Cita-cita memang tidak harus diketahui banyak orang. Meraihnya pun tidak mesti dengan bantuan orang lain.

Tapi, apa iya, kamu bisa meraih cita-cita dengan cara yang benar meskipun tanpa bantuan seseorang? Tak sedikit juga lho, orang yang kesulitan bertahan di jalur yang benar dalam menggapai mimpinya.

Justru, saat ada orang lain yang mengetahui cita-cita dan mimpimu, mungkin saja mereka akan bergegas membantumu. Sederhananya, kamu punya controller otomatis yang mengingatkan banyak hal.

Misalnya, memastikan apakah kamu dapat terus melaju dan tetap bersikap realistis. Sikap realistis sangat diperlukan dalam menentukan tujuan kamu. Di samping itu, dorongan dan motivasi juga akan menuntunmu ke arah yang benar.

Kebanyakan orang menemui konsultan atau ikut pembinaan formal untuk memenuhi kebutuhan hatinya, seperti saran dan dorongan positif.

Namun, sebenarnya tidak perlu bersusah payah berkonsultasi pada tenaga ahli profesional. Orang-orang terdekatmu juga bisa memberikan apa yang kamu butuhkan. Malah mereka akan lebih mengenal kamu.

Cobalah berguru dari pengalaman-pengalaman yang mereka ceritakan. Pandai-pandailah memetik manfaat yang dapat menjadi bekal kamu di masa depan.

Yuk, simak 9 tips menarik agar kamu mendapatkan pelajaran berharga dari setiap kisah mereka.

1Orangnya Harus Kompeten

umvirtual.org

Temukan orang yang pernah melalui perjalanan yang sama dengan kamu. Kalau kamu bisa menemukan orang seperti demikian, kamu akan lebih mudah melewati lubang-lubang jebakan.

So, saran dan nasihat dari dia sangat berharga untuk menuntun kamu dalam meraih mimpi.

2Perluas Pergaulan

nisakuantan.blogspot.com

Carilah teman-teman yang bisa membagi pengalaman hidupnya denganmu. Tapi, tetap harus cari yang sesuai kebutuhanmu. Jika sulit menemukan orang yang relevan, mintalah bantuan teman-teman untuk mencarikan relasi baru.

3Menyaring Setiap Pendapat

gugusakti.com

Jangan makan mentah-mentah saran dari orang yang kamu temui. Kamu harus bisa membedakan mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak. Jadi, cermatlah dalam memilih.

4Berikan Pujian

abufahmiabdullah.wordpress.com

Pujian merupakan hal yang disukai hampir tiap orang. Segala sesuatu yang kamu usahakan apabila telah mencapai hasil pastinya mereka pun akan memberikan apresiasi tinggi.

Tunjukanlah prestasi kamu dengan sebaik-baiknya.

5Motivasi

sistemhrd.com

Jangan sungkan membagi masalah dan tantangan yang kamu hadapi dengan teman-teman. Mintalah motivasi dari mereka. Siapa tahu adanya dorongan positif mereka akan membangkitkan semangatmu.

6Ambil Hikmah dari Pengalaman

statusfbme.blogspot.com

Dekati seseorang yang menurut kamu paling bijaksana atau yang paling kamu hormati. Mereka akan membantu kamu untuk jadi seperti mereka.

7Belajar dari Orang Sibuk

papasemar.com

Berdiskusilah dengan orang yang memiliki jadwal padat setiap harinya. Kamu mungkin menyebut mereka sebagai orang sibuk. Manfaatkan baik-baik waktu yang dia luangkan untuk kamu. Biasanya, orang sukses adalah orang yang punya sedikit waktu luang.

8Pergunakan Internet Secara Maksimal

youtube.com

Tidak ada salahnya lho, membangun relasi dengan kawan dari negara lain. Kalau kamu pandai bahasa Inggris tentu sangat membantu proses perkenalan kamu dan mereka.

Cobalah membahas berbagai topik aktual yang berkaitan dengan mimpi kamu. Upayakan mendapatkan orang-orang yang punya latar belakang dan perjalanan yang sama.

Tapi, ingat ya, tetap harus cermat dan waspada.

9Jangan Patah Semangat

andafcorp.com

Saat kamu ingin menemui seseorang yang kamu anggap kompeten, mungkin mereka akan menolakmu. Nah, jika ini kamu alami, janganlah mudah patah semangat.

Kamu bisa membujuk mereka untuk merekomendasikan seseorang yang berkompetensi sama. Cobalah untuk meminta bantuannya ketika akan menemui orang tersebut.

Akan tetapi, dalam meraih sebuah mimpi dan cita-cita, yang terpenting adalah punya alasan dan tujuan kuat.

Kamu akan tetap bisa mempertahankan impian tersebut jika sudah ada kemantapan hati tentang apa yang hendak kamu capai.