Dewasa ini, kamu mungkin sering mendengar berbagai kasus anak gadis perempuan yang terjerumus di dunia hitam.

Ada yang mudah termakan rayuan gombal laki-laki, suka dugem, keluyuran malam-malam dan masih banyak lagi.

Usut punya usut, ternyata anak-anak itu mencari pelarian di luar rumah karena kekurangan kasih sayang dan perhatian orang tuanya.

Khususnya sang ayah, justru pengaruh perilaku keseharian ayah lah yang lebih banyak diperhatikan anak perempuan. Jadi, buat ayah, cobalah biasakan 10 hal ini agar anak perempuan memiliki karakter yang baik.

1Mencintai istri dengan sepenuh hati

ciricara.com

Poin pertama ini paling penting. Seorang anak perempuan akan melihat cara ayah memperlakukan ibunya. Jika ayah memperlakukan ibunya dengan penuh cinta, maka sang anak akan tersentuh hatinya.

Anak perempuan akan mendengarkan setiap yang ayah katakan kepadanya. Semua itu karena ia melihat dengan jelas, sang ayah bersikap baik dan mencintai ibunya.

Jadi, buat yang sudah beristri dan punya anak nih, cintailah istrimu dengan sepenuh hati.

2Menghargai orang lain

1.bp.blogspot.com

Ketika ayah mampu menghargai segala sesuatu yang dilakukan orang lain, sang anak yang pun demikian. Dia akan menaruh hormat pada ayahnya.

Terlebih saat ayah memperkenalkan dirinya di hadapan koleganya serta memuji kelebihannya. Sekecil apapun yang dilakukan anak, penghargaan baginya sangat penting.

Penghargaan ayah terhadap anak perempuannya akan menumbuhkan rasa percaya diri yang besar. Rasa percaya diri itulah yang mengantarkan sang anak pada kesuksesannya.

3Selalu berkata baik

tipsanakbayi.com

Mulutmu adalah harimaumu, istilah ini patut selalu diingat, khusunya untuk seorang ayah. Hati-hati jika ayah sedang jengkel dengan kelakuan anak-anak dan istrinya.

Ayah harus menghindari kata-kata kasar dan makian ketika sedang marah. Seorang ayah harus bisa menahan emosinya dan menjaga perasaan istri maupun anak-anaknya.

Ketika ayah bisa bersikap bijaksana dalam mengatasi semua masalah, anak perempuannya akan semakin hormat kepadanya.

4Suka membantu perkerjaan istri

i.huffpost.com

Kebanyakan pria gengsi melakukan pekerjaan wanita. Sebagian besar dari mereka menganggap tugas wanita bukanlah tanggung jawab mereka.

Bagi pria yang mau membantu tugas istrinya di rumah akan lebih dihormati oleh anak perempuannya.

Anak perempuannya akan menganggap pria yang menjadi ayahnya itu sebagai pahlawan. Jadi jangan sungkan ya membantu tugas-tugas istri. Misalnya, membantu memasak saat liburan, mengepel dan menyapu.

5Meluangkan waktu untuk berkomunikasi dengan anak

sketsastra.blogspot.com

Meluangkan waktu bersama anak perempuan akan membuatnya merasakan kasih sayang ayahnya.

Memang sebaiknya ayah menyempatkan diri berbicara dengan anak perempuannya. Misalnya, sekedar bertanya tentang kegiatannya seharian atau mendengarkan ide-idenya.

Dengan sikap ayah yang demikian, anak perempuan akan menganggap dirinya penting bagi ayahnya. Dia akan menyadari bahwa ayah peduli padanya.

6Membiasakan makan bersama

static2.businessinsider.com

Saat makan bersama adalah saat-saat yang baik untuk berkomunikasi dengan keluarga. Ayah bisa menanyakan keadaan anak perempuannya ketika makan bersamanya.

7Adil terhadap semua anak

taranatureepa.co.id

Bersikaplah adil kepada semua anak, baik itu anak laki-laki maupun anak perempuan. Jangan perlakukan berbeda anak laki-laki dan anak perempuan. Dengan begitu, anak perempuan akan merasa dihargai.

8Bantu sang anak ketika ia kesulitan

asset.tabloidnova.com

Anak perempuan identik dengan sikap manja. Memang, seorang ayah harus bisa bersikap tegas kepada anak perempuannya. Tapi, jika anak perempuan mengalami kesulitan, bantulah ia.

Secara tidak langsung, seorang ayah mengajarkan kelembutan hati kepada anak perempuannya. Ketika ayah menolong anak perempuannya dalam kesulitan, anak perempuan akan merasa nyaman dan dilindungi oleh ayah.