abiummi.com

8 Golongan yang Berhak Menerima Zakat

Posted on

“Sesungguhnya zakat-zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para muallaf yang dibujuk hatinya, untuk memerdekakan budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah, dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah; dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. (QS. At Taubah: 60)

Dari ayat di atas, maka kita sebagai seorang muslim diingatkan oleh Allah untuk menunaikan zakat, sesuai dengan rukun Islam yang telah ditentukan.  Dan di ayat ini pun, kita diingatkan untuk menunaikan atau memberikan zakat kepada orang-orang yang telah ditentukan oleh Allah.

Nah, dari penjelasannya, maka kita bisa lihat bahwa ada 8 golongan orang yang berhak menerima zakat. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, maka kita bisa lihat di uraian berikut ini.

Fakir

fotokritik.com
fotokritik.com

Salah satu penerima zakat yang pertama adalah orang fakir. Siapa saja sih yang termasuk ke dalam orang fakir ini? Orang fakir adalah orang yang sangat sengsara hidupnya. Ia tidak punya harta dan tidak berdaya untuk melakukan usaha tertentu, baik itu karena cacat atau karena lanjut usia.

Nah, jika kita menemukan orang seperti ini, maka kita bisa menyerahkan zakat kita kepada mereka.Dengan memberikan zakat kepada orang fakir, maka sesungguhnya kita pun menyelamatkannya dari kekafiran. Karena tidak jarang orang fakir pada akhirnya kafir demi sesuap nasi untuk mengisi perut mereka. Agar hal ini tidak terjadi, maka mereka perlu mendapatkan pertolongan dari uang-uang zakat kita.

Miskin

mrasyiduddin.blogspot.com
mrasyiduddin.blogspot.com

Beda fakir, beda pula dengan orang miskin. Orang miskin masih memiliki pekerjaan dan masih memiliki penghasilan. Namun penghasilannya tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan diri dan keluarganya, sehingga orang seperti ini pun perlu kita bantu dari uang zakat.

Amilin

kabkuningan.baznas.go.id
kabkuningan.baznas.go.id

Untuk mengelola zakat, baik itu mengumpulkan ataupun membagikan zakat, maka kita membutuhkan seseorang yang dengan segenap waktu dan pikirannya mengurusi hal tersebut. Oleh karena itu, mereka berhak menerima zakat, atas apa yang mereka lakukan.

Mualaf

youtube.com
youtube.com

Orang-orang yang sedang diketuk pintu hatinya untuk memeluk islam atau orang-orang yang baru memeluk islam. Maka mereka punya hak mendapatkan zakat. Hal ini perlu dilakukan agar keislaman mereka semakin kokoh dan merasakan kasih sayang dari saudara-saudaranya sesama umat Islam.

Para Budak

islamitucinta.blogspot.com
islamitucinta.blogspot.com

Walaupun zaman sekarang sudah tidak kita temukan lagi perbudakan, namun kita perlu tau bahwa uang zakat bisa kita salurkan untuk membebaskan para budak tau kalau zaman sekarang untuk membebaskan tawanan perang.

Gharimin

madanipeduli.org
madanipeduli.org

Menjadi orang yang terlilit hutang itu sangat tidak nyaman. Tidur tak tenang, bangun pun selalu merasa dikejar-kejar. Oleh karena itu, orang-orang yang seperti ini berhak menerima zakat. Baik itu orang yang berhutang untuk memenuhi kebutuhan diri dan keluarganya ataupun berhutang untuk kemaslahatan umat.

Fii Sabilillah

youtube.com
youtube.com

Orang-orang yang berjihad membela agama Allah, baik itu dalam bentuk peperangan atau pun dalam bentuk lainnya, maka ia berhak menerima zakat. Dengan begini perbekalan bagi mereka untuk berjihad dan untuk keluarganya dapat terpenuhi.

Ibnu Sabil

sambilngaji.com
sambilngaji.com

Bagi para musafir yang kehabisan ongkos dan kehabisan perbekalan, maka ia berhak menerima zakat sebesar ongkos dan perbekalan untuk ia pulang. Namun ini pun bisa diberikan jika mereka memang membutuhkan.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *