Paris tidak hanya terkenal dengan Menara Eiffel-nya saja, tetapi juga punya sebuah kanal di tengah kota. Kanal tersebut dikenal dengan nama Kanal Saint Martin. Merupakan salah satu distrik paling ekslusif dan bergaya di Kota Paris.

Kanal Saint Martin beralamat di 10 Arrondissement dan menyimpan banyak sekali benda-benda jadul. Kamu pasti terkesima kalau masuk ke dalamnya.

Pengurasan dilakukan dilakukan pertama kali 15 tahun lalu dan kembali dikuras pada awal tahun 2016 sekarang. Air dalam kanal disurutkan secara total. Setelah disurutkan, terlihatlah benda-benda yang terpendam di dasar kanal.

Benda-benda tersebut diantaranya, radio, kamera, ponsel, bangkai sepeda, dan motor yang sudah jadul banget, guys. Ada juga benda-benda yang tak berbentuk lagi, semacam rongsokan.

Keberadaan benda-benda itu sebenarnya bukan hal baru karena dulunya area dasar Kanal Saint Martin terkenal dengan dunia malamnya. Tidak hanya turis lokal saja yang bertandang, tetapi juga turis mancanegara.

Ditemukannya benda-benda langka tersebut membuat penduduk menyalahkan peningkatan popularitas daerah Kanal Saint Martin.

Kanal dikuras dengan mengosongkan 90.000 meter kubik air, memperbaiki empat kunci ganda dan menghabiskan biaya 9,5 juta euro.

Selama tiga bulan ke depan, air dalam kanal akan terus dikuras. Kini sedang pada tahap pertama. Air dikuras dengan menyisakan 50 cm dari dasar kanal. Luar biasa ya, guys!

Beberapa tindakan yang dilakukan ketika menguras air kanal, yakni mengambil sampah, memindahkan ikan-ikan dalam kanal dan mengangkat benda asing.

Selama masa pengurasan, para pekerja berhasil memindahkan 4,5 ton ikan.

Ikan-ikan yang dipindahkan itu terdiri dari ikan trout, mas dan jenis ikan tawar lainnya. Ikan dipindahkan ke bagian lain dalam kanal. Pekerja diberikan waktu tiga hari untuk menyelesaikan pemindahan ikan.

Targetnya pada tanggal 7 Januari 2016, kanal sudah benar-benar kering dari air. Mungkin cukup sulit dan menjadi tantangan untuk para pekerja.

Memindahkan ikan bukanlah hal mudah karena pasti ikan-ikan tersebar ke sana kemari. Apalagi dibutuhkan fisik yang lebih tatkala menyelam ke dasar kanal.

Penggagas Kanal Saint Martin adalah Napoleon Bonaparte. Kamu pastinya tidak asing dengan sosok yang satu ini. Tahun 1804, ia membuat komisi khusus untuk pembuatan kanal. Tujuan pembangunan kanal yakni untuk menyediakan air segar untuk kota.

Tapi, ketika memasuki era modern, kanal tersebut dirusak dengan adanya kehidupan malam dan daerah sekitarnya. Kanal jadi tampak kumuh dan tercemar.

Secara khusus, Deputi Walikota Divisi Lingkungan Hidup, Celia Blauel, menghimbau kepada penduduk Paris agar menjaga kebersihan kanal setelah pengurasan.

Ia berkata bahwa jika tidak seorang pun membuang sesuatu ke dalam kanal, maka beberapa tahun ke depan, orang-orang akan bisa berenang di airnya sebagaimana kota di Eropa lainnya.

Penasaran kan seperti apa benda-benda yang ada di dasar Kanal Saint Martin? Yuk, lihat foto-fotonya berikut ini.

1Bangkai Sepeda di Dasar Kanal

ngonoo.com

Aneh mungkin ya? Bagaimana bisa sepeda ini nyasar ke dasar kanal? Ya,mungkin saja, akibat dari perbuatan manusia yang suka membuang barang rongsokan sembarangan.

2Ada Kursi Juga

ngonoo.com

Wajarlah kalau di sini ada kursi karena dulunya bekas tempat hiburan malam. Pasti kursi ini yang digunakan orang-orang pada masanya.

3Sepeda dan Troley Supermarket

ngonoo.com

Tidak mungkin benda yang satu ini berasal dari zamannya Napoleon Bonaparte. Jelasnya, benda semacam ini hanya ada di era modern.

4Smartphone Juga Ada

ngonoo.com

Kalau smartphone sih jelas punya manusia modern. Napoleon belum mengerti benda semacam ponsel ini.

5Motor Sebesar Ini Amblas di Kanal

ngonoo.com

Keren ya, motor sebesar ini bisa masuk ke dasar kanal. Barangkali pemiliknya sudah tidak menginginkannya lagi. Tapi, lumayan lho, kalau dijual ke juragan rongsokan.

6Ikan-Ikan Dipindahkan Oleh Petugas

ngonoo.com

Petugas sedang bersemangat memindahkan ikan-ikan di dasar kanal. Mereka hanya diberi waktu tiga hari lho, guys.

7Kamera Antik

ngonoo.com

Kamera ini pantas masuk museum, guys. Lumayanlah, sebagai dokumentasi bahwa zaman jadul itu pernah ada.

8Radio Jadul

ngonoo.com

Bahkan radio jadul pun nangkring di dasar kanal. Setidaknya radio tersebut membuktikan ketenarannya pada masa itu.

9Motor Matic

ngonoo.com

Benda terakhir adalah motor matic. Duh, ini motor zaman kapan ya? Kok bisa nyasar juga ke sini.