9 Hal yang Kerap Kali Dilupakan Orang Indonesia Jelang Bulan Puasa. Bagaimana Denganmu?

Sudah masuk bulan puasa nih. Eits, ternyata ada 10 hal yang kerap kali dilupakan sama orang Indonesia menjelang bulan puasa lho. Nah, kamu lupa juga atau ngga?

Maaf-maafan

kiki widyasari saling memaafkan
pro.pengusahamuslim.com

Kebanyakan orang berfikir maaf-maafan itu nanti ketika lebaran alias ketika bulan puasa sudah berlalu. Padahal kita dianjurkan bermaaf-maafan menjelang bulan puasa lho.

Dengan melakukan hal ini, kamu bisa menjalani puasa dengan tentram dan tenang.

Ngelunasin Hutang Puasa Tahun Lalu

55945951a81bb7e1088b4568
www.buzzertweet.com

Jangan sampai deh kamu masih bawa-bawa hutang puasa tahun lalu, ada kalanya kamu wajib ngelunasin hutang puasamu sebelum bulan puasa biar nggak numpuk nantinya.

Padusan

1207-Tradisi-Padusan_sur-_6_
events.goindonesia.com

Padusan adalah budaya di Indonesia yang kerap kali dilupakan. Memang sih, padusan cuma tradisi dari kepercayaan tiap daerah saja. Banyak orang yang ngelakuin gini di kolam renang, pantai, danau sungai atau tempat-tempat air lainnya.

Tapi kalau kamu nggak mau ribet, kamu bisa kok berendam di bak mandi rumahmu. Yang penting niat kan?

Nyekar

A52ADD72-8F02-4763-9AB5-26DD5FCA5C05_cx0_cy12_cw0_mw1024_s_n_r1
www.voaindonesia.com

Sama seperti padusan, tradisi nyekar emang udah membudaya, tradisi ini cuman mendoakan sanak keluarga yang telah meninggal duluan.

Yang penting jangan sampai kebalik minta berkah dari orang yang udah meninggal ya, soalnya kalau ini udah masuk ke ranah syirik.

Makan-makan

Keberkahan-Bersama-Adab-Adab-Ketika-Makan
www.radiokita.or.id

Hmm, padahal ini suatu aktifitas yang menyenangkan ya? Kok bisa dilupakan?

Ada baiknya kamu mengajak sanak famili atau rekan dan sahabatmu untuk makan-makan sebelum bulan puasa. Karena nanti ketika puasa tiba kamu akan sibuk dengan ibadah sampai lebaran.

Jajan di Siang Hari

cymera_20150605_221004
fasyaulia.wordpress.com

Besok pas udah masuk puasa, kamu nggak bakalan punya kesempatan buat jajan atau minum es dengan puas di siang hari.

Kalau pas lagi ada halangan puasa sekalipun buat yang cewek-cewek, tetep aja nggak enak kan kalau jajan di depan umum? Udah gitu banyak tukang jualan dan warung yang tutup di siang hari pas bulan puasa. Jadi kapan lagi jajan sepuasnya di siang hari kalau nggak sekarang?

Nabung

mengatur-gaji-itu-mudah-nabung-di-bii-yuk
www.merdeka.com

Kegiatan selama bulan puasa seperti buber bareng temen dsb juga butuh biaya, buat jaga-jaga agar kamu nggak tekor ada kalanya kamu perlu menabung dari awal, selain itu tabunganmu juga bisa buat bagi-bagi angpau ke sepupu-sepupu dan ponakan. Iya kan?

Menyiapkan Niat dan Memperbanyak Ibadah

niat
mahad-aly.sukorejo.com

Tobat aja nggak cukup kalau kamu nggak memperbanyak ibadah. Semakin sering kamu beribadah, baca surah Al-Quran dsb bakalan bikin puasa kamu makin khusyuk, tenang dan nggak kepikiran yang aneh-aneh.

Bersiap Meninggalkan Maksiat

orangtua-maksiat
dkmnurulilmiapi.blogspot.com

Nah lho buat demen berbuat hal-hal yang nyeleneh udah waktunya nih tobat, soalnya nggak mungkin juga kan di bulan puasa kamu ngelakuin hal terlarang? Malu dong sama Yang Diatas!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here