tipsbayi.org

7 Hal Ini Wajib Kamu Lakukan Setelah Melahirkan

Posted on

Kelahiran si kecil selalu menjadi sesuatu yang paling membahagiakan bagi pasangan suami istri.

Kamu akan merasakan kebahagiaan kedua setelah pernikahan yakni menjadi orang tua baru. Semua kerabat, teman, tetangga dan orang tua memberikan banyak hal untuk kado si kecil.

Tapi ingat ya, beristirahat setelah melahirkan harus tetap kamu lakukan. Pulihkan kondisi badanmu karena tugas panjang sebagai seorang ibu telah menanti.

Inilah hal-hal yang mutlak kamu lakukan pasca melahirkan. Yuk, simak ulasannya!

Merawat Luka Pasca Melahirkan

backpackology.me
backpackology.me

Cara melahirkan tiap wanita pasti berbeda-beda. Ada yang dengan cara normal atau episiotomi. Ada juga melalui caesar.

Proses kelahiran dengan cara caesar memang tidak memakan waktu lama dibandingkan dengan melahirkan normal. Namun, keduanya sama-sama harus diawasi super ekstra ketika proses penyembuhan luka.

Dokter akan memberitahukan pada kamu tentang cara merawat luka pasca melahirkan sebelum kamu pulang dari rumah sakit. Sebaiknya, ikuti apa yang disarankan oleh dokter.

Perawatan luka pasca melahirkan secara episiotomi tidak terlalu rumit. Hanya setelah kamu Buang Air Besar (BAB) atau Buang Air Kecil (BAK), tempelkan kasa yang ditetesi antiseptik.

Kalau luka karena operasi caesar, memang sedikit lebih hati-hati perawatannya agar cepat pulih. Kamu harus menghindari kondisi lembab dan basah pada bagian yang luka. Kemudian, kamu juga disarankan memperbanyak duduk atau berbaring agar luka cepat sembuh.

Minum obat pasca melahirkan caesar secara teratur juga sangat membantu mempercepat proses penyembuhan.

Mengonsumsi Gizi Seimbang

cegahpenuaandini.blogspot.com
cegahpenuaandini.blogspot.com

Konsumsilah makanan bergizi seimbang agar ASI lancar dan kamu juga bisa beraktivitas lancar. Pasca melahirkan, seringkali mengalami kesulitan BAB. Cobalah atasi hal tersebut dengan cara mengonsumsi makanan berserat tinggi.

Tunda Berhubungan Intim

natasya-zahra.blogspot.com
natasya-zahra.blogspot.com

Sangat tidak dianjurkan berhubungan intim selama masa nifas. Luka pasca melahirkan yang kamu alami pada masa ini belum sembuh total. Jika dipaksakan maka akan mengakibatkan pendarahan atau infeksi fatal.

Aktivitas Tidak Berlebihan

ratihgumilang.blogspot.com
ratihgumilang.blogspot.com

Girls, ini hal yang penting banget karena menyangkut emosional kamu pasca melahirkan. Hindari aktivitas berlebihan yang menyebabkan kelelahan luar biasa.

Kalau kamu sangat sibuk dan lelah, emosi kamu bisa terganggu. Akibatnya, proses menyusui bayi pun akan terhambat. Padahal, di awal-awal kehidupannya, si kecil sangat butuh pendampingan kamu.

Selain itu, kamu tidak boleh terlalu banyak melakukan pekerjaan berat, misalnya mengangkat benda atau menggendong sang anak pertama.

Jika dipaksakan, otot perut dan tulang belakang rawan memicu pendarahan. Pasca melahirkan bagian tersebut belum pulih dan pelekatan pembuluh darah belum sempurna. Hati-hati ya, girls.

Fokus Pada Bayi dan Kondisimu

tipsbayi.org
tipsbayi.org

Kondisi tubuh kamu pasca melahirkan perlu beristirahat. Bila tidak ada anggota keluarga yang bisa dimintai tolong, bersabarlah. Kamu tidak boleh turun tangan sendirian dalam melakukan pekerjaan rumah.

Si Kecil lebih butuh perhatianmu. Sementara kamu juga harus benar-benar memulihkan kondisi badanmu.

Jangan Mengurus Rumah Sendirian

bundapuri.blogspot.com
bundapuri.blogspot.com

Sebisa mungkin, mintalah bantuan keluarga atau kerabat dekat untuk mengurus rumah. Kamu harus istirahat total dan menjaga stamina agar tetap bisa menyusui si kecil.

Cobalah berbagi tugas dengan keluarga, khususnya suami untuk mengurus segala pekerjaan rumah tangga.

Berolahraga Sesuai Kebutuhan

luluelhasbu.com
luluelhasbu.com

Olahraga juga penting untuk kamu yang baru saja melahirkan. Tapi, pilih olahraga yang disarankan oleh dokter. Jangan pilih olahraga berat.

Senam yoga adalah salah satu olahraga yang sesuai untuk kamu setelah melahirkan. Di sini kamu akan berlatih pernafasan dan mendapatkan ketenangan.

Demikianlah beberapa hal yang harus kamu lakukan setelah melahirkan. Semoga bermanfaat!

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *