Tidur bersama orang yang kita cintai atau ketika tidur bersama teman-teman kita, tentu kita akan malu ketika tidur kita mendengkur. Tentu kita juga tidak mau jika disebut dengan julukan tukang mendengkur atau tukang ganggu orang tidur.

Mendengkur tidak hanya dilakukan orang tua lho, tapi juga banyak pemuda yang mendengkur, baik yang gendut, berbadan besar, juga yang kurus. Semua bisa mendengkur.

Buat kamu yang terkena gejala mendengkur ini, ada baiknya kamu baca dan mencoba  tips-tips  sederhana dibawah ini.

1Perbaiki Posisi Tidur

helmisyafrizal.blogspot.co.id

Tidur miring ke kanan merupakan tidur paling ideal, dimana tidur di posisi ini merupakan tidur yang bikin badan hilang capek dan darah lancar. Tidur di posisi ini juga banyak manfaatnya, salah satunya adalah tidak mungkin mendengkur.

Saluran pernafasan yang lancar membuat orang tidak mungkin mendengkur. Kita tahu bahwa mendengkur itu sebabnya saluran pernafasan sedikit tersumbat, otomatis oksigen yang masuk tidak lancar. Biasanya tidur dengan terlentang yang begini.

Selain itu tidak mendengkur, tidur di posisi ini juga bermanfaat untuk mengurangi beban jantung, lambung dan otak kiri jadi istirahat selain itu juga bisa mampu membuat penyerapan gizi menjadi maksimal. Caranya Sederhana efeknya luar biasa.

Ubah segera posisi tidurmu, coba posisi seperti ini ya.

2Minum Air Putih yang Banyak

beranda.co.id

Air memang sangat penting bagi kesehatan, air juga dibutuhkan saat kapanpun, salah satunya adalah saat tidur. Ya, tidur juga memerlukan air lho, ketika kebutuhan air ini kurang maka tidur juga tidak lancar.

Air yang cukup akan melancarkan proses pernafasan, sehingga tidak terjadi mendengkur. Minum 2 gelas air sebelum tidur sudah cukup untuk membantu kelancaran tidurmu.

Apa yang susah dengan minum air putih? mudah kan?

3Rutin Olahraga dan Istirahat Secukupnya

lighthouse-indonesia.com

Untuk mengatasi mendengkur salah satunya adalah olahraga. Olahraga selain untuk kesehatan juga melancarkan peredaran darah, melancarkan nafas dan membuat tidur jadi lebih pulas.

Tapi olahraga secukupnya saja, jangan sampai kelelahan ya, karena mendengkur juga bisa karena kelelahan. Selain olahraga, kamu juga harus istirahat secukupnya.

Istirahat di siang hari sekitar 1 jam membuat kamu tidak terlalu kecapekan karena pekerjaan. Luangkan waktu 30 menit sampai 1 jam untuk tidur, mengistirahatkan otak dan tubuhmu sejenak, untuk mendapatkan lagi stamina fresh.

4Mandi Air Hangat

psikologid.com

Jika kamu tidak sempat beristirahat di siang hari, tentu kamu akan akan merasa sangat capek, solusinya adalah mandi air hangat waktu sore.

Ya mandi air hangat memang cukup ampuh untuk mengusir kelelahan. Ini dipercaya dan di praktekkan sejak jaman dulu dan sampai sekarang lho.

Selain itu air hangat juga akan melancarkan pernafasan hidungmu yang sedang flu atau mampet. Efektif kan? dicoba dirumah ya.

5Ganti Sprei, Sarung Bantal dan Guling secara Rutin

ishopsnet.com

Ganti Sprei kasurmu secara rutin lho, jangan sampai beberapa bulan baru diganti. Sarung bantal dan guling juga. Karena jika tidak tentu banyak kotoran yang hinggap, ini kadang membuat alergi.

Nah, dengkuran juga bisa di picu karena alergi lho. Segera diganti dech.

6Mengurangi Berat Badan atau Diet

khaniraikhanblog.blogspot.com

Tentu cara ini cara yang banyak manfaatnya, diet atau mengurangi berat badan karena kegemukan akan mempengaruhi kualitas tidur. Memang tidak hanya orang gemuk yang suka mendengkur tapi orang kurus pun juga. Tapi orang gemuk lebih gampang dan rentan.

Orang gemuk rata-rata  mempunyai leher besar, otomatis ketika tidur akan mengganggu pernafasan. Maka tak heran banyak orang gemuk tidurnya mendengkur.

Nah, itu dia cara beberapa cara sederhana agak tidurmu pulas, nyaman, sehat dan bebas dari mendengkur. Coba di rumah ya. Semoga bermanfaat.

 

SHARE