Pernikahan adalah ikatan suci antara dua insan dalam jalinan cinta. Hampir semua kebudayaan di dunia ini mengenal budaya pernikahan.

Saat dua sejoli sudah mabuk cinta, pernikahan akan digelar untuk melanggengkan cinta mereka. Pernikahan adalah fase dalam hidup yang penting. Sebabnya selain melepas masa lajang, akan ada seseorang yang akan memasuki kehidupan kita selamanya.

Karena sangat penting dan sakral, tak heran jika beragam acara mengiringi sebuah upacara pernikahan. Mulai dari yang tradisional sampai yang modern.

Semua digelar untuk menunjukkan ekspresi kesyukuran. Selain itu ada juga ritual keagamaan karena menikah sendiri adalah tuntunan agama. Namun tahukah kamu jika ada beberapa ritual unik dalam pernikahan di beberapa negara.

Kekayaan ini hanyalah sebagai kekayaan budaya saja. Tak ada salahnya jika kita simak satu per satu.

1Memecahkan Piring

source: www.lindsayvallas.com

Saat kamu menikah di Jerman, jangan lupa untuk membeli beberapa set piring baru. Bukan untuk tempat makan setelah membangun mahligai rumah tangga. Melainkan untuk dipecahkan!

Ya, di Jerman ada kepercayaan jika sepasang pengantin baru harus memecahkan beberapa piring baru yang mereka beli. Tujuannya adalah mengusir roh jahat. Wah..wah..mungkin jadi penjual piring bisa jadi profesi yang menggiurkan di Jerman sana.

2Menangis Sejam Sehari

source: bencigst.blogspot.com

Di Cina, utamanya di Tujia pengantin perempuan memiliki tradisi unik. Jika pernikahan adalah momen bahagia, para pengantin perempuan di Tujia diwajibkan untuk menangis!

Bahkan ada aturan dalam menangis menjelang pernikahan ini. Mereka diharuskan menangis satu jam sehari selama sebulan menjelang pernikahannya. Lama juga ya.

Nanti setelah 10 hari melakukan tradisi ini, ibu si pengantin wanita akan bergabung dengan sang anak untuk menangis bersama. 10 hari kemudian giliran si nenek yang bergabung meramaikan ritual menangis ini.

Saat hari pernikahan, dipastikan semua tamu undangan wajib meneteskan air mata. Jadi sedih ya

3Menari Sepanjang Waktu

source: www.pennlive.com

Bagi yang suka menari, pernikahan di Irlandia nampaknya menyenangkan. Pasalnya saat hari pernikahan, pengantin perempuan tidak boleh meninggalkan lantai pesta tanpa menari dengan mempelai pria.

Jika ia ingin pergi keluar, maka ia harus menari sampai menuju ke pintu. Jika ia kembali, ia harus menari sepanjang waktu. Betapa melelahkan ya.

Tradisi ini muncul karena ada anggapan jika sang wanita tidak menari saat berada di ruangan pesta, peri jahat akan menggangu mereka. Kamu percaya?

4Naik ke Punggung Keluarga

source: unsupported.msparp.com

Ada tradisi pernikahan unik di kepulauan Polinesia Perancis. Jika kamu menikah di sana, anggota keluarga sang perempuan harus berbaring. Setelah itu pengantin baru wajib berjalan di atas punggung mereka.

Tidak ada catatan alasan kenapa ada tradisi seperti ini. Berarti siap-siap diinjak-injak ya keluarga si mempelai wanita.

5Campur Tangan Ibu

source: http://blackhistorymonth2014.com

Ada tradisi yang sangat aneh di Afrika. Di beberapa desa di Afrika, jika berlangsung pernikahan maka jangan harap malam pertama sang pengantin akan menyenangkan.

Pasalnya ada tradisi jika si ibu pengantin wanita harus masuk ke kamar pengantin saat malam pertama. Lalu apa yang dilakukan sang ibu di kamar pengantin?

Sang ibu mengajari putrinya bagaimana harusnya melewati malam pertama dengan suaminya. Astaga..

6Sembelit

source: www.gmskitchensandbathrooms.co.uk

Dari Indonesia ada sebuah tradisi unik. Khususnya di daerah Tidong, Kalimantan. Pengantin baru disana memiliki beberapa aturan yang harus ditaati. Salah satunya soal aturan ke kemar mandi.

Ya, pegantin baru di Tidong dilarang pergi ke kamar mandi selama tiga hari setelah pernikahan! Sudah terbayang kan apa rasanya tiga hari tak ke kemar mandi.

7Lamaran Gigi Ikan Paus

source: commons.wikimedia.org

Kamu harus bernyali besar jika ingin menikah di Fiji. Bagaimana tidak, sang calon mertua tidak mengharapkan emas berlian sebagai tanda lamaran anak gadisnya.

Sang ayah hanya menginginkan satu hal sebagai penanda keseriusan seorang lelaki yang akan menikahi putri kesayangannya. Cukup dengan membawa gigi ikan paus sebagai hadiah dalam lamaran. Ya, gigi ikan terbesar sejagat raya.

Walah, demi cinta sang pujaan hati relakah kamu mengambil gigi makhluk raksasa di dalam air laut itu? Serem

8Pukul Kaki

source: www.awesomewedding.in

Ada-ada saja tradisi pernikahan di Korea ini. Berharap mendapat hadiah dari tamu undangan, justru yang didapat adalah rasa sakit.

Setelah melangsungkan pernikahan, sang mempelai pria akan dibajak oleh kawan-kawan lelakinya.

Mereka akan melepas kaus kaki dan sepatu sang pengantin pria dan memulai memukuli telapak kakinya dengan ikan atau kayu tanpa henti.

Tradisi ini dipercaya akan membuat sang lelaki kuat saat malam pertama. Ada ada saja.

9Tak Boleh Tertawa

source: live.drjays.com

Tak boleh tertawa saat menikah? hal ini benar-benar terjadi di Kongo. Pernikahan yang seharusnya berisi dengan kebahagiaan dan tawa justru berubah jadi kaku dan datar.

Saat sepasang pengantin menikah di Kongo, mereka dilarang untuk tertawa di sepanjang upacara pernikahan. Mulut mereka harus rapat terkunci meski sanak saudaranya mengucapkan selamat.

SHARE