Kekayaan Indonesia memang tidak ada duanya. Baik kekayaan alam hingga budayanya. Tak ketinggalan pula dengan kekayaan khasanah kuliner Indonesia. Setiap daerah punya kuliner khas masing-masing, sehingga bisa dihitung berapa jumlah ragam kuliner Indonesia. Banyak sekali bukan.

Mgomong-ngomong soal kuliner, banyak daerah yang bisa kamu datangi karena kekhasan dan keunikan kulinernya. Bahkan, beberapa daerah bisa saja jadi trensetter kuliner di Indonesia. Yuk, kita jelajahi daerah yang kaya akan kuliner lezatnya.

1Bandung Trendsetter Makanan

boombastis.com

Kota ini seperti wali kota Bandung, Ridwan Kamil, bilang, diciptakan saat Tuhan sedang tersenyum. Bandung layaknya kota yang bisa memberikan senyuman buat kamu setelah menyantap wisata kuliner disini.

Kelezatan kuliner Bandung bikin kamu kangen balik lagi ke kota ini.Sebut saja panganan seperti surabi, colenak, pisang molen, nasi kalong, mi kocok, es goyobod, dan masih banyak yang lainnya.

Saking banyaknya kuliner di Bandung, jadi susah banget buat nyebutinnya satu per satu. Kamu dapat menjelajahi kuliner enak Bandung hampir di sudut kota. Kamu juga bisa merasakan kuliner-kuliner yang tidak biasa karena inovasi-inovasi yang unik.

2Medan

www.noninadia.com

Makanan khas asal Kota Medan kerap kali tersebar di Indonesia. Misalnya pancake durian. Kota terbesar ketiga di Indonesia ini menghadirkan pancake durian yang ngehits abis.

Belum lagi sambal teri medan yang enak dimakan bareng nasi. Duh, bikin perutmu keroncongan pastinya.

Makanan khas lain yang cukup terkenal ada soto kesawan, bakmi Medan, dan kue bika Ambon yang banyak disukai masyarakat.

Sementara untuk minuman dari kota ini, kamu pasti pernah mendengarnya. Ya, sirup markisa yang khas dan menyegarkan.

Buat kamu yang tidak pantang babi, disini banyak olahan dari bahan dasar babi. Misalnya saksang dan babi panggang Karo.
Kota Gudeg Yogyakarta

cumibunting.com
cumibunting.com

Bukan hanya banyak ragam kuliner di kota budaya ini, tapi juga karena panganan di Jogja boleh dibilang murah meriah.

Berbagai kuliner dapat kamu nikmati dari kota yang selalu bikin kamu rindu ini. Mulai dari gudeg yang manis-manis gurih, sate klathak, sego kucil, sego pecel sampai oseng-oseng mercon yang pedasnya bikin nagih.

Kalau cemilan kamu semua sudah pada tahu, bakpia Jogja jadi primadonanya. Ayo rasakan sensasi makanan Jogja sekarang juga!

3Kota Pempek Palembang

portalremaja.co.id

Kota yang satu ini juga kaya akan makanan kulinernya. Semua pasti sudah pada tahu Pempek Palembang kan? Hmm enak banget dimakan pas hujan begini, ya gak sih?

Selain Pempek, ada juga tekwan, tempoyak, model, martabak HAR, pindang tulang dan masih banyak lagi yang lainnya. Dijamin kamu akan ketagihan menikmati beragam panganan asal Palembang ini. Yuk, cicipi satu-satu.

4Aneka Masakan Padang yang Lezat

rightinfrontofme.wordpress.com

Aih, kalau yang satu ini pasti sering kamu nikmati, dimanapun kamu berada. Masakan Padang dapat ditemukan di seluruh Indonesia sepertinya.

Banyak gerai-gerai di pinggir jalan yang kerap menjajakan aneka makanan Padang. Mungkin karena rasa makanan yang nikmat dan gurih sehingga makanan Padang bisa diterima semua lidah orang Indonesia.

Kekhasan masakan Padang terdapat pada citarasanya yang kuat dengan bumbu-bumbu dan santan yang membuat gurih. Kamu bisa menolak rendang? Makanan terenak di muka bumi. Gak mungkin kamu menolak makanan yang satu ini. WNA saja doyan banget.

Bukan hanya rendang loh, tapi masih banyak makanan otentik lainnya dari Padang. Mulai dari dendeng balado, gulai kepala ikan, serta sate Padang.

Kamu juga bisa menikmati aneka camilan dan kue seperti keripik sanjiang, tumbang pisang, galamai, serta kue panyaram.

5Coto Makassar yang Maknyuss

cintacuisine.com

Makassar juga kaya akan kulinernya. Bahkan sudah banyak warung makan Makassar di kota-kota besar di Indonesia. Makassar punya segudang makanan yang membuat perutmu bunyi seketika.

Cobalah coto Makassar yang menggugah selera, mi titi dengan campuran seafoodnya yang ciamik, sop konro hingga konro bakar yang membuat lidahmu bergoyang.

Lepas makan enak, jangan lupakan minuman penutup asal Makassar seperti es pisang ijo dan es palu butung. Yummy, rasanya mau nambah lagi.

6Kuliner Ekstrem Ala Manado

www.kompasiana.com

Kamu suka yang ekstrem, coba makanan ala Manado. kamu bisa menemukan makanan unik disana. Mulai dari sate tikus, gulai daging kelelawar atau biasa disebut paniki, gulai anjing dan sebagainya.

Meski begitu, kamu gak perlu khawatir. Banyak pula makanan khas yang ‘normal’ di sini tapi sangat enak. Misalnya makanan ayam tarutuga dan cakalang fufu. Hidangan penutupnya kamu bisa menikmati es kacang merah yang segarnya kebangetan.

Demikianlah beberapa kota tujuan wisata kuliner yang gak boleh kamu lewati. Namun begitu, coba juga kuliner dari daerah lainnya yang belum masuk di daftar ini ya!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here