Pesawat jet seperti Airbus A320 atau Boeing 777 dapat terbang dengan kecepatan yang mencapai lebih dari 900 km/jam. Sungguh mengagumkan kemampuan terbang pesawat tersebut.

Pesawat-pesawat itu mampu melintasi negara-negara dan benua hanya dalam waktu beberapa jam saja. Namun, ternyata ada pesawat yang kecepatannya lebih tinggi.

Sayangnya, penerbangan hanya disediakan untuk operasi militer dan khusus. Bayangkan! Pesawat tersebut bisa terbang dengan kecepatan lebih dari 7000 km/jam.

Benar-benar kecepatan yang sangat tinggi. Ajaibnya, mengalahkan dua kali kecepatan suara. Wow!

Kecepatan super ini bertujuan agar dapat mendahului kecepatan terbang pesawat musuh sebelum mereka mencapai tempat tujuannya.

Pesawat-pesawat ini juga dikenal sebagai pesawat mata-mata. Dengan kecepatan terbang yang tinggi, mereka mampu mencegat musuh.

Satu-satunya pesawat berkecepatan supersonik yang menyediakan layanan penumpang komersial yakni Concorde. Ia terbang pada tahun 1976 hingga 2003 silam. Kecepatan terbangnya mencapai 2.200 km/jam.

Penerbangan dimulai dari Paris ke Rio de Janeiro hanya dalam waktu enam jam. Kecepatan terbangnya memecahkan rekor Boeing 777 yang terbang selama 12 jam.
Pembuat pesawat-pesawat tersebut adalah Amerika Serikat dan Rusia. Ingin lihat wujud pesawatnya? Intip bersama, yuk!

1X-15

architecturendesign.net

Pesawat tercepat di dunia ini buatan Amerika Utara pada tahun 1967. Pesawatnya yang dinamakan X-15 tersebut mempunyai kecepatan mencapai 7.273 km/jam.

Pesawat X-15 merupakan proyek bersama dari Angkatan Udara AS dan NASA yang meneliti cara baru untuk mencapai kecepatan yang tidak terpikirkan hingga kini.

Pesawat X-15 harus diluncurkan dari B-52 bomber untuk bisa terbang. Pesawat tersebut mendarat dengan cara yang sama seperti halnya pesawat konvensional.

2SR-71

architecturendesign.net

SR-71 merupakan pesawat pengintai yang terbang dengan kecepatan 3.540 km/jam. Pesawat ini diluncurkan oleh Angkatan Udara Amerika Serikat pada tahun 1964.

Setelah itu pesawat tersebut digunakan oleh NASA untuk terbang pada ketinggian yang sangat tinggi. NASA menggunakannya hingga tahun 1999.

3YF-12

architecturendesign.net

Pesawat YF-12 adalah pesawat prototipe untuk mencegat yang digunakan Angkatan Udara Amerika Serikat. Kecepatan terbangnya mencapai 3.661 km/jam.

Sayangnya proyek penerbangannya dibatalkan karena biaya operasinya sangat tinggi. Selanjutnya, biayanya digunakan untuk membuat pesawat mata-mata SR-71.

4MIG-25

architecturendesign.net

MIG-25 adalah pesawat yang ditakuti oleh negara bekas Uni Soviet. Pertama kali diterbangkan tahun 1964. Kecepatannya mencapai 3.400 km/jam.

Pesawat MIG-25 merupakan pesawat tercepat yang masih bertahan hingga kini. Pesawat ini masih aktif digunakan oleh angkatan udara Aljazair, Azerbaijan, dan Suriah.

5Bell X2

architecturendesign.net

Pesawat Bell X-2 merupakan evolusi dari pesawat X1. Pesawat ini adalah pesawat pertama yang mengalahkan kecepatan suara pada tahun 1947.

Tahun 1955, saat pesawat tersebut diterbangkan, kecepatannya mencapai 3.370 km/jam. Setelah itu, banyak pesawat berkecepatan tinggi diproduksi di Amerika Serikat.

6XB-70 Valkyrie

architecturendesign.net

Merupakan pesawat prototipe bomber yang terbang pada tahun 1964. Kecepatanya 3.300 km/jam. Pembuatan pesawat XB-70 Valkyrie memakan biaya cukup tinggi. Terlebih setelah kasus kecelakaan, proyek pembuatannya kemudian dihentikan.

Namun, hingga kini, militer Amerika Serikat berusaha mengembangkan pesawat yang sama dengan kecepatan lebih tinggi.

7MIG-31

architecturendesign.net

Merupakan evolusi dari MIG-25 dan MIG-31. Kecepatananya mencapai hingga 3.030 km/jam.

Pesawat ini memiliki sistem radar yang paling kuat yang pernah digunakan oleh pesawat tempur. Radarnya mampu melacak pesawat lain pada jarak dari lebih dari 400 km.

Pesawat MIG-31 diluncurkan pada tahun 1975 dan saat ini dioperasikan oleh Angkatan Udara Rusia dan Kazakhstan.

8F-15 Eagle

architecturendesign.net

Pesawat F-15 pertama kali diterbangkan pada tahun 1972 dan mencapai kecepatan 2.665 km/jam. Disebut sebagai pesawat tempur terbaik di dunia hingga hadirnya pesawat buatan Rusia yakni Su-27.

Pesawat ini merupakan pesawat yang digunakan angkatan udara Amerika Serikat, Jepang, Israel, Korea Selatan, Singapura, dan Arab Saudi.