“Sesungguhnya zakat-zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para muallaf yang dibujuk hatinya, untuk memerdekakan budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah, dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah; dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. (QS. At Taubah: 60)

Dari ayat di atas, maka kita sebagai seorang muslim diingatkan oleh Allah untuk menunaikan zakat, sesuai dengan rukun Islam yang telah ditentukan.  Dan di ayat ini pun, kita diingatkan untuk menunaikan atau memberikan zakat kepada orang-orang yang telah ditentukan oleh Allah.

Nah, dari penjelasannya, maka kita bisa lihat bahwa ada 8 golongan orang yang berhak menerima zakat. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, maka kita bisa lihat di uraian berikut ini.

Back

1. Fakir

Salah satu penerima zakat yang pertama adalah orang fakir. Siapa saja sih yang termasuk ke dalam orang fakir ini? Orang fakir adalah orang yang sangat sengsara hidupnya. Ia tidak punya harta dan tidak berdaya untuk melakukan usaha tertentu, baik itu karena cacat atau karena lanjut usia.

Nah, jika kita menemukan orang seperti ini, maka kita bisa menyerahkan zakat kita kepada mereka.Dengan memberikan zakat kepada orang fakir, maka sesungguhnya kita pun menyelamatkannya dari kekafiran. Karena tidak jarang orang fakir pada akhirnya kafir demi sesuap nasi untuk mengisi perut mereka. Agar hal ini tidak terjadi, maka mereka perlu mendapatkan pertolongan dari uang-uang zakat kita.

fotokritik.com
Back