Ingin menikmati sensasi berbeda traveling? Cobalah kunjungi tempat-tempat bersejarah nan eksotis. Kamu bisa mengunjungi Wonogiri,kabupaten yang diapit DIY dan Jawa Timur.

Kota yang dikenal dengan kota gaplek ini memiliki segudang magnet pemikat para travelers. Mulai dari pegunungan karst yang indah hingga pantai yang menakjubkan.

Berikut ini kami ulas hal-hal menarik di Wonogiri. Yuk cek apa saja yang ada disana

1Pantai Nampu

moelyokojozz.blogspot.com

Datanglah ke surga tersembunyi di ujung selatan Wonogiri. Meskipun punya garis pantai yang sempit, keindahan pantai di balik tebing karst sungguh tiada duanya. Pantai Nampu jadi pantai yang paling ramai dikunjungi di Woogiri.

Pantai ini terletak di Desa Dringo, Kecamatan Paranggupito. Selain banyak karst, pantainya diberkahi dengan pasir putih dan hamparan batu karang yang elok. Perjalanan menuju pantai sekitar 2 jam dari Wonnogiri.

2Pantai Sembukan

indonesiatraveling.wordpress.com

Konon, pantai ini sebagai pintu pengantar antara alam manusia dengan alam Ratu Pantai Selatan. Pantai yang terletak di Desa Sembukan ini gak kalah loh dari Pantai Nampu. Kamu bisa memancing di sini.

Karena dihubungkan sebagai gerbang ke-13 kerajaan Ratu Pantai Selatan, kamu dapat melihat upacara Labuhan Ageng. Pada malam satu suro, pantai akan ramai menyedot wisatawan karena upacara tersebut.

3Waduk Gajah Mungkur

langbhu.com

Meskipun danau buatan, kawasan wisata ini sungguh keren loh. Bisa dibilang waduk ini menjadi ikon pariwisata di Wonogiri. Tak hanya berfungsi sebagai bendungan Bengawan Solo fasilitas di kawasan rekreasi ini terbilang lengkap.

Kamu bisa main boat, jetski, bahkan menikmati gantole. Kalau lapar, kamu tinggal sambangi rumah makan apung yang menyajikan olahan ikan hasil waduk ini. Kamu hanya menempuh 3 km saja dari pusat kota Wonogiri loh.

4Bukit Gantole

secretparadiseindo.blogspot.com

Agak sedikit melipir dari Waduk Gajah Mungkur, terdapat Bukit Gantole yang patut kamu kunjungi. Di atas bukit, kamu bisa menikmati panorama waduk.

Kamu juga bisa melihat matahari terbenam di balik bebukitan. Kamu harus memastikan sepeda motormu sanggup melibas medan perbukitan yang curam.

Meski namanya Bukit Gantole, tak banyak kegiatan gantole dan paralayang di sini. Hanya di waktu-waktu tertentu anggota komunitas olahraga ini melakukan kegiatannya.

5Goa Putri Kencono

www.pariwisata.wonogirikab.go.id

Bukit-bukit kapur sangat mencolok pemandangan. Terlebih di dalamnya tersimpan potensi goa-goa alam. Goa putri kencono ini letaknya di Desa Wonodadi, Kecamatan Pracimantoro. Goa ini dapat dicapai dengan menempuh jarak lebih kurang 40 km dari pusat kota.

Di dalam goa ini, kamu bisa menyaksikanukiran-ukiran alam berupa stalagmit dan stalagtit yang menghiasi seantero dinding goa.

Goa yang luasnya sekitar 1.000 m ini juga menyambung ke tempat lain melalui jalan tembusnya. Nah, buat kamu penggemar wisata goa, tidak ada salahnya mencoba menjelajahi goa yang satuini.

6Museum Karst Dunia

blog.gogonesia.com

Belum berpaling dari Kecamatan Pracimantoro. Coba kunjungi Desa Gebangharjo. Di sini berdiri megah bangunan Museum Karst Dunia.

Kecamatan ini memang menjadi salah satupusat penelitian kawasan karst oleh ahli geologi karena struktur lapisan tanahnya serta keunikan goa-goa di dalamnya.

Di sini kamu bisa menambah wawasan tentang batuan karst dan sejarah goa-goanya lewat contoh batuan, diorama, serta film dokumenter. Tak hanya itu, ada pula goa-goa di sekitar museum yang bisa kamu kunjungi.

Jadi, tak cuma belajar lewat museum, kamu juga bisa mengamati langsung ke goa-goanya. Itung-itung belajar sekalian rekreasi, bukan?

7Air Terjun Manik Moyo di Setren Girimanik

yogyakarta.panduanwisata.id

Objek wisata alamĀ  ini berada di DesaSetren, Girimanik, Kecamatan Slogohimo. Sangat indah karena manawarkan perpaduan udara sejuk dengan panorama air terjun yang menyegarkan.

Kalian dapat menyambangi tiga air terjun di kawasan ini, yakni air terjun Manik Moyo yang tingginya 70 meter, air terjun Tinjo Moyo yang mempunyai ketinggian 30 meter, serta air terjun Condromoyo.

Kamu juga bisa mengunjungi tempat bersejarah bernama Batu Besi yang menjadi tempat petilasan Raden Mas Said.