Pola makan dan hidup Rasulullah yang sehat dan teratur membuat beliau memiliki tubuh yang tak hanya tangguh namun juga kuat. Beliau selalu menjadi orang yang ada di depan pasukannya saat memimpin di medan perang.

Beliau bertarung di medan perang dengan begitu gagah dan kuat, beliau jarang sakit, dan menjalani masa tua dengan tubuh yang masih tangguh.

Ternyata hal tersebut tak hanya disupport dari konsumsi makanan beliau yang sehat, namun juga dari tata cara makan dan minum yang selalu terjaga.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

{ يَا غُلَامُ سَمِّ اللَّهَ وَكُلْ بِيَمِينِكَ وَكُلْ مِمَّا يَلِيكَ }

“Wahai anakku, sebutlah nama Allah, makanlah dengan tangan kananmu, dan makanlah makanan yang berada di dekatmu.” (HR Bukhari no. 5376 dan Muslim 2022)

Dari hadits tersebut kamu bisa mengetahui bahwa ada 3 tata cara yang Rasulullah ajarkan kepada ummatnya terkait adab makan. Nah, untuk lebih detailnya simak ulasan berikut ya.

1Membaca Basmalah

mushroomali.blogspot.com

Menurut penelitian dari Ilmuwan Jepang, dr. Masaru Emoto, ternyata air itu hidup dan juga dapat merespon positif ataupun negatif dari perlakuan manusia kepadanya. Maka dari itu berdoalah sebelum makan dan minum.

Hal tersebut juga didukung oleh sebuah hadits,

“Apabila seorang kalian ingin makan, hendaknya dia membaca ‘bismillah’. Dan jika ia lupa membaca di awalnya, hendaknya dia membaca ‘bismillah fii awwalihi wa aakhirihi.” (HR. At-Tirmidzi dan Ahmad. Dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih Sunan At-Tirmidzi no. 1513).

2Makan dan Minum Menggunakan Tangan Kanan

kumpulanmisteri.com

Dari Jabir bin Aabdillah radhiyallahu ‘anhu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “janganlah kalian makan dengan tangan kiri karena syaitan itu juga makan dengan tangan kiri.” (HR Muslim no. 2019)

Kamu ngga mau kan disamakan dengan syaitan? Hihi.

Sayangnya, banyak orang yang melupakan adab tersebut atau menganggap remeh adab makan dengan tangan kanan. Padahal, hadits tersebut sudah sangat terkenal bahkan orang awam pun mengetahuinya.

Tetapi, jika terdapat alasan yang bisa dibenarkan yang menyebabkan seseorang tidak bisa menikmati makanan dengan tangan kanannya karena suatu penyakit atau sebab lain, maka diperbolehkan makan dengan menggunakan tangan kiri.

Dalilnya firman Allah, “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” (QS. al-Baqarah: 286)

3Memakan Hidangan yang Paling Dekat

deboraernika28.blogspot.com

Umar bin Abi Salamah meriwayatkan, “Suatu hari aku makan bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan aku mengambil daging yang berada di pinggir nampan, lantas Nabi bersabda, “Makanlah makanan yang berada di dekatmu.” (HR. Muslim, no. 2022)

Hikmah dari larangan mengambil makanan yang berada di hadapan orang lain, adalah perbuatan kurang sopan, bahkan boleh jadi orang lain merasa jijik dengan perbuatan itu.

Benar saja, jika kamu menjangkau makanan yang terlalu jauh mungkin orang lain akan menganggap kamu serakah atau sebagainya. Wah, bahkan hal seperti ini sudah Rasulullah ajarkan sejak dulu. Maasya Allah.