Kreativitas para pelukis dibuktikan melalui berbagai media yang makin banyak variannya dewasa ini.

Contoh media yang digunakan yaitu, pisang, oli, daun pisang, kopi dan kini wine (sejenis minuman beralkohol yang berkelas di kalangan Bangsa Eropa).

Bahkan seorang sarjana seni rupa, Christina LoCascio begitu tertarik menggunakan wine untuk media melukis. Ia memulainya sejak tahun 2002.

Christina memakai aneka jenis wine agar warnanya lebih beragam. Lukisan Christina yang sangat terkenal yakni berupa narasi mengenai keelokan anggur. Ia melukis kebun anggur, anggur dan portrait botol anggur.

Objek lukisannya tersebut merupakan hasil luapan emosi setelah ia menikmati segelas wine. Christina menumpahkan pengalamannya dalam sebuah lukisan menakjubkan, elegan, dan berkelas.

Pengalaman menggunakan media wine juga dialami oleh seorang medical illustrator, Nelva Richardson.

Ia adalah seniman karya seni rupa yang melukis desain material rekam medis untuk keperluan kesehatan dan anatomi.

Namun, lambat laun, cara tersebut mulai ditinggalkan karena perkembangan teknologi sangat pesat. Pihak rumah sakit dan institusi medis kini lebih cenderung menggunakan teknologi grafis.

Nelva sangat merasakan bahwa cara tradisional sudah mulai ditinggalkan. Akhirnya, Nelva memilih kembali menggerakkan kuas dan kanvas. Ia kini memoleskan wine pada kuas dan menorehkan coretan di kanvas.

Karya Nelva yang berupa ucapan terima kasih ia kirimkan kepada seorang kawannya. Lukisan Nelva pernah dipamerkan di sebuah perkebunan tempat pembuatan wine.

Di sana juga lukisan yang berasal dari media wine Napa dan Lembah Sonoma ini dilelang.

Kisah lain berasal dari seorang seniman yang usianya lebih dari setengah abad, Philipe Dufrenoy. Ia memang terbilang terlambat menekuni karya seni lukis media wine, akan tetapi hasil yang ia dapatkan mengobati penyesalan.

Sebelumnya, Philipe bekerja sebagai teknisi. Kemudian, ia kehilangan pekerjaannya dan merasa kebingungan. Ia tidak siap menerima kenyataan yang terjadi.

Kekecewaan yang terlalu mendalam membuat pikirannya menjadi gelap. Hingga pada suatu hari, saat ia duduk di sebuah kafe, tanpa sengaja tangannya mencelupkan sebuah benda ke gelas wine.

Benda tersebut ia jadikan kuas untuk membuat sebuah sketsa. Seketika itu juga ia terkejut dengan sketsa yang ia ciptakan sendiri. Hasilnya sangat mengagumkan.

Kini, Philipe menjadi pelukis yang terkenal dengan goresan kuas wine yang tegas. Ia menggunakan wine muda dan tua untuk menambahkan efek pada warnanya.

Jenis wine yang biasa dipakai Philipe adalah wine Bordeux, Cranberry dan California. Salah satu lukisan Philipe yang menggunakan wine yakni berupa lukisan kastil dan perkebunan anggur di Bordeux.

Cerita tentang melukis dari media wine juga dilakukan Elisabetta Rogai. Berbagai percobaan dan penelitian ia lakukan demi menghasilkan karya yang luar biasa.

Perjuangan Elisabetta tidak sia-sia karena pada akhirnya ia menemukan formulasi warna wine yang khas. Formulanya berhasil membuat lukisan wine tidak mudah luntur dan tahan lama.

Lukisan-lukisan menakjubkan dari media wine dapat kamu lihat pada gambar-gambar berikut ini.

1Monalisa

boredpanda.com

Kamu pasti tidak asing dengan lukisan wanita fenomenal ini. Lukisan Monalisa karya Leonardo Da Vinci. Meski terbuat dari coretan media wine, lukisan Monalisa tetap terlihat cantik dan sempurna.

2Ballerina

boredpanda.com

Study of Ballerina, itulah judul lukisan media wine tersebut. Terlihat hidup dan begitu memukau. Tidak kalah cantik dengan lukisan-lukisan yang terbuat dari media lainnya.

3Perahu di Sungai

boredpanda.com

Media wine membuat lukisan perahu di atas sungai ini terlihat antik. Walaupun perbedaan antar objek tidak terlalu jelas, tapi lukisan tersebut tetap hidup.

4Wanita dengan Cerpelai

boredpanda.com

Leonardo Da Vinci selalu menghasilkan lukisan aliran naturalis yang khas. Sepertinya lukisan bertema wanita kerap menjadi ciri tersendiri baginya.

Lalu bagaimana jika lukisan tersebut dibuat dengan media wine? Tetap terlihat indah bukan?

5Marilyn Monroe

boredpanda.com

Marilyn Monroe tidak lepas dari sasaran pelukis wine. Lihatlah bagaimana lukisan Marilyn Monroe ini terlihat seperti aslinya.

6Khaleesi

boredpanda.com

Ingat film serial Game of Thrones? Seorang tokoh perempuan yang menjadi ratu dalam film tersebut mendapat julukan Khaleesi.

Khaleesi selalu tampak cantik ketika berlaga di film, bahkan saat di dalam lukisan pun ia tetap cantik.

Nah, sudah lihat kan bagaimana mengagumkannya lukisan dari media wine? Tidak ada salahnya kalau kamu juga belajar melukis menggunakan media wine. Lakukan dan lihat hasilnya.