Manusia pada umumnya menyukai hal-hal yang menyenangkan. Pasalnya di setiap indra kita menyukai sensasi yang menyenangkan. Misalnya, untuk indra penglihatan, kita menyukai ketenangan alam pemandangan, bintang-bintang di langit maupun bunyi gemericik air.

Sementara itu, ada juga beberapa indra penciuman yang sangat suka apabila diberi aroma menyenangkan. Berikut kami ulas beberapa aroma yang enak untuk dicium baunya.

1Bau Hujan

source: miriadna.com

Kamu suka bau hujan? Kamu tidak sendirian. Ilmuwan percaya bahwa orang-orang yang menyukai bau hujan diwariskan dari leluhur yang mengandalkan cuaca hujan untuk kelangsungan hidup mereka.

Namun, apa yang membuat bau hujan sangat menyenangkan. Dari istilah Yunani, bau hujan disebut dengan petrichor, bau ketika hujan turun setelah musim kemarau yang panjang.

Istilah ini dipopulerkan oleh ilmuwan Australia pada 1964 yang mempelajari bau basah. Bahasa ini sendiri berasal dari proses reaksi kimia.

Proses bau hujan ini terjadi ketika beberapa tanaman mengeluarkan minyak pada musim kering. Saat hujann, minyak dilepaskan ke udara. Selain itu, bau petrichor terjadi juga karena reaksi bakteri tanah actinomycetes dilepaskan.

Aroma lain yang terkait dengan hujan adalah ozon. Prosesnya yaitu, selama badai, petir memisahkan oksigen dan nitrogen di atmosfer.

Keduanya bergabung menjadi oksidanitrat. Kemudian, akan berinteraksi dengan bahan kimia lain di atmosfer membentuk ozon lalu timbullah bau hujan yang samar-samar seperi klorin.

2Bau Buku Baru

www.tokopedia.com

Adakah yang senang dengan bau buku baru? Jika iya, berarti kamu menyukai bau dengan kombinasi aroma rumput, aroma asam dan aroma vanili.

Berdasarkan Matija Strlic dari University College London, juga terdapat lignin atau zat kayu yang dapat mengeluarkan bau khas.

Selain itu juga terdapat komponen bau seperti tinta dan lem yang bakal melepaskan senyawa kimia ke udara. So, kamu bakal mencium bau-bauan yang unik.

Bahkan, terdapat senyawa kimia volatile dari buku yang disimpan lama yang menguap dab menghasilkan bau yang kuat. Kamu tahu, satu buku dengan buku yang lain bisa punya bau yang berbeda karena senyawa penyusunnya juga berbeda.

Sementara buku yang lama disimpan dapat mengeluarkan aroma almond yang berasal dari senyawa benzaldehyde, lalu aroma vanili dari senyawa vanillin, aroma manis dari senyawa ethyl benzene dan toluene, aroma lembut bunga dari senyawa 2-ethyl hexanol.

3Bau Rumput yang Dipotong

www.bintangairsilampari.com

Rumput yang dipotong melepaskan senyawa kimia yang membuat rileks. Menurut peneliti dari University of Queensland, Brisbane, Australia, senyawa ini meredakan ketegangan dan mencegah pikun di usia lanjut.

Penelitian ini menunjukkan, aroma rumput bekerja langsung pada otak, terutama mempengaruhi bagian otakĀ  amygdala dan hippocampus yang berhubungan dengan emosi dan daya ingat.

Kedua bagian otak ini bertanggung jawab dalam respons pertahanan dan sistem endokrin, yang mengontrol pelepasan hormon stres seperti corticosteroid.

Penelitian menyarankan, orang yang terkena stres bisa menghirup senyawa kimia yang dilepaskan oleh rumput segar atau pepohonan yang rindang.

4Bayi

gigisusu.net

Bayi yang satu ini pasti semua orang suka. Ya, bau bayi. Bau ini begitu harum dihasilkan dari metabolisme tubuhnya.

Kelenjar keringan memproduksi bau yang begitu menggoda karena bayi hanya mengonsumsi makanan melalui saluran cerna saat di kandungan.

Jika bayi mulai mengonsumsi makanan dan minuman lain, maka keringatnya akan mempunyai aroma yang berbeda. Makanya aroma bayi yang begitu spesial hanya bertahan beberapa minggu saja.

Alasan lainnya adalah lapisan vernix caseosa pada kulit bayi. Lapisan ini berfungsi untuk melindungi bayi saat masih di dalam kandungan.

Lapisan ini akan diserap oleh kulit bayi pada saat baru lahir. Lapisan inilah yang dipercaya membuat aroma bayi begitu harum dan manis.

5Bau Kaporit

www.bintangairsilampari.com

Ada yang nggak suka ada yang suka bau ini. Ketika cuaca panas, kolam renang adalah surga dunia. Apalagi bila kolam renangnya mengandung kaporit.

6Bau Duit Baru

www.bareksa.com

Semua orang pasti suka nih bau duit baru. Sebenarnya senang duitnya apa senang aromanya ya? hehehe..

7Bau Mi Goreng

photobucket.com

Kalau musim hujan begini memang enaknya makan mie ya, apalagi mie goreng. Baunya itu sangat menggugah selera. Apalagi saat kamu taburin bawang goreng, makin naik deh selera makan kamu.

SHARE