Waktu terus berputar, tak terasa detik-detik pergantian waktu mengantarkan kita kembali ke bulan kemuliaan, yaitu bulan Ramadan. Di bulan penuh ampunan dan penuh berkah ini, maka kita akan merasakan sensasi religius yang begitu besar dan menggelora.

Selain sensasi religius, kita pun akan merasakan sensasi lainnya yang menjadi pernak-pernik cerita selama Ramadan. Pernak-pernik inilah yang akan membuat Ramadan kita menjadi semakin berwarna, apalagi jika kita menjalani hari-hari Ramadan di tanah air tercinta.

Seseru apa sih menjalani Ramadhan di tanah air?

Bertahun-tahun tinggal di Indonesia, tentunya kita pernah merasakan keunikan-keunikan dan fenomena yang kerap terjadi selama bulan Ramadan. Baik itu yang menyangkut ibadahnya, makanan berbuka, hingga aktivitas yang biasa dilakukan di bulan Ramadan. Dan tentunya semua ini hanya akan kita rasakan di Indonesia.

Penasaran pernak-pernik dan keseruannya seperti apa? Jika iya, langsung kita lihat bersama yuk!

1. Cucurak

DSC_0011
kinderbogor.blogspot.com

Keseruan Ramadan di tanah air sudah sangat terasa sebelum kita memasuki bulan ini, tepatnya sebelum kita menjalankan ibadah puasa. Biasanya, masyarakat di beberapa daerah punya tradisi untuk makan bersama sebelum memasuki bulan Ramadan.

Dan yang menjadikannya lebih seru, karena aktivitas makan bersama ini punya nama, misalnya saja di daerah Jawa Barat. Masyarakat Jawa Barat biasa menyebut aktivitas makan bersama sebelum Ramadan ini dengan istilah cucurak. Inti dari acara ini tentunya bukan pada prosesi makannya semata, namun kebersamaan menjadi tujuan yang lebih utama.

Nah, kalau di Jawa Barat  istilahnya cucurak, bagaimana dengan di daerah kamu?

2. Iklan Sirup Berseliweran di Layar Kaca

maxresdefault
youtube.com

Walaupun katanya setan-setan dibelenggu selama Ramadan, namun kita perlu tetap waspada dengan gangguan lain yang akan menggoyahkan dan melemahkan ibadah puasa kita. Salah satu penggoda yang paling berbahaya, apalagi saat matahari sedang berada di atas kepala, adalah iklan sirup.

Kenapa iklan sirup menjadi berbahaya di bulan Ramadan?

Yang membuat iklan ini sangat berbahaya, karena iklan ini akan terus menerus ditayangkan di berbagai stasiun TV selama Ramadan, terutama siang hari. Dan yang membuatnya lebih berbahaya lagi, yaitu ketika iklan sirup ini berkolaborasi dengan pedagang es batu.

Kebayang kan betapa tergodanya kita dengan sirup yang warnanya terang menyala, ditambah penampakan es batu yang begitu segar? Kalau di hari biasa, mungkin hal seperti ini biasa saja sensasinya. Tapi, bagaimana kalau saat kita sedang berpuasa? Mau tau sensasinya seperti apa? Jika mau, kamu bisa nongkrong di depan TV saat siang hari.  Saat iklan sirup lewat di depan mata, maka saat itu juga kamu akan tau bagaimana sensasi berbahayanya iklan ini.

3. Masjid-Masjid Menjadi Ramai

shalattarawih
mirajnews.com

Fenomena yang paling membahagiakan saat Ramadhan, yaitu ketika kita melihat fakta bahwa masjid-masjid menjadi ramai, terutama saat hari-hari pertama puasa. Di bulan ini, semua berlomba-lomba memperbanyak ibadah dan melakukan sholat Tarawih bersama. Semangat beribadah ini, tidak hanya dirasakan oleh orang dewasa saja, anak-anak pun sangat antusias untuk ikut kedua orang tuanya pergi ke Masjid.

4. Banyak Orang Tua Mencari Masjid Ramah Anak

anak2-dilarang-ke-masjid
nasrudin.web.id

Bulan Ramadan merupakan bulan yang sangat tepat untuk mengajarkan dan membiasakan anak beribadah, mulai dari latihan berpuasa, hingga berlatih sholat berjamaah di Masjid. Namun sayangnya, di Negeri ini masih banyak Masjid yang tidak ramah kepada anak-anak.

