Sadarkah kamu bahwa kelahiran dan kematian sangat erat kaitannya dengan adzan. Ketika ada bayi yang baru lahir, maka ia harus diadzani sesuai dengan tuntunan agama Islam. Namun tahukah kamu, kenapa bayi yang baru lahir harus diadzani?

Setiap bayi yang lahir (Muslim) haruslah diadzani oleh ayahnya. Namun kebanyakan orang belum atau bahkan tidak tahu alasan kenapa bayi yang baru lahir harus diadzani. Pada dasarnya, bayi yang baru lahir akan menganis.

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa bayi menangis karena ia ditusuk oleh setan, kecuali Maryam dan anaknya. Setan akan datang pada bayi tersebut dan menusuk matanya menggunakan jari.

Kedatangan setan bukan tanpa alasan. Mereka mendatangi bayi yang baru lahir dengan tujuan agar kelak bayi tersebut akan menjadi pengikutnya. Selain itu, alasan setan menusuk mata bayi adalah agar ia tidak bisa melihat kebaikan.

Sebaliknya ia akan diperlihatkan dengan keburukan yang terlihat dengan jelas dan bahkan berkilauan bagaikan cahaya.

Sehingga kebaikan akan terlihat samar-samar olehnya. Hal ini akan membuat si bayi kelak enggan untuk berbuat baik. Selain itu, ada beberapa hal juga yang harus dilakukan sang ayah ketika anaknya lahir.

1Diadzankan Melalui Telinga Kanan dan Diiqomahkan Melalui Telinga Kiri

youtube.com

Ketika bayi lahir, maka tugas pertama sang ayah adalah mengadzaninya. Selain adzan, orang tua juga bisa melafalkan bacaan tahlil dan kalimat-kalimat tauhid, dengan begitu setan akan lari ketakutan.

Sehingga setan tidak bisa mengganggu bayi dan menusukkan jarinya ke mata bayi.

2Membacakan Surat AL-Ikhlas

belajar-tobat.blogspot.com

Ketika bayi baru lahir hendaknya sang ayah juga membacakan surat Al-Ikhlas di kedua telinganya. Hal ini juga dicontohkan oleh baginda Rasulullah yang bertujuan untuk menjaga anak dari gangguan setan.

3Mendoakan Bayi

kajiansalaf.com

Semua yang terkandung dalam Al-Qur’an terdapat kebaikan. Dan salah satu ayat terbaik untuk mendoakan bayi yang baru lahir adalah dengan surat Al-Imran ayat 36. Atau bisa juga menggunakan hadits di atas.

Maka tatkala isteri ‘Imran melahirkan anaknya, diapun berkata: “Ya Rabb-ku, sesungguhnya aku melahirkannya seorang anak perempuan; dan Allah lebih mengetahui apa yang dilahirkannya itu; dan anak laki-laki tidaklah seperti anak perempuan. Sesungguhnya aku telah menamai dia Maryam dan aku mohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau dari syaitan yang terkutuk”. (QS. 3:36)

4Doa Keselamatan dan Perlindungan

pzhgenggong.or.id

Doa yang paling umum di panjatkan adalah doa keselamatan dan perlindungan. Dalam doa tersebut kita memohon kepada Allah untuk memberikan keselamatan dalam hidup kita. Setiap orang tua pasti menginginkan bahwa anaknya menjadi orang yang lebih baik.

SHARE