. Melancarkan haid
Selain sebagai obat jerawat, hal yang wajib kamu ketahui tentang sirih adalah sebagai ramuan pelancar haid. Kandungan pada daun sirih dipercaya dapat melancarkan haid dan nyerinya.
Ramuan ini dibuat dengan cara rebusan daun sirih 2-3 lembar, kemudian diminum.

3. Mengobati Keputihan
Masalah yang kerap dialami kaum hawa selanjutnya adalah keputihan. Keputihan dapat menyebabkan gatal dan tidak nyaman pada area miss V. Keputihan yang berlebihan dapat disebabkan karena bakteri atau jamur.
Kandungan daun sirih yang bermanfaat adalah antiseptik yang dapat menghilangkan bakteri dan jamur. Cara penggunaannya adalah rebusan sirih dibasuhan di area kewanitaan.

4. Menghilangkan Bau badan tidak sedap
Penampilan merupakan hal yang paling penting bagi seorang wanita untuk menambah kepercayaan diri. Masalah bau badan, tentu dapat merusak penampilan seorang wanita.

www.acidadedossosego.blogspot
www.acidadedossosego.blogspot

Namun, tidak perlu khawatir. Karena salah satu khasiat daun sirih adalah untuk menghilangkan bau badan yang tidak sedap.
Cara penggunaannya relatif mudah, dengan cara menumbuh sirih secukupnya, kemudian oleskan hasil tumbukan tersebut pada ketiak. Lakukan secara rutin sehabis mandi.

5. Menghilangkan bau mulut
Sudah menjadi rahasia umum, kebiasaan sebagian besar wanita adalah suka berkomunikasi dan berinteraksi dengan sesamanya. Kebiasaan ‘curhat’ dan berinteraksi itu tentu akan sangat terganggu bila memiliki bau mulut yang tidak sedap.

www.indohum.com
www.indohum.com

Sirih dengan kandungan cadinane berkhasiat menghilangkan kuman penyebab bau mulut yang tidak sedap.
Cara peggunaannya dengan cara mengambil 2 sampai 3 lembar sirih, kemudian direbus beberapa saat. Hasil rebusan sirih tersebut digunakan untuk berkumur-kumur pada malam hari sebelum tidur. Bila hal ini dilakukan tiap hari, maka masalah bau tidak sedap akan hilang dan tentu rasa percaya diri kamu akan lebih meningkat.

6. Menjaga kekuatan Gigi
Tidak jarang para wanita memperhatikan keutuhan gigi untuk mempertahankan kecantikannya. Maka, perawatan gigi yang bisa dilakukan dengan cara penggunaan sirih sebagai obat kumur. Cara pembuatannya dengan merebus 1 lembar sirih dengan 2 gelas air. Tunggu dingin, kemudian kumur dengan ramuan ini, agar gigimu bisa lebih sehat dan tampil lebih percaya diri.

www.ladokgirem.com
www.ladokgirem.com

Bagaimana? Apakah kamu tertarik mencoba khasiat daun sirih ini?
Selamat mencoba..

SHARE