Siapa yang nggak tahu dengan makanan yang satu ini, tekstur yang unik membuat makanan ini disukai oleh banyak orang terutama pada anak-anak. Tahukah kamu, ternyata agar-agar itu terbuat dari rumput laut atau alga.

Jenis rumput laut yang bisa dibuat menjadi agar-agar adalah Eucheuma spinosum (Rhodophycophyta) dan jenis Phaeophycophyta (Gracilaria dan Gelidium). Dan ternyata juga, agar-agar ini sudah menjadi komoditas ekspor dari Malaka semenjak tahun 1871.

Agar-agar ini sebenarnya mengandung karbohidrat dengan berat molekul tinggi yang mengisi dinding sel rumput laut. Agar-agar lalu dibentuk sebagai bubuk dan dapat kita temukan dengan mudah di pasaran.

Dalam pembuatannya ada dua jenis agar-agar yang sering dibuat, yakni agar-agar santan dan agar-agar susu.

Membuat agar-agar di rumah tidaklah terlalu sulit, setiap orang tanpa kemampuan memasak tinggi pun bisa membuat agar-agar asal mengikuti setiap langkah dengan benar.

Berikut ini adalah resep membuat agar-agar santan dan agar-agar susu yang kenyal dan enak.

1Cara Membuat Agar-Agar Santan

resepindonesia.net

Bahan-Bahan:

  • Satu bungkus agar-agar powder atau bubuk. Silahkan menggunakan merk favorit masing masing.
  • Santan kental kurang lebih sebanyak 200 ml saja. Langsung dari buah kelapa lebih baik, santan instan juga tak masalah.
  • Gula pasir kurang lebih sebanyak 150 gram.
  • Air bersih matang kira-kira sejumlah 800 ml.
  • Garam dapur beryodium secukupnya.
  • Daun Pandan kurang lebih sebanyak 2-3 lembar. Cuci bersih dan kemudian diikat.
  • Cetakan agar-agar sesuai keinginan.
dielacraft.blogspot.com
dielacraft.blogspot.com

Cara Membuat:

  1. Seperti bahan-bahan yang diperlukan, cara membuat agar-agar sangat sederhana sekali.
  2. Langkah pertama ambil satu wadah atau panci ukuran sedang, masukkan agar-agar powder yang sudah dipersiapkan di atas, gula pasir, dan air bersih matang yang sudah dipersiapkan. Aduk-aduk semua bahan sampai tercampur rata.
  3. Hidupkan kompor dengan api sedang kecil dan taruh panci di atasnya. Masukkan daun pandan yang sudah diikat ke dalamnya.
  4. Aduk-aduk kembali sampai adonan agar-agarnya mendidih.
  5. Masukkan garam dapur beryodiumnya. Aduk-aduk kembali supaya garam tercampur rata dengan bahan yang lain.lezat.com
  6. Masukkan santan kental yang sudah dipersiapkan. Aduk-aduk lagi sampai mendidih. Jangan sampai berhenti mengaduk supaya santan tidak pecah.
  7. Masukkan adonan agar-agar santan ke dalam cetakan yang sudah dipersiapkan. Dinginkan di suhu ruangan sebelum dimasukkan ke dalam kulkas atau di buat campuran minuman es.
  8. Agar-agar santan siap untuk dinikmati

2Cara Membuat Agar-Agar Susu

food.reisha.net

Bahan-bahan:

  • 1 bungkus agar-agar putih
  • 2 sendok makan gula pasir atau sesuai selera
  • 400 ml susu cair putih
  • 1 butir kuning telur, kocok
  • 3 butir putih telur
  • Vanili powder
  • Selain bahan diatas boleh diberi bahan tambahan seperti coklat, cincau, atau buah dipotong dadu
cookpad.com
cookpad.com

Cara membuat:

  1. Masukkan 1 bungkus agar-agar putih kedalam panci , tambahkan 2 sendok makan gula pasir atau sesuai selera, aduk hingga agar-agar dan gula pasir serbuk tercampur rata, hal ini dilakukan supaya saat dimasak tidak terjadi penggumpalan.
  2. Kemudian tuangkan 400 ml susu putih serta masukan juga bahan tambahan seperti cokelat, cincau atau buah, lalu masak di atas api sedang hingga panas. Jangan lupa sambil diaduk-aduk supaya tidak lengket.
  3. Ambil sedikit adonan dari agar-agar yang sedang dimasak kemudian campurkan kuning telur, lalu tuangkan kembali kedalam adonan panas. Kemudian masak hingga mendidih dan angkat.

    resepanekaagaragar.blogspot.com
    resepanekaagaragar.blogspot.com
  4. Kocok putih telur hingga mengembang dan naik lalu tuangakan adonan panas sedikit demi sedikit sambil diaduk terus menerus hingga tercampur merata.
  5. Tuangkan adonan yang sudah tercampur rata kedalam cetakan.
  6. Simpan dalam lemari es hingga membeku atau tunggu hingga adoan dingin
  7. Setelah dingin keluarkan agar-agar dari cetakan
  8. Dan untuk mempercantiknya, beri hiasan chery atau strawberry di atas agar-agar. Bisa juga ditaburi dengan cokelat serut di bangian tepi, kini agar-agar susu siap disajikan dan disantap.
SHARE