Dunia teknologi semkain berkembang pesat. Sekarang ini banyak bermunculan berbagai alat yang semakin memudahkan aktivitas manusia.

Salah satunya adalah di bidang komunikasi dan informasi, terdapat alat komunikasi handphone atau ponsel. Handphone pun semakin berkembang dan kini marak yang namanya smartphone atau ponsel pintar.

Smartphone mempunyai segudang kepintaran dibandingkan dengan ponsel dasar yang hanya bisa digunakan untuk menelpon dan mengirim SMS.

Nah, karena kepintarannya itu, ponsel pintar lebih banyak memakan daya dari baterai. Banyaknya aplikasi yang dibuka, seringnya pemakaian ponsel membuat daya baterai cepat habis.

Maka tidak heran jika smartphone hanya bertahan satu hari dan sering dicharge. Memang berbeda dengan ponsel dasar yang cukup dicharge 4 hari sekali atau malah ada satu minggu sekali.

Oleh karena itu, sebaiknya pengguna harus tepat dalam merawat baterainya agar lebih tahan lama. Empat kebiasaan buruk berikut ini sebaiknya kamu hentikan agar baterai smartphonemu tidak cepat rusak.

Kebiasaan Memakai Powerbank

2 ags powebank
www.gearbest.com

Ada yang bilang ‘teman setia’nya smartphone adalah powerbank atau bisa dibilang jika ada smartphone maka tidak afdol jika tak ada powerbank.

Perangkat baterai portable atau yang dikenal dengan powerbank ini seringkali menjadi penyelamat smartphone yang kehabisan daya.

Akan tetapi, banyak juga pengguna yang sering menggunakan powerbank meskipun tidak sedang darurat.

Keseringan menggunakan powerbank membuat dayat tahan baterai ponsel berkurang. Sebab powerbank tak mengalirkan daya yang stabil.

Men-charge Smartphone Menggunakan Laptop Melalui Kabel Data

2 ags pc
www.ffaqih.net

Arus listrik dari komputer tidak dirancang untuk mengisi daya smartphone yang sesuai standar. Hal itu sama dengan powerbank.

Jadi, boleh saja mencharge ponsel menggunakan powerbank dan komputer jika dalam keadaan yang benar-benar darurat.

Mencharge Semalaman

2 ags semalam
www.terekam.com

Tahukah kamu bahwa mencharge smartphone yang sudah penuh daya baterainya dalam waktu lama bisa berdampak tidak baik bagi kondisi daya ponsel. Apalagi kebanyak dari kita memiliki kebiasaan mencharge semalan.

Beberapa riset menunjukkan bahwa baterai bisa terjaga kualitasnya jika diisi tidak sampai penuh, cukup sampai 80 persen sampai 90 persen.

Maka dari itu alangkah lebih baik jika kita menghentikan kebiasaan mencharge ponsel semalan agar usia baterai bisa bertahan lama.

Membiarkan Baterai Kosong Kelamaan

2 ags habis
www.pricebook.co.id

Ini kebiasaan yang lebih tidak baik lagi yakni membiarkan baterai dalam keadaan benar-benar kosong pada kurun waktu yang lama.

Sebab jika baterai kosong, sel baterai dalam keadaan ‘tidur’ sehingga jika tidak secepatnya ‘diabangunkan’ akan membuat kemampun baterai untuk menyerap daya dari alat pengisian menghilang.

Itulah kebiasaan yang sebaiknya dihentikan agar baterai ponsel memiliki usia yang panjang. Semoga bermanfaat.