Samudera dengan sejuta keindahan, begitulah lautan Indonesia. Seluruh dunia sudah mengenal betapa Indonesia menyimpan kecantikan tersembunyi di bawah laut.

Laut Indonesia seperti cermin yang memantulkan bayangan istana karang, ikan-ikan dan tumbuhan. Siapa pun pasti enggan pulang tatkala berkunjung ke tempat wisata bawah laut di Indonesia.

Apalagi jika mendatangi taman laut tercantik di negeri ini, dijamin tak tahan untuk segera menjelajahi isinya. Inilah 6 taman laut di Indonesia yang akan membuatmu betah berlama-lama di sana.

1Taman Laut Padaido

3.bp.blogspot.com

Tidak banyak yang mengenal Taman Laut Padaido. Padaido terletak di Biak, Papua Barat. Jadi, wajar jika hanya sebagian orang saja yang mengetahui keberadaan tempat ini.

Alam pantainya menawarkan seribu keindahan. Air laut biru kehijauan membentang di hadapan hamparan pasir putih.

Bagi kamu yang suka berjemur sambil menikmati pemandangan laut, Padaido adalah lokasi yang tepat. Tapi siapa sangka, Padaido memiliki wisata bawah laut yang sangat memukau.

Dinding bawah lautnya membentuk ceruk-ceruk, ada yang kecil dan ada pula yang besar. Kalau kamu yang hobi menyelam sambil berpetualang, Taman Laut Padaido adalah pilihan tepat.

Pasalnya, di Taman Laut Padaido ini terdapat banyak gua. Alangkah sayang jika melewatkan eksotisnya Taman Laut Padaido.

2Taman Laut Raja Ampat

oceanicliveaboard.com

Taman laut Raja Ampat sudah sangat tersohor di seluruh penjuru dunia. Raja Ampat adalah taman laut terbesar di Indonesia. Konon, Raja Ampat disebut-sebut sebagai surga bawah laut.

Taman laut Raja Ampat memiliki aneka kekayaan hayati. Sekitar 75 persen dari 100 persen jenis karang dunia ada di sini.

Begitu pula dengan ragam ikannya yang mencapai jumlah 1074 macam. Sampai detik ini, keindahan taman laut Raja Ampat masih terjaga dengan baik.

3Taman Laut Banda

alidesta.files.wordpress.com

Taman laut Banda tak kalah cantiknya. Dunia telah menobatkan taman laut Banda sebagai bagian dari warisan dunia. Ada 310 jenis terumbu karang dan 871 jenis ikan di tempat ini.

Taman laut Banda juga memiliki spesies ikan hiu dan kerang purba. Selain itu, laut Banda juga kaya akan ikan-ikan kecil yang unik dan warna-warni.

Jangan lewatkan event Timba Uli ya, jika kamu berkunjung di Bulan Maret atau April. Tradisi Timba Uli adalah tradisi menangkap ulat laut hijau dan dimasak beramai-ramai.

4Taman Laut Wakatobi

saungpost.files.wordpress.com

Ingin melihat 750 spesies koral di dunia? Sempatkan menyelam di laut Wakatobi. Taman laut Wakatobi memang memiliki 750 jenis spesies koral dari 850 koral di dunia.

Ikan Pari Manta menjadikan laut Wakatobi sebagai rumahnya, sehingga akan nampak tatkala kamu menyelam di dalamnya.

5Taman Laut Karimun Jawa

alidesta.files.wordpress.com

Karimun Jawa ini terletak di Jepara, Pulau Jawa. Tepatnya di wilayah Jawa Tengah.

Ada 242 jenis ikan hias, terumbu karang pantai dan terumbu karang penghalang yang mendiami taman laut Karimun Jawa. Tempat ini cocok untuk kamu yang punya hobi diving.

Perairan Karimun Jawa terbilang dangkal dan jernih. Karang hitam dan karang merah menjadi daya tarik tersendiri bagi kawasan wisata bawah laut ini.

6Taman laut Bunaken

wikimedia.org

Nah, ini dia taman laut tercantik di Indonesia yang memiliki 20 titik penyelaman. Di manapun titik tempat kamu menyelam, seluruh wajah wisata bawah laut Bunaken selalu menawarkan keindahan tak tertandingi.

Ikan-ikan yang bisa kamu jumpai saat menyelam, yaitu ikan duyung, ikan hiu, mandarin fish, ikan pari, kuda laut dan ikan purba raja laut.