Nama memang merupakan senjata bagi siapapun dan juga bagi perusahaan apapun. Nama yang indah, sederhana dan mudah diingat tentu menjadi bagian dari marketing dari sebuah perusahaan.

Ada juga yang dulunya mempunyai nama yang kurang bagus, tapi ketika berganti nama menjadi lebih famous, lebih banyak di kenal orang, dan tentunya lebih laku produk yang di perjualkan.

Nama memang bukan keberuntungan tapi nama adalah marketing terbaik untuk sebuah produk.

Di bawah ini ada 6 perusahaan yang berganti nama dan sukses.

1Backrup Berganti Nama Menjadi Google

tekno.kompas.com

Nama backrup memang kurang begitu mudah di dengar di telinga, tapi akan enak ketika berubah menjadi google. Larry page dan Sergey Brin yang memberikan nama tersebut.

Pada tahun 1997 sebelum menjadi google, nama backrup berubah menjadi googol. Sampai sekarang nama google tidak berubah lagi dan sudah menjadi sangat terkenal di era sekarang.

2Jerry And David’s Guide To The World Wide Web Berubah Menjadi Yahoo

voaindonesia.com

Dengan nama panjang seperti di atas tentu orang akan malas menyebutnya. Kita pun ketika mengetik tentu akan malas juga dan lebih enak, lebih cepat kalau cuma mengetik lima huruf saja.

Yahoo ini memang lebih awal lahirnya dari google, tak pelak di jaman itu yahoo merajai dunia maya. Tapi untuk jaman sekarang sudah dikalahkan oleh google.

Yahoo di jaman sekarang pun tetep masih banyak penggunanya, fitur-fitur yang digunakan yahoo sangat beragam, mulai dari yahoo mail, yahoo answer dan masih banyak lagi. Yahoo sendiri singkatan dari Yet Another Hierarchically Organized Oracle.

3Thefacebook Berubah Menjadi Facebook

sikerok.com

Media sosial yang belum lama muncul ini menjadi sangat populer di jaman sekarang, bahkan mungkin facebook adalah raja media sosial di era sekarang. Menakjubkannya adalah facebook ini didirikan oleh seorang pemuda. Benar-benar brilian.

Tahun 2004, didirikannya situs media sosial ini sebelum terkenal seperti sekarang juga mengalami perubahan nama, dari Thefacebook menjadi Facebook, Lebih ringkas dan mudah.

Mark zuckerberg sang pendiri Facebook sebenarnya menggunakan nama Thefacebook untuk teman-teman sekampusnya tapi justru sekarang menjadi media sosial luar biasa yang mendunia.

4Jitter Berubah Menjadi Twitter

firmankurniawan.com

Twitter, salah satu media sosial di era sekarang yang cukup menarik banyak kaum pemuda dan kaum pecinta foto. Twitter yang mempunyai khas gambar burung ini mampu menyaingi media sosial lain seperti facebook.

Banyak sekali artis, model atau tokoh masyarakat di Indonesia aktif di Twitter. Akses nya yang mudah, tidak terlalu berat dan mempunyai khas menjadi daya tarik tersendiri.

Jack Dorsey selaku pemilik situs ini cukup nyaman dengan nama Twitter, sebelumnya sempat bernama Jitter, Twicth dan TWWTR.

Kira-kira didengar lebih enak mana?

5Blue Ribbon Sport Berubah Menjadi Nike

sepatufutsal.co

Nike merupakan perusahaan pembuatan sepatu terbesar di dunia. Nike yang ada di Amerika ini didirikan oleh seorang atlet oregon, yaitu Philip Knight. Nike banyak bekerja sama dengan atlet sepak bola dan club-club besar di negara-negara dunia.

Angka penjualan Nike sangat fantastis, penghasilan nya mencapai US $ 3,7 miliar pada tahun 1994 dan laba US $ 299 juta (Fortune 1995).

Nama nike sendiri diambil dari bahasa Yunani yang artinya kemenangan dan nike mempunyai slogan khas tersendiri yaitu Just Do It. Keren ya?

6Tokobagus.com Berubah Menjadi OLX.com

aditya-web.com

Yang terakhir adalah perusahaan jasa iklan online orang Indonesia, yang sering iklan di televisi. Yap, Tokobagus berubah menjadi OLX. Lebih sederhana, lebih mudah pengucapan dan pengetikannya.

Slogan tetep cepat,mudah dan gratis menjadi andalannya.

6 Perusahaan diatas contoh konkrit guys, bahwa perubahan nama menjadi bagian penting dari usaha, marketing jitu untuk perubahan.

Jika kamu punya usaha, pemimpin perusahaan atau seorang marketing tentu nama harus menjadi bagian penting dalam usaha kamu. Jadi mari berubah guys.

SHARE