quotesgram.com

Adam Smith, Si Bapak Ekonomi Kapitalis yang Berhasil Gemparkan Dunia dengan Teorinya

Posted on

Adam Smith adalah orang yang mencetuskan lahirnya ekonomi kapitalis yang hingga sekarang bercokol di negara-negara seperti Amerika dan negara-negara Eropa.

Sistem ekonomi kapitalis adalah sistem ekonomi yang mengedepankan penumpukan modal secara besar-besaran. Sistem ekonomi ini terlahir diabad 18/19. Dari sinilah akhirnya Adam Smith memperoleh gelar Bapak Ekonomi Kapitalis.

Pengaruhi Dunia Lewat Buku

slideplayer.com
slideplayer.com

Adam Smith terlahir dengan nama John Adam Smith yang dilahirkan di Kirkcaldy, Skotlandia pada tanggal 5 Juni 1723. Ia adalah pelopor ekonomi kapitalis.

Melalui karyanya yang berjudul An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations (disingkat The Wealth of Nations), ia menggambarkan sejarah perkembangan industri dan perdagangan di Eropa serta dasar-dasar perkembangan perdagangan bebas dan kapitalisme.

Namun, banyak orang beranggapan bahwa Wealth of Nations yang merupakan hasil karya Adam Smith hanyalah penambahan yang biasa dari karya ekonom sebelumnya yaitu David Hume dan Baron de Montesquieu.

quotesgram.com
quotesgram.com

Banyak yang mengira, teori hasil pemikiran Adam Smith hanyalah menggambarkan trend sejarah untuk menjauh dari mercantilisme, menuju perdagangan-bebas.

Hal tersebut muncul karena sebelumnya pemikiran yang hampir sama telah berkembang selama beberapa dekade, dan telah memiliki pengaruh yang nyata dalam kebijakan pemerintah.

Namun begitu buku ini mengorganisasi pemikiran-pemikiran mereka secara luas, dan tetap menjadi suatu buku yang paling berpengaruh dan penting dalam bidangya sekarang ini.

Smith percaya terhadap hak untuk mempengaruhi kemajuan ekonomi diri sendiri dengan bebas, tanpa dikendalikan oleh perkumpulan dan/atau negara. Maka ia dikenal sebagai Bapak Ekonomi Kapitalis.

Pendidikan

youtube.com
youtube.com

Pada umur 13 tahun, Smith menjadi mahasiswa di Universitas Glasgow. Di sana, ia belajar filosofi moral di bawah bimbingan Francis Hutcheson.

Smith mengembangkan keinginan kuatnya akan kebebasan berakal sehat, dan kebebasan berpendapat.

Dalam Buku kelima dari The Wealth of Nations, Smith berkomentar kritis tentang aktivitas intelektual yang berjumlah sedikit dan berkualitas rendah di Glasgow dibandingkan dengan di Skotlandia.

Komentarnya ditujukan pada orang-orang kaya dari kampus Oxford dan Cambridge mengenai system pendidikan pada saat itu yang masih satu arah.

Karir di Edinburgh dan Glasgow

quotesgram.com
quotesgram.com

Pada tahun 1748 Smith mulai memberikan kuliah umum di Edinburgh, di bawah bimbingan Lord Kames.

Kuliahnya mencakup etika, retorika, jurispundens, politik ekonomi. Pada tahun 1759, dia mencetuskan sebuah teori, menerbitkannya menjadi sebuah buku, dan memasukannya sebagai salah satu mata kuliah pada kurikulum pendidikan di Glasgow.

Karya ini yang membangun reputasi Smith pada masa itu. Ia menjelaskan bagaimana komuikasi manusia bergantung pada simpati antara agen dan penonton.

Smith sekarang memulai memberi perhatian lebih pada jurisprudensi dan ekonomi di dalam kuliahnya dan sedikit pada teorinya tentang moral.

Pada tahun 1762, Smith memperoleh titel Doktor Hukum. Namun, saat gelar profesor telah ia raih, akhirnya Smith memilih untuk berkelana bersama muridnya, melakukan perjalanan intelektual keliling Perancis.

Adam Smith Meninggal

en.wikipediaorg2

Pada tahun 1778, Smith ditunjuk untuk menduduki pos sebagai komisioner cukai di Skotlandia. Ia tetap hidup bersama ibunya di Edinburgh.

Pada akhirnya, dia meninggal di Edinburgh pada tanggal 17 Juli 1790 karena sakit keras dan dikuburkan di Canogatw Kirkyard.

Smith meninggalakan banyak catatan dan material yang tidak dipublikasikan. Sebelum meninggal, ia memberi instruksi untuk menghancurkan apapun yang tidak pantas dipublikasikan. Salah satu pengikut kontemporer Adam Smith yaitu John Millar.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *