Kamu hobi traveling dan sudah menjajal semua objek wisata di Indonesia? Mulai dari pegunungan, pantai, hutan hingga pulau mungkin sudah kamu datangi semua.

Tapi, sudahkah kamu pernah menginjakkan kaki ke taman nasional yang keren di Indonesia? Ada sekitar 45 taman nasional di Indonesia loh.

Coba yuk, kamu kunjungi taman nasional yang kami ulas berikut ini. Niscaya kamu nggak akan pernah menyesal jadi orang Indonesia.

1Taman Nasional Gunung Leuser

nonikhairani.com

Merasakan sensai cagar biosfer UNESCO. Gak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk traveling. Kunjungi salah satu taman yang ditetapkan UNESCO sebagai cagar biosfer ini.

Saking banyaknya keanekaragaman hayati, kamu harus lihat hal-hal menakjubkan disini. Taman ini terdiri dari ekosistem hutan pantai, pegunungan, hutan hujan tropis dataran rendah dan flora fauna yang menarik hati.

Di sini, kamu bisa tracking ke dalam hutan sambil sesekali melihat pemandangan air terjun dan sungai. Bahkan, enaknya jika kamu beruntung, kamu bisa lihat gajah Sumatera dan Orang Utan.

Kamu juga bisa menemukan badak Sumatera, Siamang, harimau Sumatera, hingga kambing hutan. Usahakan datang ke taman ini dari Juni-Oktober. Pasalnya, bulan tersebut merupakan musim kunjungan terbaik.

2Taman Nasional Way Kambas

travelzmania.blogspot.com

Kamu bisa menjinakkan 200 gajah. Wah, kamu pasti sering mendengar taman yang satu ini. Terletak di Kabupaten Lampung Tengah, taman nasional ini memiliki luas 12.621 hektar.

Di sini tempatnya ekosistem hutan dataran rendah yang terdiri dari hutan rawa air tawar, padang alang-alang hingga hutan dan pantai.

Di sini juga kamu dapat mengunjungu pusat latihan 200 ekor gajah yang didirikan sejak 1985. Selain itu, kamu juga bisa berkemah di Way Kanan.

Kamu juga bisa mengunjungi pusat penangkaran badak di Kuala Kambas. Musim kunjungan terbaik pada Juli hingga September.

3Taman Nasional Ujung Kulon

travelzmania.blogspot.com

Pulau Peucang menjadi gerbang Taman Nasional Ujung Kulon. Biasanya, pulau ini dikunjungi pertama kali oleh wisatawan selain pulau-pulau di kawasan taman nasional lainnya.

Pantai ini sangat indah dengan pasirnya yang putih. Kamu juga bisa menyusuri hutan dan menemukan monyet hingga babi berkeliaran bebas di pinggir pantai.

Taman yang ditetapkan sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO tahun 1991 ini menjadi taman pertama yang diresmikan oleh pemerintah Indonesia.

Tempat ini menjadi habitat asli badak Jawa yang jumlahnya semakin berkurang. Cobalah berkunjung pada April sampai September karena merupakan musim kunjungan terbaik.

4Taman Nasional Kepulauan Seribu

lutfi-fpk11.web.unair.ac.id

Buat Warga Jakarta, cobalah nikmati keelokan panorama Taman Nasional Kepulauan Seribu. Terletak di 45 km sebelah utara Jakarta.

Taman nasional ini menjadi pusat kawasan pelestarian bahari di Indonesia. Bayangkan, terdapat 78 pulau besar atau kecil yang tingginya tak lebih dari 3 mdpl.

Nikmati kekanyaan bawah laut Kepulauan Seribu. Mulai dari54 jenis kerang keras/lunak, 2 jenis kima, 3 kelompok ganggang, 6 jenis rumput laut, 144 jenis ikan, dan 17 jenis burung pantai.

Selain itu, Taman Nasional Kepulauan Seribu juga menjadi tempat peneluran penyu sisik dan penyu hijau yang tergolong satwa langka. Kunjungi taman ini di bulan Maret sampai Mei.

5Taman Nasional Baluran

balurannationalpark.web.id

Mau ke padang rumput terluas di Pulau Jawa? Datanglah ke Taman Nasional Baluran. Terdapat Savana Bekol, yang disebut-sebut sebagai padang rumput terluas di Pulau Jawa.

Letaknya di Situbondo tapi kamu akan merasakan sensasi Afrika. Hamparang padang sabana dengan satwa berkeliaran bisa ditemui disini.

Kamu bisa melihat banteng, rusa, kijang atau burung merak. Terdapat 444 jenis tumbuhan, 26 jenis mamalia, dan 155 jenis burung di Taman Nasional Baluran. Musim kunjungan terbaik adalah Maret sampai Agustus.

6Taman Nasional Komodo

paradiseintheworld.com

Hewan purba yang satu ini memang hanya hidup di Pulau Komodo, Flores, NTT. Makanya, kamu gak akan menyesal ke sini. Selain dapat melihat komodo, terdapat pula padang savana yang luas.

Taman nasional ini terdiri dari tiga pulau besar yakni  Pulau Rinca, Pulau Komodo, dan Pulau Padar. Selain itu, ada pula sekitar 26 pulau-pulau kecil dengan 11 buah bukit dan gunung.

Komodo sangat suka tinggal disini karena suhu yang cukup panas. Ingin berkunjung ke sini? Datanglah di bulan Maret-Juni atau Oktober-Desember.

7Taman Nasional Tanjung Puting

www.jayanjayan.com

Di lokasi ini, merupakat pusat rehabilitasi orang utan pertama di Indonesia. Letaknya di Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin, Provinsi Kalimantan Tengah.

Kamu bisa mencapai lokasi ini melalui jalur darat atau laut. Sementara lokasi rehabilitasi orang utan terdapat di Tanjung Harapan, Pondok Tanggui, dan Camp Leakey.

Kamu bisa melihat secara langsung orang utan asli Kalimantan tanpa ekor dengan bulu yang kemerahan. Kunjungi taman nasinal ini pada Juni-September.

8Taman Nasional Bunaken

banuajicipta.blogspot.com

Kamu pasti sudah sangat sering mendengar taman yang satu ini. Kekayaan baharinya tidak perlu dipertanyakan lagi.

Taman ini menjadi perwakilan ekosistem perairan tropis di Indonesia yang terdiri dari ekosistem hutan bakau, terumbu karang, dan ekosistem daratan atau pasir.

So, cobalah kamu menikmati keindahan bawah laut Bunaken. Di tempat ini, tercatat ada 13 genera karang hidup, 91 jenis ikan, berbagai jenis molusca dan kima raksasa.  Kunjungi dari Mei hingga Agustus.