Pernikahan tidak hanya soal mempertahankan keturunan atau ras. Banyak hal yang kamu dapatkan setelah menikah. Memang, menikah merupakan tuntunan dalam agama manapun.

Setiap pasangan yang dipilih untuk melanjutkan ke jenjang pernikahan tentunya dipertimbangkan secara bijaksana dan seksama karena pernikahan bukanlah hubungan sesaat.

Pernikahan harus diupayakan menjadi ikatan seumur hidup. Memutuskan untuk menikah berarti kamu sudah mendapatkan tambatan hati kamu.

Supaya kamu lebih mantap untuk menuju pintu pernikahan, kamu harus tahu manfaat yang akan kamu dapatkan. Berikut ini 7 manfaat pernikahan yang diungkapkan Cahyadi Takariawan dalam bukunya Wonderful Family:

1Memperoleh Ketenangan Hidup

fatwacinta.wordpress.com

Ketenangan hidup merupakan impian setiap orang. Pernikahan memang bukan jalan satu-satunya mendapatkan ketenangan hidup, tapi pernikahan adalah salah satu cara terindah untuk meraihnya.

Tentu saja melalui pernikahan yang benar, sah dan tanpa unsur keterpaksaan. Ketiga syarat tersebut harus terpenuhi agar kamu mendapatkan ketenangan hidup yang sebenarnya.

2Hidup Lebih Berkualitas

kupunyaaci.com

Penyaluran potensi yang ada di dalam diri manusia akan meningkatkan kualitas hidupnya.

Kamu dapat menyalurkan potensi diri melalui banyak hal, misalnya melalui organisasi, kegiatan sosial, pendidikan, dan lain-lain.

Namun, ada satu potensi dalam diri kamu yang hanya bisa tersalurkan ketika kamu menikah. Dengan tersalurkannya potensi tersebut, hidup kamu yang sudah berkualitas akan semakin berkualitas lagi.

3Mempunyai Keturunan

futuready.com

Ini manfaat mutlak dari sebuah pernikahan, dimana kamu pasti akan mendapatkan keturunan.

Dengan adanya keturunan dari setiap pasangan, manusia di dunia tidak akan punah karena lahir generasi penerusnya.

Anak-anak digambarkan sebagai harta yang paling berharga dalam sebuah keluarga. Tanpa mereka, kamu tidak akan pernah bisa melanjutkan sejarahmu.

4Ibadah Semakin Kuat

9trendingtopic.com

Menikah merupakan salah satu jalan untuk memperkuat ibadah. Kamu akan mendapatkan teman untuk beribadah dan saling mengingatkan dalam ibadah sehingga terjadi interaksi positif.

Namun, pada dasarnya, menikah pun adalah ibadah. Merupakan upaya menyempurnakan separuh agama.

5Memiliki Keluarga yang Saling Melindungi

dakwatuna.com

Pernikahan merupakan ikatan sakral. Dengan menikah, kamu akan memiliki keluarga. Terlebih saat kamu dikaruniai anak-anak, maka semakin lengkaplah kebahagiaan itu.

Lahirnya generasi baru dalam keluarga akan semakin memperkokoh ikatan pernikahan. Kamu akan mendapatkan sebuah keluarga yang akan saling menjaga dan melindungi satu sama lain.

Dengan menikah, kamu tidak akan hidup sendiri di hari tua nanti karena ada keluarga yang menemanimu.

6Lebih Semangat dan Bergairah

harianaceh.com

Hidup akan semakin hidup jika ada harapan. Kehadiran keluarga kamu tentunya selalu memunculkan harapan untuk menuju lebih baik lagi.

Harapan-harapan itulah yang kelak membuat kamu lebih bersemangat dan bergairah dalam menjalani kehidupan.

7Membuat Kamu Sehat

debusana.com

Percaya atau tidak, pernikahan yang bahagia terbukti membuat kesehatan fisik dan psikis meningkat.

Penelitian para ahli kesehatan membuktikan bahwa manusia yang menikah dan bahagia memiliki angka harapan hidup lebih tinggi.

Bahkan hasil penelitian Ohio State University mengungkapkan fakta bahwa pria memiliki kesehatan mental lebih baik setelah menikah dan berkomitmen.

Para peneliti memeriksa data dari National Longitudinal Survey of Youth (1997) yang memaparkan tentang pria Amerika yang lahir di kisaran tahun 1980 dan 1984.

Mereka mengatakan bahwa ketika sang pria hidup bersama seorang wanita tanpa ikatan pernikahan, terjadi agresi fisik yang besar, pola komunikasi negatif, dan komitmen yang menurun pada sebuah hubungan.

Lain halnya setelah pria menikah, mereka cenderung lebih positif dan berinvestasi lebih besar dalam pernikahannya.

Sekarang, kamu sudah tahu kan? Apa saja manfaat menikah. Jika memang sudah siap secara mental, fisik dan materi, maka menikahlah.

Kebahagiaan itu tidak datang sendiri, guys. Tetapi, kamu lah yang membuat kebahagiaanmu datang.