source: www.webanywhere.co.uk

8 Shortcut Rahasia Pada Keyboard yang Bakal Memudahkan Pekerjaanmu

Posted on

Komputer sudah tak bisa dilepaskan dalam keseharian. Meski gadget sudah sangat canggih, namun kebutuhan komputer tetap penting.

Apalagi untuk urusan pekerjaan. Rasanya di dunia modern ini semua pekerjaan bisa dikerjakan lewat komputer.

Sebagai pengguna komputer, mungkin kita hanya tahu hal-hal yang mendasar saja. Kita hanya menggunakan komputer sebatas sesuai dengan kebutuhan kita saja. Tanpa pernah tahu dan mau untuk mengenali manfaat lain dari komputer.

Jika kita perhatikan dengan lebih teliti, sebenarnya ada banyak hal yang bisa dioptimalkan dalam penggunaan komputer kita.

Yang paling mudah adalah penggunaan keyboard dan mouse. Sebenarnya ada banyak trik dalam penggunaan keduanya yang bisa mempersingkat pekerjaan.

Jika kita tahu seluk beluknya, kita akan menemukan rahasia beberapa tombol dalam keyboard dipadu dengan klik pada mouse yang jarang diketahui orang.

Apa saja shortcut rahasianya?berikut pembahasannya.

Klik Tengah

source: en.wikipedia.org
source: en.wikipedia.org

Kita mengenal klik kiri dan klik kanan. Namun apa itu klik tengah. Klik tengah adalah klik pada bagian yang digunakan untuk scroll.

Ternyata klik tengah memiliki beberapa fungsi. Utamanya jika digunakan dalam membuka browser. Klik tengah bisa langsung menutup tab browser tanpa harus klik “x”.

Klik tengah juga akan langsung membuka link pada new tab. Klik tengah juga akan langsung membuka seluruh website yang tersimpan pada suatu folder bookmark.

Caranya adalah auto-scroll dengan cara klik tengah di sembarang tempat, lalu gerakan cursor ke bawah atau atas. Maka halaman website akan ter-scroll ke bawah atau atas.

Kuasa klik tengah tidak terbatas pada browser saja. Pada sistem operasi windows, klik tengah memiliki beberapa fungsi.

Klik tengah bisa bembuka window baru pada suatu aplikasi. Asalkan kamu sudah membuka 1 explorer dan ingin membuka window explorer baru. Caranya cukup klik tengah pada icon Windows di taskbar kamu.

Tombol “Windows” + S

source: www.gcflearnfree.org
source: www.gcflearnfree.org

Tombol Windows + S berfungsi untuk membuka search bar pada sisi kanan layar. Shortcut ini sangat penting, terutama di Windows 8.

Dengan shortcut ini, search bar di sebelah kiri akan muncul. Setelah itu kamu bisa langsung mencari aplikasi yang ingin kamu buka.

Tidak hanya aplikasi, fungsi search pada Windows 8 termasuk, online search via Bing.com dan Microsoft Store juga mencari file yang ada pada komputer kamu.

Alt+Tab, Alt+Shift+Tab, Ctrl+Tab, Ctrl+Shift+Tab

source: wind8apps.com
source: wind8apps.com

Shortcut-shortcut di atas berfungsi untuk berpindah antar aplikasi dengan menggunakan keyboard secara berurutan ke kanan.

Selain alt+tab, ada juga ctrl+tab yang memungkinkan kamu berpindah tab pada browser ke kanan.

Dengan ditambah shift maka kamu bisa berpindah tab atau window aplikasi secara berurut ke kiri.

Tombol Windows+X

windows-Xp-shortcut-keys-keyboard

Pengguna Windows 8 pasti merasa kesulitan untuk mematikan komputernya. Dengan tombol Windows+X bisa memudahkan operasi tertentu terutama untuk mematikan, restart, sleep, dan log out komputer kamu.

Selain itu, juga terdapat fungsi lain dengan tombol Windows+X seperti membuka control panel, command prompt, device manager, dan sebagainya.

Tombol Windows+D

www.gcflearnfree.org
www.gcflearnfree.org

Tombol ini berguna untuk kembali ke desktop dengan cepat. Tanpa kamu harus meminimize semua aplikasi. Jika ingin membuka aplikasi di desktop cukup menekan Windows+D.

Kamu bisa lebih cepat dibandingkan harus satu-satu menutup laman aplikasi dan browser yang terbuka.

Alt+D, Alt+Enter

source: oh365eh.itgroove.net
source: oh365eh.itgroove.net

Shortcut ini digunakan untuk browser. Dengan alt+D, browser akan langsung mengarah ke address bar dan kamu bisa langsung memasukkan alamat website yang ingin kamu buka.

Alt+enter akan memudahkan kamu membuka suatu website. Contohnya jika kamu ingin membuka google, tidak perlu repot ketik “google.com”. Kamu bisa ketik “google” saja lalu tekan alt+enter, maka browser akan langsung mengarahkan ke google.com

Ctrl+W, Alt+F4

www.ptbooth.com
www.ptbooth.com

Sebagai pilihan dari klik tengah, shortcut ctrl+w bisa langsung menutup tab browser yang sedang kamu buka. Di sisi lain, alt+F4, memudahkan kamu untuk menutup window aplikasi tanpa harus mencari dan klik tombol “x”.

 

Tombol Windows+Print Screen

www.captainkz.com
www.captainkz.com

Untuk kamu yang menggunakan Windows 8, shortcut ini akan mengambil tangkapan gambar atau screenshot dari aktivitas komputer kamu. Semua hasil screenshot akan tersimpan pada folder Pictures/Screenshots.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *