Teknologi memang salah satu ciri kemajuan suatu zaman. Negara yang bisa menguasai teknologi canggih tentu akan menjadi poros negara lainnya. Adanya teknologi menentukan kualitas sumber daya manusianya.

Semakin canggih teknologi yang digunakan, berarti semakin cerdas pula kondisi bangsanya. Nah, di Indonesia sudah ada 7 teknologi yang dinilai mampu menaikan kualitas hidup seseorang. Yuk, simak!

1Hotspot dan Wi-Fi

blog.8share.com

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah hot spot area dan wi-fi. Kota Bandung merupakan kota yang menyediakan 90% layanan wi-fi secara gratis.

Adanya koneksi internet ini tentunya memunculkan berbagai dampak positif dan negati. Positifnya, masyarakat penghuninya menjadi semakin pintar dan berwawasan luas.

Negatifnya kalau digunakan untuk mengakses yang berbau SARA, kekerasan dan pornografi.

2E-pay Mobile

blog.8share.com

Dikenal dengan dompet digital. Biasanya digunakan untuk transaksi pembayaran. Pengguna iPhone yang memakai aplikasi apple kini sudah bisa menggunakan fasilitas Apple Pay.

3Sistem Voting Elektronik

blog.8share.com

Teknologi ini belum diterapkan secara global oleh Indonesia. Merupakan cara pemilihan umum melalui akses internet. Cara seperti ini dipercaya bisa meminimalisir kecurangan.

Namun, sayang sekali karena Indonesia belum bisa menerapkan ini.

4Teknologi Hijau

blog.8share.com

Menurut Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono, dikutip dari media massa elektronik, teknologi hijau perlu digunakan untuk menurunkan emisi dengan menerapkan pembangunan hemat energi, meningkatkan penggunaan sumber energi terbarukan.

Selain itu, meningkatkan teknologi pengawasan hutan melalui satelit untuk mendeteksi hotspot kebakaran hutan. Sepertinya, teknologi ini bagus jika diterapkan di tahun ini, ya.

Yang lebih luar biasa, di luar negeri sana sudah merancang konsep jalanan hijau dengan LED berteknologi surya.

5Depot Swalayan

blog.8share.com

Penerapan total teknologi depot swalayan masih di angan-angan saja. Tapi, setidaknya sudah ada ide untuk membuat teknologi ini. Sistem depot swalayan ini bisa dipakai untuk mengirim surat di kantor pos.

Kamu tidak perlu berhadapan dengan mesin dengan adanya depot swalayan. Sebenarnya sudah ada yang menerapkan yakni pihak penerbangan. Para penumpang melalukan check in dengan sistem swalayan.

Perpanjangan SIM, KTP dan lain sebagainya, bisa menggunakan sistem depot swalayan. Seandainya sistem semacam ini diaplikasikan di Indonesia, kamu tidak perlu repot-repot mengantri di kantor instansi pemerintah.

6Netflix

blog.8share.com

Netflix merupakan layanan untuk menonton film yang berjumlah banyak. Pada dasarnya user Netflix adalah penyewa DVD. Pembajakan kaset dan aksi kejahatan lainnya dapat dicegah dengan layanan ini.

Kamu bisa menonton televisi dengan memakai layanan Netflix. Selain praktis, biayanya juga lebih hemat.

Netflix mirip dengan penyewaan DVD di dunia nyata. Cara menggunakannya pun mudah. Kamu tinggal duduk manis saja dan meminta katalog via online. Dan kamu hanya perlu membayar beberapa rupiah saja dalam sebulan.

Nah, kalau kamu suka bermain game online, layanan Netflix adalah pilihan tepat. Kamu tidak perlu pergi ke rental untuk menyewa kaset game. Aplikasi Netflix ini juga menyediakan konten game unlimited.

Daftar game akan dikirimkan dalam bentuk katalog. Setelah itu kamu diharuskan membayar sewanya. Batas waktu penyewaan pun tidak ditentukan. Jika selesai, Netflix akan mengirimkan game lainnya.

78Share

blog.8share.com

Ingin mendapatkan fee internet? Barangkali 8share adalah salah satu solusinya. Kamu akan dibayar kalau bisa menyebarkan beberapa konten di aplikasi 8share.

Teknologi 8share sudah menyebar di berbagai penjuru dunia. Termasuk di Indonesia dan Malaysia. Perkembangan 8share jauh lebih pesat dibandingkan teknologi-teknologi di urutan sebelumnya.

8share memberikan layanan maksimal terhadap para penggunanya.