Berbagai faktor kerap menjadi penyebab seseorang mengalami krisis kepercayaan diri. Mereka yang kehilangan rasa percaya diri cenderung menganggap dirinya tidak berharga dan berguna bagi siapapun.

Kalau kamu yang mengalami ini, berarti kamu perlu bantuan orang lain untuk bisa membangkitkan rasa percaya diri.

Dukungan, motivasi atau sekedar kata-kata penuh semangat sangat kamu butuhkan untuk memompa kembali kepercayaan dirimu. Jangan biarkan rasa percaya diri lenyap begitu saja dari dirimu.

Rasa percaya diri merupakan kunci agar seseorang dapat hidup bahagia dan menghadapi tantangan dengan cara realistis. Pun dapat menyelesaikan masalah dengan kepala dingin.

Demikian juga ketika kamu menemukan teman, sahabat atau saudara yang mengalami penurunan rasa percaya diri, kamu harus bisa membantunya.

Sangat berbahaya lho, jika seseorang sudah kehilangan kepercayaan diri. Beberapa kasus bunuh diri di berbagai negara sebagian besar disebabkan oleh hilangnya rasa percaya pada diri sendiri.

Seorang anggota redaksi media kedokteran umum di situs online klikdokter menjelaskan bahwa, ada 8 hal penting yang bisa kamu berikan tatkala orang terdekatmu mengalami krisis percaya diri.

Yuk, simak ulasannya!

1Cari Tahu Penyebab Keminderannya

mamapeduli.info

Ini penting banget sebagai tahap awal ketika kamu ingin membantunya. Kamu harus mencari tahu apa yang menyebabkan dia minder.

Cobalah meyakinkannya bahwa kekurangan yang dimiliki tiap orang adalah hal wajar. Berikan dia pengertian, kelemahannya tidak lantas menjadikannya minder dan kelebihannya tidak selalu membuatnya memandang ke atas.

Buatlah dia paham bahwasanya ia harus menjadi diri sendiri, mengenali potensi dirinya dan tetap mengembangkannya.

Katakan padanya, tidak ada satu pun hal yang bisa membuatnya resah akan nasib dirinya. Kamu yakinkan dia tentang kelebihannya yang dapat membawanya menuju kesuksesan.

Berikan penjelasan kepadanya, kekhawatiran yang berlebihan justru akan merusak dirinya. Dia harus bisa melawannya agar menemukan jalan kebahagiaan.

2Siapa yang Membuatnya Rendah Diri

ordinaryoktaviani.wordpress.com

Kamu harus tahu siapa saja orang yang selalu membuatnya rendah diri dan malu. Setelah itu, yakinkan dia bahwa orang dilahirkan dengan kesempatan yang sama.

Hanya sebuah usaha dan keyakinan yang akan menjadikannya memiliki nasib berbeda. Katakan padanya, kepercayaan diri adalah salah satu modal untuk menggapai mimpinya.

3Fokus pada Kelebihan

intisari-online.com

Langkah ketiga yang wajib kamu lakukan yakni mengajak dia untuk menjadi rendah hati dengan kelebihannya bukan rendah diri karena kekurangannya. Yakinkan dia, bahwa dia punya kelebihan yang bisa diandalkan.

Kamu dapat memberikannya contoh artis seperti Ucok Baba dan Daus Mini. Meskipun mereka memiliki kekurangan pada kondisi fisik, mereka tetap mendapat kehidupan layak.

4Jadilah Pribadi Terbuka

lifehack.org

Sikap rendah diri disebabkan oleh kebiasaan suka menutupi kekurangan diri dan tidak mau bersosialisasi. Jika ini yang temanmu alami, cobalah berikan saran agar dia menjadi pribadi yang terbuka.

Ajaklah dia untuk bersosialisasi dengan banyak orang. Juga berikan ia dukungan agar tetap semangat.

5Bersikap Tenang

dainusantara.com

Setiap orang pasti pernah mengalami rasa grogi, hilang percaya diri dan cemas berlebihan. Namun, perasaan semacam itu bisa dikendalikan.

Atasi masalah tersebut dengan berlatih teknik pernapasan dan pikirkan hal-hal positif yang menyenangkan.

6Perluas Pengetahuan

bukupengetahuan.wordpress.com

Pengetahuan yang luas akan meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Oleh karena itu, ajaklah dia untuk mengasah kemampuan dan mengembangkan wawasan seluas-luasnya.

7Menjaga Penampilan

caramemikatwanita.com

Mau tidak mau, penampilan menjadi faktor yang mempengaruhi rasa percaya diri. Itulah sebabnya kamu harus membantunya memperbaiki penampilan.

Setiap orang memang dilahirkan sama, tapi tidak ada salahnya menjadi pribadi yang unik dan berbeda. Meskipun bukan hal mudah, tapi siapapun bisa mencobanya.

Musuh yang paling besar adalah rasa tidak percaya yang muncul dari dalam diri sendiri. Karena itu, lawanlah. Berusahalah dengan keras agar rasa percaya diri muncul kembali.