Masa-masa sulit dalam sebuah hubungan pasti pernah kamu alami. Terlebih pada kamu yang berada di awal pernikahan. Ada saatnya kamu sulit mendapatkan maaf dari pasanganmu.

Mungkin saja sebaliknya, kamu yang tidak mudah mengucapkan maaf tatkala melakukan kesalahan. Tentu saja ini menjadi batu sandungan bagi hubungan kamu dan pasangan.

Meminta maaf dan mendapatkan maaf tidak akan menjadi sulit jika kamu mengikuti tips-tips berikut ini. Simak ulasannya dan terapkan dalam hubunganmu.

1Merendahkan Hati dan Tidak Egois

karyadim642.blogspot.com

Ego setiap individu terkadang menjadi bom besar yang dapat menghancurkan setiap hubungan. Pertengkaran akan terus terjadi ketika pasangan tidak bisa menekan egonya.

Terlebih jika ego tersebut melekat pada kaum pria. Perannya sebagai kepala keluarga yang kerap melindungi dan mengayomi anggota keluarga membuat pria ingin mendapatkan penghargaan lebih.

Namun, harga diri yang terlalu tinggi justru membuat pria malu untuk meminta maaf lebih dulu. Meskipun pria merasa salah, permintaan maaf selalu susah ia utarakan.

Kalau kamu seorang pria, sebaiknya buang jauh-jauh pemikiran demikian. Hubungan kamu dan pasangan akan hancur seketika jika ego tersebut kamu pertahankan.

Cobalah untuk lebih rendah hati dan menurunkan ego ketika kamu memutuskan untuk tetap hidup bersama pasangan. Utamakan kepentingan bersama dan kesampingkan egoisme.

2Renungkan Dampaknya

ismaindia.wordpress.com

Ketika kamu merasa sulit meminta maaf, renungkanlah hal-hal yang akan terjadi di masa depan. Pertimbangkan sisi negatif yang mungkin berdampak pada hubungan dengan si dia.

Hasil perenungan kamu tentunya akan menjadi motivasi untuk segera meminta maaf saat kamu melakukan kesalahan pada pasangan. Pikirkan baik-baik tentang bagaimana hubunganmu tatkala kamu enggan meminta maaf.

3Cari Waktu yang Tepat

ahmadalidprri.wordpress.com

Saat kamu ingin mengucapkan maaf, tunggulah waktu di mana pasangan tidak dalam keadaan marah. Mengapa demikian? Karena ketika pasanganmu masih marah, egonya pasti masih berada di titik puncak.

Ego yang memuncak tersebut akan membuatnya sulit menerima pendapatmu, apalagi mengubah pemikirannya. Jadi, katakanlah tatkala dia sudah tenang dan emosinya mereda.

4Katakan dengan Tulus

shortdayin.com

Mengatakan permintaan maaf dengan tulus berarti menyatakan apa adanya dan menghindari kata ‘tetapi’. Jika memang salah, akui saja salah, jangan membuat banyak alasan dengan kata tersebut.

Alasan yang kamu sertakan saat meminta maaf dapat membuat pasangan beranggapan permintaan maafmu mengandung syarat tertentu. Selain itu, sisipan kata ‘tetapi’ dalam permintaan maaf mengartikan sebuah perbandingan.

So, ucapkan maaf setulus hatimu ya guys.

5Tunjukan Melalui Kepedulian

dakwatuna.com

Permintaan maaf saja mungkin tidak cukup bagi pasangan. Kamu harus menunjukan kepedulian dan perhatian pada pasangan setelah meminta maaf.

Jangan hiraukan suasana panas dan emosi yang masih menyelimuti. Malah kamu harus memberikan perhatian yang lebih daripada biasanya.

6Minta Bantuan Orang Terdekat

pickywallpapers.com

Cara ini dapat kamu lakukan ketika kamu tidak juga mendapatkan pintu maaf dari pasangan. Kamu harus meminta bantuan orang terdekatmu, misalnya orang tua, sahabat, teman dekat, dan lain-lain.

Barangkali dengan adanya mediator, hubungan kamu dan pasangan akan membaik dan pasanganmu bisa menerima kamu kembali.

7Jangan Memaksakan Kehendak

bunganusantara.com

Semua orang pasti ingin masalahnya segera selesai. Namun, dalam hal ini, berikanlah si dia waktu untuk berpikir. Kamu tidak boleh memaksakan kehendakmu hanya demi cepat terselesaikannya sebuah masalah.

Jika kamu tetap memaksakan kehendakmu, pasanganmu pasti akan merasa tidak nyaman. Selain itu, masalah kamu dan dia juga menjadi kian runyam.

Itulah tadi beberapa tips agar permintaan maaf kamu diterima pasangan. Kuncinya memang harus ada yang menurunkan ego, mengalah dan rendah hati supaya masalah tidak berlarut-larut.