kemandirianfinansial.com

6 Trik Mengatur Gaji Bulanan Ini Bikin Kamu Jadi Jutawan

Posted on

Masalah terbesar bagi seorang karyawan dengan gaji bulanan yaitu gajinya cuma numpang lewat saja. Apalagi buat kamu yang suka semena-mena menghabiskan uang, dijamin deh, baru seminggu sudah tidak ada sisa untuk tabungan.

Coba prioritaskan 10% untuk investasi sebelum belanja yang macam-macam. Memang sulit menjalani dua hal ini, tabungan dan kebutuhan, karena semakin hari, kebutuhan akan semakin meningkat. Dilema bukan?

Supaya kamu bisa mengatur gaji bulananmu dengan bijak, yuk simak cara berikut ini.

Buatlah Daftar Kebutuhan

laprensaperusur.blogspot.com
laprensaperusur.blogspot.com

Seperti istilah ekonomi, semakin tinggi penghasilan maka keinginan untuk mengeluarkan pun semakin besar.

Barangkali istilah ini telah menjangkiti sebagian besar manusia Indonesia sehingga terbiasa dengan pola hidup konsumtif. Terlebih bagi seorang karyawan, masa gajian adalah masa yang paling ditunggu. Kalau gaji sudah diterima biasanya hanya lewat saja di tangan.

Agar hal tersebut tidak terjadi pada kamu, buatlah daftar kebutuhan. Tempatkan kebutuhan terpenting di urutan pertama. Pisahkan antara kebutuhan pokok, tambahan dan hiburan. Jangan lupa sisihkan untuk investasi.

Kalau Komitmen Menabung Setiap Bulan

rockgasm.blogspot.com
rockgasm.blogspot.com

Sanggupkah kamu menaati komitmen ini? Menabung minimal 10% dari gaji kamu setiap bulan. Meskipun sulit, usahakan kamu tidak menghabiskan uang gajimu hanya untuk belanja saja. Pikirkan masa depanmu dengan menabung lebih dini.

Sebelum dibutuhkan sekali, jangan sekali-kali menyentuh uang tabunganmu. Cobalah menahan diri saat ingin membeli barang yang tidak penting.

Buatlah Lebih dari Satu Rekening

duitpintar.com
duitpintar.com

Dewasa ini, jumlah bank di Indonesia semakin bertambah. Ada yang menyediakan tabungan dengan fasilitas ATM, namun ada pula yang tanpa ATM.

Jika ingin menjaga agar gajimu tidak ludes dalam sekejap, buatlah dua rekening dari bank yang berbeda. Pisahkan antara tabungan dan persediaan dana sehari-hari.

Sangat disarankan tidak menggunakan fasilitas ATM untuk rekening tabungan. Ini dimaksudkan agar kamu tidak tergoda mengambil uang via ATM ketika ingin membeli barang yang tidak penting.

Sisihkan Gaji untuk Pengeluaran Tak Terduga

kemandirianfinansial.com

Pengeluaran tak terduga juga wajib kamu anggarkan ya. Jangan sampai rencana keuanganmu berantakan hanya gara-gara kamu mengambilnya untuk kebutuhan yang tak semestinya.

Tidak ada yang dapat menduga kejadian yang akan menimpa kamu di esok hari. Tapi, setidaknya dengan anggaran untuk pengeluaran tak terduga, alokasi dana kamu lebih aman.

Pikirkan Ulang Saat Inginkan Kartu Kredit

duitpintar.com
duitpintar.com

Ini godaan terbesar bagi karyawan atau kamu yang sudah punya gaji besar. Pilihan kartu kredit menjadi alternatif favorit mendapatkan uang untuk belanja kebutuhan. Tinggal gesek kartu, langsung keluar deh uangnya.

Tapi, hati-hati, tawaran menggiurkan tersebut justru bisa berbalik menjerumuskanmu dalam kubangan hutang. Ingatlah bahwa ada satu masa di mana kamu akan berada di posisi terendah. Upayakan hidup tanpa hutang.

Gunakan uang tunai yang kamu miliki saja. Dengan demikian, kamu akan tahu daya beli kamu yang sesungguhnya.

Simpan Uang Dalam Bentuk Lain

carikredit.com
carikredit.com

Tip bagi yang merasa gajinya sudah lebih, agar tak terjebak dalam sikap foya-foya, bisa menyimpannya dalam bentuk lain. Sebagai contoh, kelebihan gaji tersebut kamu investasikan dalam bentuk emas batangan.

Sekarang banyak kok, bank yang melayani jual beli emas batangan sekaligus investasi. Cara lainnya dengan mengalihkan dana tersebut ke dalam investasi tanah.

Sangat tidak dianjurkan investasi berupa barang elektronik. Harga barang elektronik cenderung menurun dari tahun ke tahun, sedangkan harga tanah dan emas akan cenderung naik.

Sudah tahu kan guys? Trik jitu agar gaji kamu tidak ludes begitu saja hanya karena keinginan untuk foya-foya.

Bersenang-senang setelah menerima gaji sah-sah saja sebagai hiburan. Namun, jangan lupa sisihkan untuk tabungan masa depan ya.

Selamat mencoba!

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *