Undur-undur adalah hewan bertubuh kecil yang hidup di dalam tanah maupun pasir, hewan ini termasuk kategori serangga berjenis Myrmeleontidae (sebagian besar orang menyebutnya Myrmeleonidae). Undur-undur diperkirakan berjumlah sekitar 2000 spesies yang tersebar diseluruh dunia, terutama di daerah yang berpasir dan mempunyai suhu yang hangat.

 

Habitat undur-undur hidup di tempat yang teduh dan yang memiliki lapisan debu yang sangat tebal. Undur-undur memanfaatkan debu yang tebal untuk untuk menjebak mangsanya, biasanya terdapat di bawah pepohonan yang rindang yang banyak pasirnya dan di samping-samping rumah yang banyak debunya.

Hampir setiap orang tidak menghiraukan jenis serangga yang satu ini, tidak disangka kalau ternyata jenis serangga yang satu ini mempunyai banyak sekali manfaat dalam dunia kesehatan terutama untuk megobati penyakit yang kronis.

Sebetulnya undur-undur yang dapat dimanfaatkan untuk dijadikan obat adalah undur-undur yang masih berwujud larva atau hewan yang mempunyai sistem dalam berkembangbiak dengan cara metamorfosis yang nantinya akan berubah bentuk menjadi udur-undur dewasa, pada masa inilah undur-undur berjalan dengan mundur.

Undur-undur termasuk hewan yang bermetamorfosis sempurna atau dalam istilah ilmiahnya disebut holometabola. Ciri dari sayap dan mulut undur termasuk serangga yang yang mempunyai sayap jala dan tergolong dalam ordo Neuroptera, setelah menjadi dewasa, undur-undur akan berjalan maju dan akan terbang menyerupai capung.

Menurut penelitian dari berbagai ahli di Indonesia, undur-undur mempunyai kandungan zat yang berupa Sulfonylurea. Zat sulfonylurea dapat bermanfaat bagi kesehatan manusia dalam melancarkan sistem kerja pankreas dan memproduksi zat insulin, zat tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam meningkatkan kekebalan.

Peran penting insulin dalam tubuh yaitu pada saat insulin di dalam tubuh manusia mengalami penurunan, sedangkan kadar glukosa dalam darah meningkat maka terjadilah ketidakseimbangan pada tubuh manusia, akibatnaya rentan terhadap serangan berbagai penyakit.

Berikut adalah beberapa manfaat undur-undur dalam dunia kesehatan:

1. Mengobati Diabetes

manfaat undur-undur
gejalagejaladiabetes.com

Undur-undur adalah hewan yang mengandung zat sulfonylurea yang dapat melancarkan sistem kerja pankreas untuk memproduksi hormon insulin, akibatnya kadar gula di dalam darah akan menurun, hal ini sudah diteliti oleh kelompok ilmuan di Indonesia pada tahun 2006 silam.

Di Tiongkok, undur-undur dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan obat penyakit diabetes. Undur-undur diolah menjadi serbuk, kemudian serbuk tersebut dicampurkan ke dalam kapsul herbal, sedangkan di dalam termologi orang awam merupakan pengobatan dukun.

2. Mengobati Stroke

manfaat undur-undur
health.liputan6.com

Penyakit stroke diakibatkan karena di bagian otak mengalami gangguan atau disebabkan karena pecahnya pembuluh pada darah, akibatnya mengalami kelumpuhan, perubahan mental, gangguan emosional dan hilangnya indra perasaan, sehingga undur-undur cocok dalam mengobati penyakit stroke.

3. Mengobati Rematik dan Asam Urat

manfaat undur-undur
nutrisisehat.co.id

Rheumatoid Arthritis atau yang sering dinamakan rematik disebabkan karena kondisi pada saat kekebalan tubuh yang keliru menyerang jaringan sendi-sendi, akibatnya mengalami peradangan pada sendi tersebut dan mengakibatkan pembekakan, kaku, panas dan terasa sakit.

Hal ini kalau dibiarkan terus menerus dapat mengakibatkan kerusakan yang permanen, akibatnya pergerakan sendi menjadi terbatas.

Peran undur-undur dalam penyakit ini yaitu meningkatkan kekebalan pada tubuh sehingga dapat terhindar dari gejala-gejala yang mengakibatkan rematik.

4. Mengobati Darah Tinggi

manfaat undur-undur
gejalahipertensi.com

Penyakit darah tinggi atau yang sering disebut dengan hipertensi dapat dialami oleh setiap manusia khususnya pada orang yang sudah lanjut usia, hal ini disebabkan oleh naiknya tensi darah pada manusia yang melebihi batas normal, sehingga kehilangan kontrol emosional, dalam hal ini undur-undur dapat membantu mengurangi tensi darah pada manusia.

