Saat ini, radikal bebas bisa hinggap ke tubuh kita kapan saja dan di mana saja. Oleh karena itu kita perlu membekali tubuh kita dengan menu makanan yang benar-benar sehat.

Kenapa harus begitu? Ini perlu kita lakukan untuk membentengi tubuh kita. Menguatkan asupan antioksidan maupun zat gizi lain yang mampu menjaga tubuh kita agar tetap sehat.

Untuk makanan sehat itu, kita perlu disiplin dalam mengonsumsinya. Wah, tapi repot banget dong kalau setiap hari harus bawa bekal, kan kalau di luar sana kita nggak bisa menjamin kualitas makanannya. Solusinya gimana ya?

Nah, ini ada solusi buat permasalahan kamu nih. Solusinya apa tuh? Solusinya adalah menyiapkan menu makanan sehat saat hari minggu untuk keperluan makanan sehat kita selama seminggu.

Tapi menunya apa aja ya? Nah, ini dia menunya.

1Menu Pertama

buzzfeed.com

Menu yang pertama adalah makanan semacam salad yang sangat mudah penyajiannya, kita bisa memilih sayuran-sayuran yang kita suka.

Sayurannya bisa apa saja? Ya bisa apa aja, misalnya timun jepang, ubi, bayam rebus dan sayuran lainnya yang kamu sukai. Oh iya, kamu juga bisa tambahkan wortel di dalamnya. Lalu, kamu tinggal tambahkan moyonaise deh.

2Menu Kedua

buzzfeed.com

Di menu kedua, sebenarnya terdiri dari pilihan macam-macam menu yang bisa kamu siapkan dalam seminggu. Agar hari-harimu tidak repot menyiapkan makanan lagi deh.

Menunya apa saja? Kita lihat gambarnya yuk untuk tahu jawabannya.

Dari foto di atas kita bisa membuat roti sendiri untuk persediaan seminggu. Kita pun bisa membuat kefir atau yogurt sendiri. Memotong-motong sayuran dan menyiapkan menu lainnya.

Tapi yang perlu kita perhatikan dalam menyiapkan menu adalah membuat variasi makanan dalam seminggu itu. Tujuannya adalah agar kebutuhan kita akan gizi-gizi tententu terpenuhi dan kita pun tidak merasa bosan.

3Menu Ketiga

buzzfeed.com

Selain menyiapkan menu utama, kita pun perlu menyiapkan menu untuk kudapan atau makanan penyela sebelum kita memakan makanan utama.

Makanan kudapan tentunya bisa berupa apa saja. Bisa berupa kue-kue kering yang kita buat sendiri ataupun membuat cake yang terbuat dari gandum dan biji-bijian.

4Menu Keempat

buzzfeed.com

Selain bahan pangan utama, kita pun perlu membuat bahan makanan pendamping yang akan menambah cita rasa sayuran atau buah yang sudah kita potong-potong dan telah kita simpan di kulkas.

Seperti apa bahan makanan pendamping itu? bahan makanan pendamping itu bisa berupa mayonaise, sambal atau bisa juga menyiapkan vinaigrette.

Apa itu vinaigrette?

Vinaigrette merupakan sejenis saus yang digunakan sebagai dressing pada macam-macam salad. Vinaigrette dapat dipadukan dengan berbagai macam sayuran.

5Menu Kelima

buzzfeed.com

Menu yang kelima ini benar-benar begitu menggoda, yogurt dengan isi buah dan kacang-kacangan. Ini pas banget untuk kita santap saat pulang dari beraktivitas atau di tengah-tengah aktivitas kita.

6Menu Keenam

buzzfeed.com

Green smoothie ini juga enak lho, penampakannya begitu creamy dan begitu terlihat sehat sekali dengan warna hijaunya. Bahan dan cara membuatnya juga mudah.

Kita bisa membuatnya dengan mencampur pisang, susu kedelai, pear, kacang almond dan sayuran hijau kemudian di haluskan menggunakan blender.

7Menu Ketujuh

buzzfeed.com

Nah, burger sehat berikut ini pun bisa kamu contoh sebagai selah satu menu makan sehatmu. Roti yang biasa kita gunakan untuk menangkup daging, kini bisa kita ganti dengan selada air.

Setelah melihat menu di atas, menu makanan sehat itu sederhana ya!