Kamu pemula dan pengen jadi pembicara, jadi pengisi dalam suatu acara dan kamu mempunyai kelemahan demam panggung atau grogi bicara di depan umum? Jangan khawatir itu cuma belum terbiasa aja kok.

Secara jam terbang memang menentukan tapi bukan berarti pemula kayak kamu akan gagal dalam mengisi suatu acara.

Kamu juga bisa seperti mereka kok, asalkan kamu mau berusaha dan berusaha, jika masih bingung dengan usaha yang kamu lakukan, kamu bisa coba tips di bawah ini.

1Doa

datdut.com

Hal yang pertama yang harus kamu lakukan ketika kamu mau tampil di depan umum adalah berdoa. Doa terbaik adaah doa yang seperti dicontohkan nabi Musa.

Robbisrohli sodri.., wayassirli amri… wahlul ‘uqdatammillisaani yafkahul kauli…..Ya ALLAH Lapangkanlah dadaku, mudahkanlah urusanku, lancarkanlah lisanku dan baguskanlah ucapanku…

2Persiapan dan Latihan

tahupedia.com

Hal berikutnya adalah kamu harus banyak latihan sebelum tampil, jika dalam 2 minggu waktu menjelang tampil, setidaknya ada 5 kali latihan.

Latihan itu meliputi penguasaan materi atau bab, latihan vokal dengan jelas pengucapannya, tidak terlalu cepat, bahasa yang mudah dipahami dan gerak tubuh yang mendukung.

Latihan yang efektif bisa kamu lakukan di depan cermin, lihat bagaimana ekspresi kamu ketika bicara, tatapan mata kamu dan gerak tubuhmu.

Lebih bagusnya lagi kamu bisa mengajak teman untuk seolah-olah jadi audiens dan minta masukan teman atas latihan kamu.

Jadi persiapan ini dilakukan jauh-jauh hari sebelum tampil di depan, dengan persiapan itu kamu bisa jadi lebih siap dari bekal. Ingat pepatah mengatakan “ jika tampil tanpa persiapan siap-siap turun tanpa penghormatan”.

3Lihat dan Tatap Audiens Sebelum Dimulai

adilkurnia.com

Ketika sudah mau memasuki ruangan maka hal yang pertama kamu harus lakukan adalah menatap semua audiens yang hadir, biar kamu tidak kaget, siapa saja yang ada di depan kamu, siapa saja yang siap mendengar kamu.

Ini akan menambah rasa percaya diri kamu, anggap saja mereka adalah murid-murid kamu tanpa mengurangi rasa hormat kamu pada audiens.

Salah satu cara yang efektif adalah lihatlah diatas kepalanya, jangan langsung menatap matanya, jika kamu masih pemalu kamu bisa grogi, jadi lihatlah tepat diatas matanya.

4Kendalikan Suasana Hati Kamu

ronabinham.com

Ketika tampil di awal yang pertama adalah kendalikan suasana hatimu, hirup nafas dalam dan relax lah, santai dan nikmati diri kamu yang dilihat banyak orang.

Penampilan rapi kamu sudah menjadi kesan pertama yang baik bagi audiens kok.

5Pecah Kebekuan dengan Berkenalan Secara Santai

bdbcommunication.com

Setelah itu kamu bisa berkenalan dimulai dari dirimu, kenalkan secara santai dan perlahan, nikmati setiap kata yang kamu keluarkan. Bicaralah jujur apa adanya dirimu, sehingga orang akan menerima dan memberi kamu kesan pertama yang baik.

6Fokus dan Jangan Berpikir Macam-Macam

hizbut-tahrir.or.id

Setelah itu kamu bisa fokus dengan apa yang kamu yang ingin sampaikan, fokus ke arah materi atau kalimat yang kamu keluarkan, jangan berfikir macam-macam terhadap pandangan atau respon auidens.

Mungkin ada yang cuek, tidur atau justru protes melulu, biarkan saja, tetap santai,jangan berfikir macam-macam, tenangkan hati dan fokus pada apa yang kamu bawakan.

7Libatkan Audiens

novasuparmanto.com

Yang terakhir agar kamu makin enak dalam menyampaikan sesuatu ajaklah audiens bicara, entah sekedar menyapa, memberi pertanyaan, kuis atau sebuah permainan ringan.

Hal ini selain kamu bisa adaptasi dengan audiens, ini juga bikin audies tidak bosan, hubungan kamu dengan audiens dalam acara tersebut juga semakin caik dan enak, kamu pun akan menikmati dalam acara tersebut.

Itulah 7 tips yang bisa kamu coba, intinya mungkin di awal agak mengecewakan atau tidak terlalu bagus, tapi kalau terus latihan insyaALLAH kamu bisa lebih bagus kok, percayalah.