5. Mengobati Ashma

manfaat undir-undur
www.kompaskesehatan.com

Penyakit ashma adalah penyakit yang mana paru-paru mengalami pembekakan dan keterbatasan dalam bernafas, otot dinding pada cabang tenggorokkan menyempit dan menghasilkan banyak lendir pada saluran pernapasan, gejala ashma bermacam-macam dari yang ringan sampai yang berat yang dapat membahayakan nyawa.

Penyakit ashma hanya dapat dikontrol dan tidak dapat disembuhkan. Undur-undur dapat membantu untuk memperbaiki paru-paru yang bengkak sehingga dapat membantu dalam mengurangi resiko penyakit ashma.

6. Mengobati Sakit Kuning

manfaat undur-undur
www.pre-tend.com

Penyakit kuning terjadi akibat banyaknya penumpukan zat yang berwarna kuning dibagian bilirubin dalam darah dan jaringan tubuh. Bilirubin adalah zat yang dihasilkan dari terurainya sel darah merah. Sebelum melewati proses pembuangan oleh tubuh, bilirubin dibawa ke hati dengan melalui aliran darah,-

kemudian bilirubin bercampur dengan cairan empedu, setelah itu keduanya dibuang melewati saluran pencernaan, inilah yang menyebabkan urin berwana kuning dan tinja berwarna coklat.

Pada saat hati tidak sanggup menangani bilirubin yang diproduksi tubuh maka akan mengalami penumpukan bilirubin dan menyebabkan gejala penyakit kuning, hal ini berdampak pada kulit, mata, lapisan lendir yang ada di hidung serta mulut berubah menjadi warna kuning.

Undur-undur dampat mencegah terurainya sel darah merah sehingga mencegah terjadinya penyakit kuning.

7. Menurunkan Kolesterol Tinggi

manfaat undur-undur
log.viva.co.id

Kolesterol mempunyai peran penting pada tubuh manusia, sebetulnya kolesterol merupakan zat lemak yang disebut dengan lipid. Zat lipid diproduksi oleh hati, akan tetapi dapat juga berasal dari makanan.

Apabila kadar lipid pada tubuh terlalu tinggi maka disebut Hiperlipidemia yang dapat mempengaruhi kesehatan manusia, meskipun kolesterol yang tinggi tidak menimbulkan gejala, akan tetapi dapat membahayakan kesehatan, peran fungsi.

Undur-undur adalah meminimalisir produksi zat lipid di dalam hati, sehingga tidak mengakibatkan kolesterol yang terlalu tinggi.

Cara mengkonsumsi undur-undur yaitu tanpa membersihkan terlebih dahulu dan dimakan secara hidup-hidup, dikarenakan undur-undur yang terkena air akan menghilangkan khasiat atau kandungan yang ada didalamnya. Bulu undur-undur sangat dipercaya dalam menyembuhkan penyakit diabetes. Undur-undur juga tidak boleh dikonsumsi dalam keadaan mati.

Di negara Cina undur-undur dikemas didalam kapsul dalam keadaan hidup-hidup, hal ini bertujuan agar pasien tidak merasa jijik untk mengkonsumsinya, selain itu juga ada yang dikonsumsi dengan makanan seperti pizza, daging, kebab dan lain sebagainya.

Undur-undur dapat bertahan hidup ditempat yang terbuka selama dua hari, akan tetapi jika hidup di tanah yang gembur dapat bertahan hidup lama. Makanan yang disukai undur-ndur berupa bubuk roti dan serbuk makanan ringan.

Hewan jenis ini sangat sulit dicari karena undur-undur hanyak akan hidup dan berkembang biak dimusim panas, sedangkan di musim dingin, larva ini akan berubah wujud menjadi serangga yang dapat terbang menyerupai capung.

Masakan Undur-undur

manfaat undur-undur
kuliner-rempeyek.blogspot.com

Rempeyek Undur-undur

Selain berkhasiat, ternyata undur-undur dapat diolah menjadi makanan yang sangat menggugah selera, diantaranya adalah olahan rempeyek dari bahan campuran undur-undur. seperti rempeyek pada umumnya yang biasa terbuat dari campuran kacang.

Ternyata rempeyek undur-undur banyak memiliki banyak khasiat dan kandungan gizi. Rempeyek undur-undur banyak kita jumpai di warung-warung daerah Yogyakarta. Cara membuatnya sebagai berikut:

Bahan-bahan:

  • Undur-undur
  • 4 biji kemiri
  • 1 sendok ketumbar
  • 4 helai bawang putih
  • 350g tepung beras
  • 1/2 sendok makan tepung tapioka
  • 250 cc santan
  • 100 cc air
  • sebutir telur
  • sesendok air kapur sirih
  • 5 daun jeruk
  • Garam seperlunya
  • Minyak goreng seperlunya

Cara membuat:

  • Haluskan bumbu bawang putih, telur ayam, kemiri, garam, ketumbar dan air kapur sirih dengan mengunakan blender.
  • Campurkan Undur-undur, tepung tapioka, tepung beras, bumbu halus, santan, air dan irisan daun jeruk. Aduk sampai merata.
  • Panaskan minyak goreng. Masukkan adonan tersebut sesuai dengan bentuk yang kalian suka. Bisa mulai dari bagian pinggir wajan sehingga membentuk lapisan yang tipis. Goreng di atas api yang berukuran sedang hingga matang kecoklatan. Angkat dan kemudian tiriskan.

Hukum Mengkonsumsi Obat Berbahan Undur-undur

rsherbacenter.com

Sebagian dari masyarakat muslim menanyakan tentang bagaimana hukum mengkonsumsi semut, cacing dan undur-undur atau mengkonsumsi obat herbal yang bahannya dari binatang tersebut.

Bagaimana hukum dan aturan di dalam syariat Agama Islam tentang hal tersebut?, Kemudian bagaimana pula hukumnya bagi yang membudidayakan dengan tujuan untuk diperdagangkan?.

Pada dasarnya Agama Islam telah mengatur dan menetapkan hukum, termasuk dalam hal konsumsi atau makanan yang halal maupun yang haram untuk dikonsumsi. Hal ini mencangkup makanan, minuman, obat-obatan dan semua yang menjadi kebutuhan hidup manusia.

Agama Islam memiliki konsep dengan menghalalkan yang baik dan mengharamkan yang buruk. Konsep ini berlaku dalam berbagai macam permasalahan dan di patuhi oleh seluruh umat muslim. Hal ini terdapat dalam firman Alloh surat Al A’raf ayat 157:

Capture

 

Artinya: “Dan Nabi yang ummi serta terdapat dalam kitab Taurat dan Injil tersebut (Rosululloh) menghalalkan segala yang baik dan mengharamkan segala yang buruk bagi merka.”

Ayat Al Qur’an tersebut dijabarkan oleh Rosulullloh, kemudian banyak Shahabat Rosul dan Perawi Hadits yang menafsirkan dengan penafsiran yang berbeda-beda sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing.

Para ulama terkemuka mengambil keputusan untuk bermusyawarah dalam memecahkan permasalahan tersebut, kemudian mereka menyimpulakan bahwa halal atau haramnya cacing, semut dan serangga disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang terjadi saat itu.

Dalam istilah biologi, hewan yang semacam cacing, semut dan undur-undur digolongkan kedalam jenis hewan yang tidak bertulang belakang atau dalam bahasa ilmiahnya Avertebrata atau Invertebrata, jika di artikan kedalam bahasa Arab maka tergolong kedalam kategori serangga Al Hasyarat.

Hewan yang dikhususkan oleh para Nabi untuk tidak dibunuh yaitu Semut, hal ini terdapat dalam Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud, Rosululloh berkata:

Capture

 

Artinya: Dari Ibnu Abbas, Dia berkata,”Sesungguhnya Para Nabi melarang untuk membunuh empat binatang, diantaranya adalah semut, lebah, burung hudhud dan burung shurad.”

Dari Hadits tersebut para ulama menjadikan dasar bahwa semut tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi walaupun masih banyak diantara ulama yanng beranggapan bahwa semut yang tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi hanya semut-semut tertentu.

Sedangkan untuk menanggapi hukum diantara kedua hewan seperti cacing dan undur-undur dibagi menjadi dua kelompok:

  1. Kelompok yang memandang bahwa segala macam hewan berjenis serangga atau Al Hasyarat adalah haram hukumnya untuk dikonsumsi, alasannya karena seranggga termasuk hewan menjiikkan (Al Khabaist). Imam yang berpendapat seperti hal ini diantaranya Abu Hanifah dan Asy-Syafi’i.
  2. Kelompok yang kedua menganut Imam Malik, Ibn Abi Laila dan Auza’i yang mempunyai pendapat bahwa hukum Al Hasyarat atau serangga adalah halal.

Para ulama mengemukakan argumentasinya masing-masing mengenai hukum berobat menggunakan sesuatu yang haram. Dalam hal ini dibagi menjadi empat pendapat.

  1. Diperbolehkan untuk berobat mengunakann sesuatu hal yang haram, asalkan dalam keadaan kritis dan tidak ada obat lain selain itu.
  2. Diharamkan secara mutlak.
  3. Diperbolehkan berobat dengan menggunakan sesuatu hal yang haram kecuali arak.
  4. Tidak diharamkan menggunakan obat dari jenis seranggga walaupun menjijikkan.

Dari jawaban tersebut ada kaitannya tentang hukum membudidayakan dan memperjual belikannya. Diantara para ulama ada yang membolehkan dan ada pula yang tidak memperbolehkannya. Didalam Muktamar NU yang ke-30 di lirboyo tahun 1999 menjelaskan secara detail.

Dalam hal tersebut mereka lebih cenderung untuk membolehkan budidaya dan memperjual belikan cacing dan undur-undur.

SHARE