Apa kabar hijabers? Menjadi seorang muslimah memiliki kewajiban untuk menutup aurat. Hijab adalah pakaian wajib bagi para muslimah.

Mengenakan hijab dalam kehidupan sehari-hari dengan khimar yang menutup kepala terkadang membuat rambut memiliki beberapa masalah jika kita tidak pandai merawatnya.

Beberapa keluhan yang berkaitan dengan kesehatan rambut tersebut antara lain ketombe, rambut rontok, rambut lepek dan bau, kulit kepala gatal, dan lain sebagainya.

Rambut adalah mahkota bagi setiap wanita, kita harus merawatnya agar tetap sehat meskipun berhijab.

Nah, tidak perlu khawatir dengan berbagai masalah rambut di atas, kita bisa melakukan beberapa tips merawat rambut untuk wanita berhijab berikut ini.

Keramas Minimal 2 Hari Sekali

24 keramas
queenseye.blogspot.com

Meskipun rambut tertutup oleh hijab, kita harus menjaga kebersihannya. Apalagi bagi muslimah yang memiliki rambut panjang, mungkin keramas sangat mengganggu jika aktivitas sedang padat yang membuat tidak sempat untuk mengeringkannya terlebih dahulu.

Akan tetapi, tetap berikan waktu untuk keramas. Rambut yang kotor jika terus mengenakan hijab akan menimbulakn bau dan ketombe. Lakukan keramas dengan shampo yang tepat secara teratur minimal 2 hari sekali.

Jangan Memakai Hijab Ketika Rambut Basah

24 rambut basah
girlshijab.com

Ketika rambutmu masih basah biarkan kering terlebih dahulu jika akan dikenakan hijab. Jika rambut basah dibalut dengan hijab pasti akan menimbulkan bau tak sedap.

Selain itu juga akan memicu kerontokan, ketombe maupun rambut lepek.

Gunakan Hair Tonic Atau Vitamin Rambut

24 vitami rambut
www.ellipshaircare.com

Kamu bisa menggunakan hair tonic atau vitamin rambut setelah keramas. Dengan menggunakan hair tonic atau vitamin rambut akan membuat rambut terasa segar sepanjang hari serta membuat rambut terbebas dari jamur.

Jangan Mengikat Rambut Terlalu Kencang

24 ikat rambut
www.tokopedia.com

 

 

 

 

Jika kamu mengikat rambut terlalu kencang dapat membuta otot-otot kepala terasa sakit, hal itu juga bisa memicu kerontokan pada rambut.

Maka sebaiknya saat mengikat rambut jangan terlalu kencang dan gunakan ikat rambut yang berbahan dasar lembut agar rambut tidak rusak.

Sisir Rambut dan Rapikan

24 sisir
alatalatsalon.blogspot.com

Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan wanita berhijab adalah lupa menyisir rambut. Setelah memakai hijab seharian kemudian dilepas, kadang lupa bahkan tidak sempat menyisir rambutnya.

Mulai ubah kebiasaan tersebut, ketika rambut beristirahat dari penutup kepala, sisir dan rapikan agar rambut tak mudah patah.

Rambut Juga Butuh Istirahat

24 istirahat
www.reportaseterkini.net

 

Ketika jilbab sudah dilepaskan dari penutup kepala, sebaiknya segera biarkan rambut terurai dan biarkan ia bernafas. Bagaimanapun juga setelah seharian tertutup hijab rambut juga butuh istirahat.

Kamu bisa membiarkan rambutmu ‘beristirahat’ dan terurai ketika sedang di dalam rumah.

Jaga Kebersihan Jilbab

24 hijab bersih
www.dwibcc.org

Tidak hanya rambut saja yang perlu diperhatikan, kebersihan jibab juga harus kamu perhatikan. Jilbab yang sudah bau jika dikenakan akan menimbulakn rasa gatal pada kulit kepala dan tentunya menimbulkan bau tak sedap pada rambut.

Maka dari itu, sebaiknya kita rajin dalam mengganti jilbab atau ciput yang sudah tidak nyaman dipakai. O ya, tidak lupa pilih jilbab yang nyaman dikenakan, jilbab yang tidak terlalu panas dan mampu menyerap keringat pada rambut.

Itulah beberap tips untuk merawat rambut bagi kamu yang berhijab. Selain tips di atas, sebaiknya rawatlah rambut dari dalam dengan mengkonsumsi makanan yang sehat bagi rambut seperti sayur mayur, buah, serta protein. Semoga bermanfaat.