Pernikahan memang identik dengan kemewahan, tapi bukan berarti pernikahan harus selalu mewah, yang pasti pernikahan harus tetap meriah.

Mewah itu merupakan gengsi dan budaya di masyarakat, yang justru itu menjebak mereka sendiri dalam kesulitan. Padahal kalau dicermati betul, namanya mewah tidak identik dengan mahal.

Hal ini banyak membuat galau para pemuda yang gaji pas-pasan ingin menikah, mereka banyak yang takut jika kurang biaya. Tapi kalau bisa segera lupakan saja hal seperti itu, Pernikahanmu sulit dilaksanakan jika terus mikir begitu.

Pernikahan tidak harus memerlukan banyak biaya kok. Gaji kamu yang cuma 2 jutaan tetap bisa melangsungkan pernikahan dengan meriah dan pasti bikin kamu sumringah, pengen tahu caranya? yuuk disimak tips di bawah ini.

1Menabung

ysrodiyah.com

Ini merupakan salah satu persiapan yang harus dilakukan untuk urusan beginian. Tabungan kamu paling tidak umurnya 2-3 tahun dan dengan jumlah yang sama setiap hari. Agar kalkulasi tabungan cukup untuk resepsi pernikahan.

Jika gajimu 2 juta, kamu harus menabung minimal 800 ribu perbulan. Jika di kalkulasi tabungan 800 ribu per bulan akan jadi 28 juta an dalam tiga tahun. Jika kamu bisa menabung bersama pasanganmu maka jumlahnya dua kali lipatnya.

Dengan jumlah segitu sudah bisa dan cukup untuk pernikahanmu kok. Asal kamu juga harus baca lagi yang di bawah ini.

2Nikah di Rumah Saja

sorayawedding.net

Menyelenggarakan pesta yang belum tentu seumur hidup sekali ini tidak harus di gedung dan hotel yang sewanya sudah jelas mahal. Kamu bisa melaksanakan pesta kamu di halaman rumah atau di kebun.

Salah satu hikmah pernikahan di rumah adalah menjadi kesan yang mendalam terhadap rumahmu. Mencatatkan sejarah hebat di rumah kamu sendiri, selain itu kamu juga bisa hemat dalam biaya, betul tidak guys?

3Sewa Baju Pengantin

riyuniasih.com

Kamu tidak perlu beli atau membuat baju pengantin yang sangat mahal itu, kamu bisa menyewa di tempat persewaan atau juga bisa sepaket dengan jasa make up pengantin. Rata-rata dengan uang 5 juta kamu sudah dapat baju sepaket kok.

Dengan kamu menyewa kamu bisa hemat banyak biaya. Kamu juga akan diuntungkan karena persewaan baju itu biasanya juga ada yang sepaket sekeluarga. Jadi gampang dan murah kan?

4Makanan yang Pas

halomoney.co.id

Menikah dengan biaya minim kamu juga harus pinter milih katering yang harganya tepat dan pas. Contoh harga yang pas itu sekitar 20.000 per paketnya.

Jika undanganmu 300 maka yang kamu keluarkan untuk makan hanya sekitar 12 juta rupiah saja lho. Murah kan?

5Undangan Jangan Terlalu Banyak

gobekasi.pojoksatu.id

Jangan terlalu banyak mengundang, karena ini berbanding dengan biaya konsumsi kamu lho. Cukup dengan 300 orang saja itu sudah bikin ramai dan meriah pernikahanmu.

6Wedding Organisernya Teman-Teman Kamu Saja

pernikahansemarang.blogspot.com

Kamu tidak perlu menggunakan jasa wedding organiser unutk pernikahanmu. Teman-temanmu jika dimintai bantuan pasti akan mau. Secara mereka juga akan senang membantu temannya ketika acara seperti ini.

Mulai dari MC, hiburan, dekorasi dan lain-lain kamu bisa minta bantuan teman-teman kamu dan kamu cukup mengeluarkan biaya untuk makan dan jajan buat mereka.

7Souvenir Murah

souvenirindonesia.web.id

Milih souvenir yang murah-murah saja, jangan yang aneh-aneh juga. Kamu bisa beli souvenir dengan harga 2 ribuan tapi tetap bisa berkesan. kamu bisa beli kipas cantik dengan ada tulisan nama kamu dan pasangan kamu.

Atau gelas yang cantik juga bisa, intinya pokoknya cari yang sederhana, murah tapi tetap berkesan.

8Undangan Sederhana

initustudio.com

Kamu bisa beli undangan yang sederhana saja, toh undangan itu yang dilihat cuma nama, kapan dan tempatnya. Betul tidak? Undangan seharga 2 ribuan sudah cukup bagus untuk sebuah undangan.

Sekali lagi jangan khawatir biaya nikah guys, karena yang mahal itu bukan resepsinya tapi justru kehidupan seterusnya, yang di mana kamu harus membayar istrimu seumur hidupmu, hehe. Semoga beri inspirasi ya.

SHARE