dailymail.co.uk

7 Cara Jitu Hilangkan Rasa Cemburu Berlebihan pada Suami

Posted on

Dalam sebuah hubungan pernikahan, rasa cemburu itu fitrah, sah-sah saja, dan justru harus ada. Namun, jangan sampai rasa cemburu yang muncul terlalu berlebihan dan justru menghambat aktivitas pasangan.

Rasa cemburu yang berlebihan justru dapat memicu pertengkaran yang lebih bedar dalam kehidupan rumah tangga. Harusnya, rasa cemburu bisa semakin mengikat hubungan dan keharmonisan, eeeh, ini malah semakin memperkeruh suasana.

Kalau kamu sebagai istri merasa ada rasa cemburu yang terlalu berlebihan dalam diri suami, pastikan kamu ikuti langkah-langkah berikut ini;

Latihan Berpikir Positif

muslimahcorner.com
muslimahcorner.com

Biasanya, rasa cemburu muncul karena salah satu orang membiarkan pikiran negatif terus datang ke dalam dirinya tanpa ada upaya pencegahan.

Misalnya, saat kamu pulang terlambat ke rumah, kemudian suamimu berpikir bahwa kamu baru saja bermain dengan teman-teman di luar, hingga lupa waktu. Padahal, kamu sedang ada pekerjaan penting, bukan sekadar main.

Nah, pikiran yang seperti ini harus dibantu dengan sekuat tenaga agar hilang dari diri suami dengan cara menjelaskan terlebih dahulu sejak pagi, kalau bisa sejak jauh-jauh hari sebelumnya bahwa pada hari tersebut kamu akan pergi.

Easy Going

youtube.com
youtube.com

Cobalah untuk menanggapi rasa cemburu yang muncul dalam diri suami dengan tanggapan yang tidak terlalu serius, tapi juga tidak main-main. Bersikaplah sesantai mungkin, fokuskan dirimu padanya, luangkan waktu sebentar untuk berbicara serius tapi tetap santai.

Biarkan Suami Mengecek Ponselmu

theyrecallingtome.com
theyrecallingtome.com

Hindari kebiasaan melarang-larang suami untuk membuka isi ponselmu. Hal tersebut akan membuatnya curiga dan cemburu berat.

Biarkan saja bila ia ingin melihat-lihat isi ponselmu. Toh, seharusnya memang tidak perlu ada rahasia apapun di antara kalian.

Stop Membandingkan

dailymail.co.uk
dailymail.co.uk

Kebiasaan membandingkan suami dengan pria lain, apalagi suami orang lain juga tidak bagus. Justru bahaya dan bisa berakibat fatal.

Suami menjadi tidak percaya diri, semakin menutup diri dari pergaulan dengan masyarakat, dan sudah bisa dipastikan bahwa suasana rumahmu tidak akan nyaman lagi.

Kenalkan Lingkup Pergaulanmu pada Suami

barexambrief.com
barexambrief.com

Mungkin rasa cemburu suami akan terus muncul sebab ia tak tahu menahu soal lingkungan pergaulan istrinya. Sudah sepantasnya seorang suami mengenal semua seluk beluk kehidupan sang istri.

Sering-seringlah mengajak suami turut serta dalam acara bersama teman-temanmu agar ia dapat membaur, dan memahami bagaimana interaksimu dengan orang lain.

Hindari Pikiran Ingin Memiliki Sepenuhnya

blog.guinspirations.com.my
blog.guinspirations.com.my

Sebetulnya, seorang suami atau istri yang memahami hakikat mereka hidup di dunia ini dalam bingkai pernikahan, akan memahami bahwa diri mereka adalah milik ummat.

Maksudnya, seorang suami dan istri, masing-masing harus selalu siap sedia bila sewaktu-waktu orang lain membutuhkan tenaga, waktu, pikiran mereka untuk kebaikan.

Sebab suami dan istri memiliki tanggung jawab untuk menyebarkan nilai-nilai kebenaran di masyarakat.

Bangun Rasa Percaya

youtube.com
youtube.com

 

Rasa cemburu akan terus ada, namun apinya tidak akan pernah padam apabila tidak ada rasa saling percaya yang dibangun bersama antara suami dan istri.

Percaya bahwa semua yang kamu lakukan adalah kebaikan, bukan kejahatan dan kemunkaran. Jangan suruh suamimu untuk percaya, sebab menyuruh tidak akan membuat kepercayaan menjadi awet.

Namun, berikan kepercayaan tersebut. Dengan cara apa? membuatnya nyaman berada di sisimu, dan melakukan keenam cara di atas.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *