Puasa adalah sebuah ibadah dalam islam yang menjadi salah satu rukun islam. Puasa juga terbagi menjadi puasa wajib dan sunnah. Wajib jika puasa tersebut adalah puasa ramadhan, atau membayar kafarat sedangkan puasa sunnah lebih banyak lagi pembagiannya.

Jika kamu sudah terbiasa melakukan puasa sunnah, misalnya puasa senin dan kamis atau puasa daud atau bahkan puasa ayyamul bidh yang dilakukan setiap tanggal 13,14, dan 15 ditiap bulannya, mungkin kamu sudah sangat terbiasa puasa sembari bekerja atau aktifitas lainnya.

Tetapi jika kamu belum terbiasa puasa, mungkin bekerja sembari puasa akan terasa sangat melelahkan bagimu.

Nah sobat, agar puasamu tidak sia-sia dan hanya lapar belaka, ada baiknya kamu mengetahui ulasan berikut. Agar puasamu tidak sia-sia.

1Niat Lillahita’ala

pixabay.com

Segala sesuatu yang berlandaskan niat lurus karena Allah tidaklah sia-sia. Justru ketika sebuah niat tidak dikarenakan Allah itu berarti riya’ dan ini termasuk pada syirik kecil.

Lagi pula jika puasa tidak karena Allah yang didapat hanya lapar dan keluh kesah belaka guys. Hmm, yuk latihan meluruskan niat!

2Bersahur Dengan yang Halal

halalcordoba.restaurant

Yap! Puasakan ibadah, tentu harus diiringi dengan segala sesuatu yang baik dong. Percuma kalau kamu berpuasa, tapi sahurnya pakai ayam hasil curian. Waduh, lebih baik makan sambal sama nasi putih saja deh. Sehat kok insya Allah.

3Melakukan Hal-hal Positif

sditinsankamil.sch.id

Nah! Ini yang sering diabaikan. Biasanya karena alasan puasa seseorang akan bermalas-malasan dirumah. Padahal justru ketika kamu berpuasa, segala amal ibadahmu akan dilipat gandakan kebaikannya.

So, masih mau malas-malasan saja? Rugi ah, pahala ngga dapet, rejeki juga diambil orang. Hihi.

4Perbanyak Berdoa

tuntunansholat.com

Hmm, tentu kamu memiliki sebuah keinginan yang sangat ingin kamu capai. Nah caranya bagaimana? Perbanyak doa ketika berpuasa ya guys. Karena ketika kamu melakukan ibadah puasa, maka kamu akan lebih dekat kepada Allah. Tentu Allah akan mendengar doa-doamu.

Ssst, dan ternyata waktu ketika berbuka puasa itu mustajab lho guys.

Nah sudah tahukan bagaimana trik dan tipsnya agar puasa benar-benar bernilai ibadah dan tidak hanya lapar atau dahaga saja? Yuk berpuasa.

 

SHARE