Tiada masa paling indah, masa-masa di sekolah. Tiada kisah paling indah, kisah kasih di sekolah. Pastinya kamu inget dong, potongan syair lagu tersebut. Lagu yang dipopulerkan oleh Chrisye ini sempat menjadi lagu favorit anak SMA di awal tahun 2000-an.

Momen putih abu-abu merupakan momen paling berkesan sepanjang hidup kamu. Saat masa itu kamu sedang mengalami pencarian jati diri. Masa SMA adalah peralihan dari remaja ke dewasa.

Makanya, anak SMA kadang minta dibilang dewasa, tapi tingkah lakunya kadang masih kayak remaja ABG.

Apapun itu, yang jelas masa SMA menjadi masa yang tak terlupakan. Kamu tentu punya banyak kenangan indah di sana. Mungkin saja kamu merindukan masa-masa SMA kembali. Untuk mengobati kerinduanmu,yuk nostalgia bareng.

1Seragam Putih Abu-Abu

ndhra.wordpress.com

Istimewanya masa SMA, saat kamu memakai seragam putih abu-abu. Meski hanya punya satu dua pasang, tapi kamu nggak pernah bosan memakainya. Nggak ada saingan fashion, karena sama semua pakaiannya.

Wedges dan boot dilarang dipakai di sekolah. Pasangan seragam putih abu-abu harus sepatu kets atau pantopel.

Sabuknya juga harus hitam. Nggak boleh merah, biru atau warna lainnya. Kalau kamu maksa, siap-siap saja disuruh hormat ke tiang bendera atau bersihin toilet.

Pokoknya aman banget kalau kamu pakai seragam putih abu-abu. Nggak akan yang ngeledekin kamu ketinggalan zaman, nggak ngikutin fashion atau apalah. Toh, warna seragam dan bentuknya sama semua.

2Bel Pagi dan Siang Beda Rasa

smamuhimt.lsch.id

Bel sekolah ternyata punya kekuatan yang bisa bikin kamu berubah mood seketika. Kalau bel bunyi di pagi hari, kamu langsung gemetar.

Apalagi PR kamu belum dikerjakan dan kebetulan gurunya galak. Rasanya, bel pagi itu seperti longlongan serigala. Menyeramkan.

Beda kalau bel siang yang bunyi. Hati gembira bukan main. Senangnya kayak dapat perhiasan segudang. Suara bel yang sebenarnya sudah mirip radio rusak, terdengar seperti musik india di telingamu.

3Gemetar Disuruh Maju ke Depan

jalantikus.com

Hayoo, ngaku deh, siapa yang keluar keringat dingin pas guru ngasih soal di papan tulis. Tiba-tiba kamu ditunjuk dan gemetar karena nggak ngerti cara mengerjakannya.

Kebayang, penggaris panjang di meja guru itu siap melayang ke tangan kamu atau dipukulkan ke meja. Bunyinya, sudah pasti bikin makin gemetar.

4Tidak Pernah Jera Dihukum

elibrahimy.wordpress.com

Sekolah selalu punya aturan sendiri soal kapan pintu gerbangnya ditutup supaya siswa nggak masuk. Nah, saat kamu melanggar aturan itu, hukuman pun datang kepadamu. Entah itu disuruh bersihin toilet, nyapu halaman atau bahkan disuruh lari keliling lapangan.

Bukan karena nggak bisa atau nggak mau melakukannya, tapi malunya itu lho yang nggak bisa ditahan. Apalagi kalau cewek atau cowok idaman kamu memperhatikan dari balik jendela kelas. Duh, makin malu ya (hehehe).

5Yang Cewek, Naksir Kakak Kelas Cowok

ricardo.ch

Cowok ganteng dan jago basket sering jadi incaran cewek-cewek satu sekolah. Mereka selalu menganggap keren cowok yang seperti itu. Kelihatan macho dan pemberani, katanya.

Selain itu, cewek pintar kerap jadi incaran para cowok. Apalagi kalau ditambah kecantikannya. Sudah pasti jadi primadona.

6Mengerjakan PR di Sekolah

bung-shandy.com

Lupa mengerjakan PR adalah hal lumrah yang sering dilakukan anak SMA. Padahal sih, PRnya hanya 3 sampai 5 nomor saja. Tapi, kamu seringkali malas mengerjakannya.

Akhirnya, kamu curi-curi waktu di pagi buta untuk mengerjakannya. Balapan sama guru mata pelajaran pertama. Asal contek aja, nggak ngerti benar atau salahnya.

7Pacaran Diam-Diam

nettik.net

Ngaku deh, siapa yang punya pacar tapi pacarannya diam-diam karena takut dimarahi orang tua. Masa SMA memang masa transisi, namun orang tua masih memegang kendali atas hidup dan pilihanmu. Kamu harus tetap nurut apa kata orang tua, termasuk soal pacaran.

8Ujian Nasional, Masa Tak Terlupakan

infokelulusan.wordpress.com

Menghadapi Ujian Nasional lebih menakutkan daripada menghadapi guru super galak. Kenapa? Karena di sinilah masa SMA kamu ditentukan. Tuhan turut campur tangan dalam hal ini.

Biasanya, anak-anak SMA yang tadinya nakal, mendadak tobat menjelang UN (haha..lucu ya). Yang tadinya malas beribadah, tiba-tiba rajin ke masjid atau gereja. Pokoknya lucu banget lah masa-masa ini.