Dalam Islam, wudhu adalah salah satu cara bersuci melakukan ibadah. Tentu wudhu sudah menjadi hal yang sering kita lakukan sebagai umat Muslim.

Sebelum melakukan sholat atau ibadah lainnya, umat Islam melakukan wudhu terlebih dahulu untuk suci dari hadas.

Ternyata wudhu tidak hanya dilakukan ketika melakukan sholat saja, tahukah kamu bahwa sebelum tidur Rasulullah melakukan wudhu terlebih dahulu. Hal itu merupakan kebiasaan yang  dilakukan oleh Rasulullah.

Bara’ bin Azib RA menyampaikan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan shalat.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Maka kita dianjurkan untuk berwudhu sebelum beranjak tidur. Kebiasaan Rasulullah tersebut ternyata memberikan pengaruh yang sangat baik bagi kesehatan kita.

Dr. Musthafa Syahatah, Seorang Dekan Fakultas THT dari Universitas Alexsandria, melakukan penelitian yang hasilnya adalah bahwa orang yang melakukan wudhu sebelum tidur memiliki kuman lebih sedikit daripada orang yang tidak melakukan wudhu.

Nah, berikut beberapa manfaat berwudhu sebelum tidur.

Wudhu Menyehatkan Kulit, Menghindarkan dari Kuman

20 juli sehat
intisari-online.com

Wudhu dimulai dari niat kemudian membasuh kedua tangan, berkumur, memasukkan air ke dalam hidung, membasuh wajah, dilanjutkan membersihkan tangan hingga siku, kemudian kedua daun telinga dan membersihkan kaki.

Maka dengan melakukan wudhu sebelum tidur tentu sangat baik dalam menjaga dan merawat kesehatan tubuh. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa wudhu dapat mengurangi kuman-kuman yang hidup dalam tubuh.

Kotoran dan kuman yang melekat di bagian tubuh tersebut dapat dibersihkan sehingga mengurangi kemungkinan terkena penyakit kulit. Tidak hanya itu wajahpun juga akan nampak sehat dan segar cerah.

Didoakan Malaikat

20 juli malaikat
prilisblog.blogspot.com

Rasulullah SAW bersabda, “Baragsiapa tidur dalam keadaan suci (berwudhu) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap,

‘Ya Allah ampunilah hambaMu si Fulan, karena ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci.’” (HR. Ibnu Hibban dan Ibnu Umar r.a)

Apabila Mati Akan Dianggap Mati Syahid

20 juli syhaid
aktual7.com

Dari Umar bin Harits bahwa Rasulullah bersabda, “ Barangsiapa tidur dalam keadaan berwudhu, maka apabila mati saat tidur maka matinya dalam keadaan syahid di sisi Allah.”

Tidur dalam keadaan berwudhu berarti tubuh dalam keadaan suci, maka baginya posisi tinggi di sisi Allah SWT.

Merilekskan Otot Sebelum Tidur

20 juli insomnis
mencegahpenyakit.com

Setelah seharian beraktivitas dengan berbagai pekerjaan tubuh terkadang terasa amat lelah dan penat, otot-otot pun terasa tegang.

Melakukan wudhu seberlum tidur bermanfaat dapat merilekskan otot yang kaku. Selain itu dapat membuat badan terasa fresh.

Upaya Menstimuluskan Syaraf Pusat

20 juli syaraf
hwsmartsolution.com

Prof. Leopold Warner Von Ehrenfels, seorang Psikiater dan ahli di bidang Neurology dari Austria mengakui sesuatu yang istimewa ketika seseorang berwudhu.

Penelitiannya mengungkapkan bahwa ketika seseorang membasuh bagian dahi, tangan, dan kaki, secara tidak langsung akan membangunkan dan menstimulus syaraf pusat.

Menyembuhkan Insomnia

20 juli insomnia
expertbeacon.com

Insomnia atau keadaan seseorang yang mengalami susah tidur ini merupakan hal yang sangat meresahkan.

Biasanya insomnia dialami oleh orang-orang yang sudah lanjut usia, tapi para remaja juga banyak yang mengalami insomnia. Kurangnya waktu tidur, sering begadang dapat merusak organ.

Dengan melakukan wudhu sebelum tidur dapat mengurangi insomnia.

Menormalkan Detak Jantung

20 juli jantung
intipssehatkita.blogspot.com

Ketika wudhu, kamu membasahi anggota tubuh dengan air. Hal tersebut membuat kenormalan jantung untuk berdetak lebih stabil.

Kondisi tersebut sudah diteliti oleh Dokter Ahmad Syauqy yang ahli di bidang penyakit dalam dan penyakit jantung di London.