Kamu pasti cukup tenang ketika melihat anak-anak bermain di dalam rumah atau menghabiskan waktu untuk membaca. Padahal, secara tidak sadar, hal tersebut akan berdampak tidak baik di masa depannya.

Anak-anak tidak harus kamu tekan untuk selalu berada di dalam rumah sepanjang hari. Ajarkan juga bagaimana caranya bersosialisasi dengan teman-temannya.

Kelak, kemampuan bersosialisasinya ini bermanfaat untuk karirnya di masa mendatang. Jadi, biarkan dia bermain di luar selama beberapa waktu.

Berikut ini ada 9 tips agar anak mau bersosialisasi di luar rumah. Yuk, simak ulasannya!

1Tanamkan Rasa Percaya Diri

katalogbunda.com

Memupuk kepercayaan diri anak dapat kamu lakukan dengan cara memuji anak. Jika dia salah, boleh lah sesekali memarahinya, tapi berikan pujian kecil terhadap kebaikan yang dia lakukan.

Selain itu, peran kamu dalam mengajarkan cara berkomunikasi dengan orang lain juga penting. Biasanya, si anak akan memperhatikan bagaimana orang tuanya berkomunikasi dengan orang lain.

2Menciptakan Suasana Harmonis dan Hangat

kaskus.co.id

Keluarga merupakan faktor pertama yang mempengaruhi tumbuh kembang anak, termasuk kemampuan bersosialisasinya.

Kalau kamu dapat membangun hubungan yang baik dengan setiap anggota keluarga, secara tidak langsung akan mengembangkan kemampuan bersosialisasinya.

Anak-anak yang terbiasa berkomunikasi dan bersosialisasi dengan baik dalam sebuah lingkungan keluarga, dia pasti juga akan mampu bersosialisasi di lingkungan luar rumah.

3Ajarkan Etika dalam Pergaulan

ceelootee.com

Ini penting sekali untuk diajarkan kepada anak. Kamu wajib memberikan pengarahan tentang bagaimana bersikap di kehidupan sosialnya.

Beritahukan tentang tata karma sosial dan batasan-batasan pergaulan. Ajarkan bagaimana caranya bertegur sapa, bertutur kata santun, dan bertindak hati-hati.

4Mengenalkan pada Keluarga Besar

asqiasimon.blogspot.com

Pada hari tertentu, ajaklah sang anak untuk berkunjung ke salah satu keluarga besar kamu. Entah itu, orang tua, adik, atau kakakmu.

Dengan memperkenalkan mereka kepada anak-anak, secara langsung itu dapat dijadikan sarana pembelajaran alami bagi perkembangan sosialisasi anak.

5Memperkenalkan Lingkungan Sekitar

rinso.co.id

Keberanian si anak dapat kamu tumbuhkan dengan cara mengajaknya ke tempat ramai atau lingkungan sekitar rumah.

Cara ini kelak akan memacu keberaniannya untuk tampil di depan umum dan menyesuaikan diri dengan lingkungan. Anak tidak akan terkejut jika nantinya berada di lingkungan baru.

6Berikan Contoh Kepada Anak

kknkedungbanteng.blogspot.com

Membuat si anak mengerti dengan yang kamu ajarkan memang tidak mudah. Kamu harus memberikan contoh terlebih dahulu dengan mempraktekkannya di depan anak.

Dengan demikian, si anak akan lebih cepat memahami apa yang kamu maksud. Tapi, kamu harus tetap memberikan penjelasan secara lisan sebelum mencontohkannya agar si anak mudah mencerna.

7Biarkan Anak Mengekspresikan Kemampuannya

pubinfo.id

Berikan kesempatan kepada anak untuk mempraktekan kemampuan bersosialisasinya jika pelajaran yang kamu ajarkan telah cukup. Setiap anak pasti mempunyai kemampuan alami tanpa disadarinya. Bebaskan ia untuk mengeksplorasi segenap kemampuannya.

Tugas kamu, hanya menjaga dan mengawasi.

8Mengikutkan ke Sekolah Khusus

tintapenaefa.wordpress.com

Cara ini dilakukan jika kamu dan anak-anak tinggal di tempat yang sepi atau jarang ada anak-anak sebayanya. Cobalah mengikutsertakan anak ke sekolah balita (kalau masih balita) atau ke kursus tertentu.

Dengan lingkungan baru, anak akan mendapatkan teman baru dan juga bisa mengembangkan kemampuannya dalam bersosialisasi.

9Berikan Perlindungan Sewajarnya

youtube.com

Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Namun, bukan berarti kamu berlebihan dalam memberikan perlindungan sampai harus mengekangnya.

Sikap berlebihan atau over protective tersebut justru akan membuat si anak merasa tidak nyaman. Bebaskan segala sesuatu yang ingin dia lakukan selagi tidak membahayakan keselamatan jiwanya.