debusana.com

7 Tips Ini Bikin Pernikahan Awet dan Bahagia

Posted on

Bahagia dalam pernikahan adalah impian setiap pasangan. Banyak yang mengidamkan pernikahan langgeng dan jauh dari konflik.

Maraknya kasus kawin cerai di kalangan selebritis menjadi hantu tersendiri bagi kamu yang menjalani kehidupan rumah tangga. Tapi, tenang, tips berikut ini akan membantu kamu mengatasi kerisauan selama ini. Apa saja tipsnya, yuk simak bersama.

Meluangkan Waktu untuk Keluarga

bacaislam.com
bacaislam.com

Bekerja keras merupakan hal yang wajar bagi pria maupun wanita. Namun, jangan sampai workaholic karena karakter seperti ini berpotensi merusak rumah tangga. Kamu yang berkarakter workaholic akan cenderung mementingkan pekerjaanmu dibandingkan keluarga.

Hindari ya guys, karena sangat berbahaya jika terjadi pada pasangan yang sudah menikah. Pandai-pandailah membagi waktu antara kapan kamu harus bekerja dan kapan kamu berkumpul dengan keluarga.

Urusan kantor atau pekerjaan jangan kamu bawa-bawa ke rumah. Bebaskan pikiranmu dari pekerjaan ketika ada di rumah. Usahakan tidak pulang larut malam karena hal itu dapat mengganggu keseimbangan yang sudah kamu atur.

Tetap Mengingat Hubungan dengan Pasangan

debusana.com
debusana.com

Seorang wanita yang telah memiliki anak terkadang membuatnya lupa mengurus pasangan dan diri sendiri. Begitu juga dengan sang pria yang semakin sibuk mencari nafkah sehingga melupakan istrinya.

Jangan seperti itu ya, guys. Hal tersebut sangat berbahaya sekali untuk hubungan kamu dan dia. Sejenak cobalah mengurus diri kamu dan memanjakan pasanganmu.

Justru, hubungan suami istri harus terus dijaga seperti sebelum memiliki anak agar suasana keluarga lebih harmonis. Kedekatan orangtua sangat mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan anak lho, guys.

Kompak dalam Mendidik Anak

niaceria17.wordpress.com
niaceria17.wordpress.com

Ini penting bagi kamu yang sudah punya anak. Satukan prinsip dalam mengasuh dan mendidik anak-anak. Diskusikan hal-hal sepele dengan pasanganmu, misalnya soal kedisplinan, pendidikan agama, pergaulan, dan lain sebagainya.

Hindari perdebatan dan perbedaan pola mendidik anak. Perbedaan pandangan antara kamu dan pasanganmu malah akan membuat si anak bingung. Jadi, kompaklah dalam mendidik anak.

Hindari Perselisihan Panjang

bimma-master.blogspot.com
bimma-master.blogspot.com

Berselisih dalam rumah tangga merupakan hal wajar. Sebisa mungkin hindari perselisihan dengan sikap mengalah. Tapi, kalau memang harus diselesaikan, maka selesaikan baik-baik menggunakan kepala dingin.

Cari solusinya bersama-sama dan jangan memperpanjang masalah hingga berhari-hari. Sebelum hari berganti, sudahi masalah yang terjadi.

Satu hal yang harus kamu perhatikan jika memang terjadi perselisihan, jangan kamu tunjukkan di depan anak-anak. Segera selesaikan sebelum hari esok tiba.

Hubungan Seks

natasya-zahra.blogspot.com
natasya-zahra.blogspot.com

Seks bukanlah segalanya dalam sebuah ikatan pernikahan. Tanpa seks tidak berarti pernikahan harus diakhiri. Namun, memang seks adalah bumbu pernikahan. Cobalah membangkitkan kembali gairah seks kamu dan pasanganmu agar pernikahan terasa seperti baru kembali.

Menjaga Komunikasi

harianaceh.com
harianaceh.com

Komunikasi adalah faktor yang paling penting dalam sebuah pernikahan. Saat kamu sedang dinas ke luar kota, sempatkan beberapa menit setiap hari untuk berkomunikasi dengan pasanganmu.

Sekarang kan sudah zaman canggih. Kamu bisa komunikasi via telepon atau videocall. Nah, kalau kamu sedang di rumah, berbincanglah dengan pasangan minimal 10 menit. Semakin intens komunikasi kamu dan dia, maka hubungan juga akan semakin hangat.

Kompak dalam Mengatur Keuangan

lingtour.blogspot.com
lingtour.blogspot.com

Survey membuktikan, 50% pasangan menikah bercerai karena berbeda prinsip dalam keuangan. Tidak sedikit dari mereka yang selalu berdebat tentang uang meski pernikahannya bertahan lama.

Masalah keuangan muncul jika salah satunya suka berhemat tapi yang lainnya boros. Solusinya, kamu dan dia harus menyamakan prinsip. Kalau memang perlu, mengalah lah dalam hal ini atau ajak si dia untuk menyisihkan sebagian uang untuk ditabung.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *