Adam Smith adalah orang yang mencetuskan lahirnya ekonomi kapitalis yang hingga sekarang bercokol di negara-negara seperti Amerika dan negara-negara Eropa.

Sistem ekonomi kapitalis adalah sistem ekonomi yang mengedepankan penumpukan modal secara besar-besaran. Sistem ekonomi ini terlahir diabad 18/19. Dari sinilah akhirnya Adam Smith memperoleh gelar Bapak Ekonomi Kapitalis.

Back

1. Pengaruhi Dunia Lewat Buku

Adam Smith terlahir dengan nama John Adam Smith yang dilahirkan di Kirkcaldy, Skotlandia pada tanggal 5 Juni 1723. Ia adalah pelopor ekonomi kapitalis.

Melalui karyanya yang berjudul An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations (disingkat The Wealth of Nations), ia menggambarkan sejarah perkembangan industri dan perdagangan di Eropa serta dasar-dasar perkembangan perdagangan bebas dan kapitalisme.

Namun, banyak orang beranggapan bahwa Wealth of Nations yang merupakan hasil karya Adam Smith hanyalah penambahan yang biasa dari karya ekonom sebelumnya yaitu David Hume dan Baron de Montesquieu.

quotesgram.com
quotesgram.com

Banyak yang mengira, teori hasil pemikiran Adam Smith hanyalah menggambarkan trend sejarah untuk menjauh dari mercantilisme, menuju perdagangan-bebas.

Hal tersebut muncul karena sebelumnya pemikiran yang hampir sama telah berkembang selama beberapa dekade, dan telah memiliki pengaruh yang nyata dalam kebijakan pemerintah.

Namun begitu buku ini mengorganisasi pemikiran-pemikiran mereka secara luas, dan tetap menjadi suatu buku yang paling berpengaruh dan penting dalam bidangya sekarang ini.

Smith percaya terhadap hak untuk mempengaruhi kemajuan ekonomi diri sendiri dengan bebas, tanpa dikendalikan oleh perkumpulan dan/atau negara. Maka ia dikenal sebagai Bapak Ekonomi Kapitalis.

slideplayer.com
Back