Internet sudah menjadi kebutuhan bagi manusia di jaman sekarang, hampir tiap hari bagi orang yang punya smartphone pasti tiap hari membukan internet.

Tidak hanya untuk sekedar hiburan saja, tapi mereka gunakan juga untuk jualan barang, lebih dikenal jualan online.

Selain mudah dalam menawarkan, keuntungan jualan online ini juga gak ribet , tidak harus menunggu barang layaknya di toko, cukup ketik dan pencet handphone sudah bisa.

Sayangnya makin banyak penjual tapi juga makin banyak penipu jualan online, banyak orang yang tertipu karena kurang hati-hati dalam melihat siapa penjualnya, bagaimana situsnya, asal suka beli saja, ujung-ujungnya uang melayang dengan mudah.

memang beli barang di internet kudu hati-hati, kudu cerdas gak sekedar beli. Bagi kamu yang ingin membeli barang di internet, harus hati-hati ya, beberapa tips di bawah ini bisa membantu kamu.

1COD dengan Penjual

youtube.googleblog.com

membeli barang online yang paling aman adalah yang bisa diajak COD an atau ketemuan. Karena kamu dapat bertemu langsung dengan penjualnya, dapat no hpnya dan bisa lihat barangnya secara langsung.

Kalau tidak bisa COD an kamu  bisa melakukan penelitian situs yang  menawarkan dagangannya, lihat alamatnya, cari no telepon nya, cari foto penjual atau mungkin foto-foto hasil jualannya.

2Periksa Testimoni

agenquranepen.com

Hal yang harus kamu cek sebelum membeli barang by online adalah melihat testimoninya, lihat apakah sudah banyak testimoni, bagaimana juga testimoninya. Jika testimoni kurang puas berarti itu sinyal bahwa kamu harus mencari dari situs lain.

Jika testimoni bagus dan banyak, yang memberi testimoni pun juga mempunyai akun di sosmed berarti itu bisa diharapkan. Satu lagi biasanya testimoni ini terdapat di situs jualan online yang sudah terkenal, kalau masih asing lebih baik hindari.

3Gunakan Kartu Kredit

carajadikaya.com

Pembayaran dengan menggunakan kartu kredit lebih aman dibandingkan dengan sistem transfer. Penggunaan kartu kredit membuat kamu terhindar dari pemerasan, memberikan garansi serta mengamankan uang kamu saat barang tidak dikirimkan.

4Periksa Barang

bmjv.de

Sebelum melakukan pembayaran cek dulu semua barang yang akan kamu beli. Pastikan sebelum memasukkan detil pembayaran di situs internet bahwa koneksi ke situs tersebut sudah aman.

Jika ada email masuk dan masih asing jangan dibalas. Hubungi penjual kapanpun kamu mendapatkan email yang mencurigakan.

5Cek Kebijakan Privasi

obatjantung.muarafarma.com

Sebelum kamu membeli kamu wajib membaca kebijakan privasi yang diberlakukan situs tersebut. Kamu harus baca mengenai pengembalian barang, hal ini untuk mengantisipasi barang yang datang terdapat cacat atau rusak.

6Log Out Akun

dadchronicles.wordpress.com

Ketika kamu mengakses situs jual beli online tersebut dari wifi umum atau komputer umum, sebaiknya kamu segera melakukan log out dari situs jika telah selesai melakukan transaksi .

Jika tidak di log out kemungkinan akun kam bisa digunakan olah orang lain, hal ini juga untuk mengantisipasi akun kamu aman dari aksi hacker.

7Cek Transaksi

gsoft.co.id

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan adalah cek data transaksi, walaupun sudah ada di online, bukan berarti kamu tidak nge cek. Kalau perlu cetak nota atau data transaksi tersebut agar suatu saat ada masalah kamu punya bukti data.

Selain itu kamu harus juga teliti dalam penggunaan kartu kredit, siapa tahu ada pengeluaran yang diluar pembelian barang kamu.

Itulah tips yang bisa kamu coba jika ingin membeli barang lewat online, memang harus hati-hati dalam membeli beginian kalau tidak uang kamu gampang sekali melayang. Semoga bermanfaat ya