Siapa yang tidak terkejut dan gemetar tatkala menyaksikan ledakan? Mendengar ledakan petasan saja, jantung sudah hendak melorot, apalagi melihat dan mendengar ledakan berikut ini, ya.

Ledakan-ledakan maha dahsyat ini sempat menggemparkan seisi dunia. Pasalnya, tidak hanya terdengar memekakan telinga, tetapi juga memakan korban. Ledakan tersebut terjadi di masa lampau.

Ingin tahu lebih banyak? Yuk, baca terus!

1Ledakan kapal kargo di Prancis

jakartagreater.com

Kamu pernah membayangkan bagaimana jika sebuah kapal meledak? Tentu saja segala sesuatu yang ada di dalamnya akan musnah.

Demikian juga yang terjadi dengan kapal kargo di Perancis pada tahun 1917. Kapal yang membawa muatan bahan peledak ini justru meledak di tengah laut. Sebuah kapal Belgia menabrak kapal kargo Perancis. Peristiwa tersebut terjadi di Kanada.

Ironisnya, peristiwa ledakan kapal kargo di Perancis memakan korban hingga 11.000 jiwa. Menewaskan tidak kurang dari 2000 orang dan 9000 orang sisanya luka-luka.

2The Gadget

simomot.com

Ada yang pernah melihat bom meledak? Sungguh mengerikan jika kamu memang punya pengalaman demikian. Pasti menumbuhkan trauma mendalam.

Apalagi dengan peristiwa yang satu ini. Sebuah bom atom bernama The Gadget meledak di Alamogordo. Jumlah bom atom yang meledak sekitar 20 kiloton. Coba bayangkan kalau bom tersebut meledak di kotamu.

Kotamu tentu hancur lebur. Begitu juga yang terjadi di Alamogordo. Bahkan hingga sekarang, dampak ledakan The Gadget masih terasa di New Meksiko.

3Ledakan Chernobyl

blog-netizen.com

Ledakan sebelumnya memang ledakan bom atom, kalau yang satu ini ledakan nuklir. Ledakan yang lebih hebat dari bom.

Peristiwa ledakan itu terjadi di Negara Uni Soviet di tahun 1986. Korban yang terkena efek radiasi dosis tinggi tidak kurang dari 6.000 jiwa.

Mulanya ledakan itu disebabkan oleh reaktor nuklir yang kemudian menghempaskan 2.000 ton reaktor lainnya.

4 Ledakan Gunung Tambora

selasar.com

Indonesia sejak dulu memang terkenal dengan gugusan gunung-gunung apinya. Salah satu gunung yang pernah meletus dan menghebohkan dunia adalah Gunung Tambora.

Gunung Tambora meledak hebat sekitar tahun 1815. Ledakan tersebut dikategorikan ledakan gunung terbesar di dunia dalam arsip sejarah modern.

Magma yang dikeluarkan mencapai 140 ton dan memakan korban 71.000 jiwa. Selain itu, letusan Tambora ini berdampak hingga tahun berikutnya ke daratan Eropa. Di sana terjadi gelap dan musim panas selama setahun.

5Ledakan Tunguska

real-mistery.blogspot.com

Pernah mendengar cerita Hiroshima dan Nagasaki yang digempur bom atom? Hancur lebur seketika bukan? Lalu bagaimana jika yang meledak tiba-tiba adalah kosmik asteroid? Pasti lebih mengerikan.

Kosmik asteroid adalah batuan dari luar angkasa yang bentuknya lebih kecil sehingga kadang tidak bisa dijangkau oleh teleskop. Benda-benda seperti pernah jatuh di bumi pada tahun 1908. Tepatnya di dekat Sungai Tunguska.

Peristiwa ledakan kosmik asteroid ini 250 kali lebih dahsyat dibandingkan dengan ledakan bom di Hiroshima. Ledakan kosmik asteroid mampu menghancurkan sebuah hutan sekaligus pohon-pohon besarnya di Tunguska.

6Kepunahan Dinosaurus

acehonline.info

Punahnya dinosaurus juga dicatat sebagai peristiwa yang menggemparkan dunia. Pasalnya, kepunahan tersebut disebabkan karena ledakan hebat dari hasil hujaman dua asteroid ratusan tahun lalu.

Tanda adanya ledakan ini dibuktikan dengan adanya lubang selebar 110 mil di salah satu wilayah di Negara Meksiko.

Negara lain yang terkena dampak benturan asteroid yakni Kanada. Ada sebuah kawah asteroid di Clearwater Lakes dekat Hudson Bay di Kanada.

7Supernova

thebostoncalendar.com

Supernova merupakan peristiwa meledaknya gugusan bintang yang memunculkan cahaya ratusan kali lipat terangnya dari cahaya semula. Ledakan tersebut juga melepaskan energi setara dengan energi matahari.

Ledakan supernova menandai berakhirnya riwayat gugusan bintang. Biasanya perisitiwa supernova terjadi 50 tahun sekali.

Efek yang terjadi dari ledakan ini yakni terciptanya kehidupan baru di alam semesta. Bisa jadi membentuk bintang baru yang menyerupai matahari atau bahkan planet-planet baru.

Ia adalah gugusan dari bintang yang paling sering meledak serta menimbulkan cahaya yang sangat terang dari segala galaksi.