Kenapa Masjid tidak ramah kepada anak?

Saat anak-anak berada di Masjid, biasanya mereka sering kena omelan atau teguran dari jamaah dewasa yang sama-sama berada di Masjid tersebut. Pasalnya, anak-anak suka bercanda atau bermain saat sholat sedang berlangsung.

Di satu sisi anak-anak butuh contoh beribadah yang bisa ditiru, namun di sisi lain mereka tidak diterima di Masjid selayaknya anak-anak, yaitu sebagai jamaah yang masih anak-anak, yang belum bisa mengendalikan diri, yang masih punya kebutuhan bermain yang tinggi, dan butuh dinasehati dengan kelembutan, bukan dengan gertakan, apalagi cacian.

5. Pemburu Takjil Bermunculan

0003UPEBD1F70A08862492original
id.openrice.com

Fenomena unik lainnya yang akan kita temui saat Ramadan di Indonesia adalah kemunculan para pemburu takjil. Biasanya para pemburu takjil ini sudah berkumpul di masjid-masjid tertentu, jauh sebelum adzan Magrib berkumandang. Tujuannya tidak lain supaya mereka tidak kehabisan takjilnya.

Siapakah para pemburu takjil ini?

Mungkin awalnya kita menganggap bahwa para pemburu takjil ini adalah gelandangan ataupun orang miskin yang kesulitan untuk makan. Namun ternyata, yang menjadi pemburu takjil itu beraneka ragam latar belakangnya, bisa itu musafir, orang miskin, ataupun mahasiswa yang sengaja mengincar Masjid tertentu yang hidangan takjilnya enak-enak. Lumayan kan, bisa irit uang makan untuk ongkos pulang mudik saat lebaran.

6. Gerbong Kereta Berasa Seperti Pesantren di Bulan Ramadan

membaca-Al-Quran_01
abiummi.com

Jika selama ini kita menganggap bahwa gerbong kereta adalah tempat yang menyeramkan, penuh sesak, dan diisi oleh penumpang yang di kepalanya dipenuhi beraneka macam permasalahan hidup, maka saat Ramadan kita akan menemukan hal yang berbeda.

Saat Ramadan, gerbong-gerbong ini akan berubah menjadi tempat yang tidak ubahnya seperti pesantren. Pasalnya, banyak penumpang yang membawa Alquran dan membacanya selama perjalanan hingga sampai ke stasiun tujuan.

7. Ngabuburit

keep-ngabuburit-and-nunggu-buka-puasa
keepcalm-0-matic.co.uk

Waktu yang paling terasa menyiksa dan paling berkesan adalah waktu menunggu berbuka. Di waktu-waktu ini, kita seperti merasakan bahwa jarum jam sangat lambat perputarannya. Dan perasaan seperti ini membuat kita merasa semakin tersiksa.

Nah, untuk mengurangi perasaan tersiksa saat menunggu, maka banyak dari masyarakat yang menyibukkan diri dengan beragam aktivitas, yang diberi nama ngabuburit. Aktivitas selama ngabuburit tentunya sangat beragam, ada yang mengisinya dengan Tilawah, jalan-jalan sore, dan ada juga yang hanya menunggu dengan menonton sinetron Ramadan di layar kaca. Intinya sih, supaya waktu terasa cepat berlalu, dan tidak terasa adzan Magrib pun berkumandang.

8. Buka Bersama Menjadi Ajang Silaturahmi

1373812733216355857
forum.rajamobil.com

Saat bulan Ramadan, maka banyak orang akan dibanjiri dengan undangan buka bersama. Baik itu dari tempat kerja, teman sekolah dari SD hingga kuliah, tetangga satu komplek, teman di komunitas dan lain sebagainya. Dan acara buka bersama ini menjadi salah satu ajang silaturahmi untuk lebih mempererat ukhuwah.

9. Kolak dan Timun Suri

timun-suri-3
astaga.com

Ngomong-ngomong soal Ramadan di Indonesia, maka amatlah tidak lengkap jika kita tidak membahas makanannya. Dan makanan yang mendadak booming di antaranya adalah kolak dan timun suri. Jadi jangan heran jika banyak ibu di rumah memasak kolak dan jangan heran jika sepanjang jalan kita akan menemui pedagang timun suri sedang menjajakan dagangannya.