Kaum perempuan cenderung sensitif setiap kali datang bulan. Mereka jadi gampang marah, tersinggung dan mudah lelah. Biasanya, orang terdekatnyalah yang menjadi sasaran empuk. Semua yang dilakukan serba salah di mata si perempuan.

Masa menstruasi memang menjadi masa labil bagi perempuan. Seringkali emosinya berubah-ubah dan moody. Saking sensitifnya, kala ada sesuatu yang menyentuh hati perempuan, mereka jadi mudah menangis.

Situasi seperti ini tentu saja membuat pasangan menjadi bingung. Hal-hal kecil yang tak pernah dipermasalahkan, tiba-tiba jadi masalah.

Lalu, bagaimana cara menghadapi perempuan yang sensitif saat datang bulan? Tip berikut ini bisa kamu coba tatkala menghadapi pasanganmu yang mendadak super moody.

Yuk, simak ulasannya!

1Berikan Perhatian Lebih dari Biasanya

azizdesign.wordpress.com

Bagi kamu para pria, meskipun haid tidak kamu alami, ada baiknya mengetahui jadwal rutin pasanganmu kedatangan tamu bulanan. Tujuannya, supaya kamu tidak kaget ketika pasangan mendadak berubah mood dan jadi labil.

Selain itu, kalau kamu hafal siklus menstruasi pasanganmu, kamu bisa mengantisipasi kelabilan emosinya dengan cara memberikan kasih sayang lebih kepadanya.

Tatkala emosinya sedang meledak-ledak, kamu harus menenangkannya. Hindari ikut-ikutan marah saat emosi pasanganmu memuncak. Hal tersebut justru akan memperburuk keadaan.

2Jaga Perasaan Pasanganmu

duniatanpakacamata.wordpress.com

Mood perempuan yang sedang haid memang mudah berubah. Kadang baik, kadang pula berprasangka buruk. Kalau begini, kamu harus menjaga lisan dan segala tindakanmu.

Apalagi soal candaan, hati-hati ya. Jangan sampai candaanmu justru menjadi bahan pertengkaran. Mengertilah, bahwa apa yang pasanganmu alami sebenarnya bukan kehendaknya, melainkan karena pengaruh siklus haid.

3Memberikan Kejutan Kecil

newlovewallpapers.com

Perempuan yang sedang datang bulan tidak selalu menginginkan sebuah kejutan. Bisa jadi kejutanmu malah membuatnya tersinggung lalu marah. Tapi, bukan berarti kamu tidak memberikannya kejutan sama sekali ya.

Cobalah memilah, manakah kira-kira kejutan yang membuatnya bahagia. Upayakan kejutan tersebut membuatnya merasa bahwa kamu benar-benar mencintainya.

4Membantu Pekerjaannya

kataella.blogspot.com

Haid seringkali mengakibatkan nyeri hebat di perut perempuan. Kondisi tubuhnya kadang sangat lemah. Pusing yang menyerang perempuan ketika haid, kerap membuatnya tidak mampu menyelesaikan pekerjaannya.

Nah, saat seperti inilah kamu harus memberikan bantuan kepadanya. Misalnya, pasanganmu kerepotan mengerjakan pekerjaan rumah tangga karena keadaannya lemah, kamu bisa membantunya saat di rumah.

Percayalah, bantuanmu akan sangat berharga untuknya. Dia akan merasakan perhatian dan kasih sayang yang kamu berikan.

5Mengajaknya Makan Atau ke Wisata Kuliner

wisatawan.net

Percaya atau tidak, perempuan yang sedang haid akan meningkat nafsu makannya. Wajar, ketika masa itu perempuan terlihat lebih berisi alias sedikit gemuk.

Kamu tidak boleh mengomentari peningkatan nafsu makannya apalagi sampai melarangnya. Hal tersebut akan menjadi masalah jika pasanganmu tersinggung.

Sebaiknya, kamu bawa dia ke tempat wisata kuliner atau ke restoran untuk makan bersama. Dengan demikian, suasananya akan lebih menyenangkan.

6Melakukan Kegiatan Menyenangkan

femellapedia.com

Bolehlah sesekali kamu ajak pasanganmu melakukan kegiatan di luar rumah. Siapa tahu dengan kegiatan itu, perasaannya lebih riang dan terbuka.

Tapi ingat, jangan sampai kegiatan menyenangkan justru membuatnya lemas dan lelah. Sebelum mengajaknya pergi, ada baiknya kamu mendiskusikan dengan pasanganmu terlebih dahulu.

7Bersikap Sabar

pkspalembang.or.id

Apakah niat baik dan upaya kamu belum diterima baik oleh pasangan? Cara terakhir untuk menghadapinya adalah bersabar. Pahamilah bahwa kelabilan emosi pasanganmu merupakan siklus alamiah.

Jika kamu memberikan kasih sayang yang tulus kepadanya, dia pun akan memberikan hal serupa padamu. Dia juga akan lebih menyayangimu.