Menonton film dapat menjadi aktifitas yang menyenangkan sekaligus menghibur bagi siapapun. Kamu dapat menjadikan aktifitas ini momen yang tepat untuk berkumpul dan menjalin ikatan bersama keluarga.

Tempat untuk menikmatinya pun beragam. Kamu bisa mengajak keluargamu menonton film di bioskop atau di rumah.

Aktifitas ini selain berfungsi untuk membuat waktumu bersama keluarga semakin dinamis, juga dapat menjadi sarana edukasi serta untuk menginspirasi anak-anak kita. Gelak tawa, sedih haru dan pelajaran berharga akan tersimpan dalam benak anak-anak hingga hari esok.

Berikut ini ragam film yang wajib kamu tonton bersama keluarga.

1Frozen

njai.org

Film animasi dengan konsep musikal ini dapat membuat kamu dan anak-anak menjadi semakin dekat lho. Banyak lagu yang mudah diingat dan dinyanyikan anak-anak setelah menonton film ini.

Kisah yang terkandung di dalamnya juga menyiratkan pesan moral untuk menjaga persaudaraan dengan hidup rukun.

2Wadjda

dvd.box.sk

Berlatar kehidupan seorang anak perempuan yang hidup di Arab Saudi. Anak ini menginginkan sebuah sepeda angin namun tidak dikabulkan oleh orangtuanya. Hingga akhirnya gadis ini melakukan banyak hal untuk memperoleh sepeda yang diinginkannya itu.

Salah satu sisi menarik dari film ini saat tokoh utamanya memenangi sebuah kompetisi dengan hadiah yang tidak sedikit. Justru hadiah yang didapatkannya didonasikan sepenuhnya kepada yang lebih membutuhkan. Yaitu anak-anak di Palestina.

Anak-anak memang jauh lebih mudah belajar dengan melihat anak lain yang sebayanya. Melalui film ini, banyak hal positif yang dapat diambil oleh mereka. Salah satunya belajar kemandirian sejak dini.

3Gravity

strangenotions.com

Cocok ditonton bagi anak-anak yang telah berusia 14 tahun ke atas. Film ini menampilkan petualangan yang menegangkan dan seru.

Walau berlatar luar angkasa, film ini menceritakan perjuangan hidup para tokoh di alam liar setelah terselamatkan dari bencana besar. Tokoh utama bernama Stone digambarkan mengalami kekosongan pikiran, kegigihan, pelatihan dan improvisasi dihadapan isolasi yang mematikan.

4Monsters University

escapepod.org

Seluruh tokohnya adalah sosok monster animasi yang dikemas dalam tampilan mengggemaskan. Banyak hal berharga yang dapat diambil sebagai pelajaran oleh anak-anak. Seperti kompetisi, persahabatan, kesabaran, keuletan dan strategi.

5Despicable Me & Descipable Me 2

newanime.wapka.mobi

Tentunya banyak yang sudah tahu film yang satu ini. Sosok minions yang begitu mengggemaskan bisa menjadi hiburan yang layak ditonton bersama keluarga. Bukan hanya anak-anak, orang dewasa pun gemas dengan sosok imut berkulit kuning ini.

6The Short Game

golfnation.nl

Bergenre film dokumenter yang menceritakan tentang kehidupan para pemain golf profesional anak-anak. Dimulai dari waktu 6 bulan sebelum kompetisi 2012 World Championships dimulai. Para atlet yang menjadi tokoh didalamnya berasal dari 4 negara yang berbeda.

Mereka berasal dari Paris, Manila, Johannesburg dan Shenzhen. Banyak hal seru dan menginspirasi yang dapat menjadi pelajaran berharga bagi anak-anak.

7The Croods

organicawater.com

Walau sang sutradaramemilih latar belakang kehidupan pra sejarah, namun banyak hal lucu dan menggemaskan bisa dinikmati di film ini. Pelajaran yang dapat diambil tentang cara menghargai hubungan di dalam keluarga dengan saling mengasihi.

8The Painting

yotube.com

Film animasi ini menyajikan adegan-adegan unik dan lucu yang cocok ditonton bersama keluarga.

9The Boook Thief

coveringmedia.com

Film ini termasuk dalam kategori remaja. Bila kamu mengajak anak-anak ikut serta menontonnya, perlu pendampingan penuh selama film diputar.

Karena berlatar belakang era Nazi di Jerman, sehingga pendampingan penuh berkaitan dengan pengetahuan sejarah Nazi juga perlu dilakukan agar tidak timbul salah paham pada anak-anak dan remaja yang sedang menonton bersamamu.