Para siswa atau mantan siswa, hehehe, pasti pernah melewati bulan Ramadhan bersama kawan-kawan dan guru di sekolahan.

Bulan Ramadhan bagi umat Muslim di Indonesia adalah sesuatu yang luar biasa, selain karena umat Muslim di Indonesia adalah mayoritas, juga karena nuansa kekraban yang kental akan tercipta di bulan yang penuh berkah dan ampunan tersebut.

Salah satu yang sangat khas dan bisa ditemui para siswa sekolah, baik mulai dari tingkatan SD, SMP, maupun SMA adalah beberapa kegiatan sekolah yang baik diwajibkan atau tidak diwajibkan untuk diikuti oleh para siswanya.

Apa sajakah agenda atau kegiatan sekolah khas Ramadhan tersebut?

1Pondok Ramadhan

www.saicouncil.or.id

Pondok Ramadhan adalah salah satu kegiatan sekolah yang amat khas dan memang hanya ada di bulan Ramadhan. Kegiatan ini biasanya memang diwajibkan untuk semua siswa, bahkan para guru juga.

Ada yang kegiatannya hanya pagi sampai menjelang berbuka, namun juga ada yang sampai menginap beberapa hari, entah di sekolah atau berbentuk kegiatan camp atau outing class.

Pondok Ramadhan biasanya berisi ceramah keagamaan, kegiatan keakraban dan kreativitas siswa, serta berisi beberapa penugasan selama agenda pondok tersebut berlangsung.

Ada juga acara makan sahur atau berbuka bersama, bagi kegiatan Pondok Ramadhan yang menginap.

2Buka Puasa Bersama

30202439.siap-sekolah.com

Kegiatan ini biasanya tidak semua sekolah mewajibkan, ada yang diagendakan oleh sekolah langsung, ada yang merupakan inisiatif para siswa dengan teman sekelas atau seangkatan, ada juga yang berasal dari inisiasi alumni sekolah.

Buka bersama biasanya dilakukan di sekolahan atau di luar, dengan diisi ceramah keagamaan dulu sebelum waktu berbuka tiba, dilanjut makan buka bersama, sholat maghrib dan sholat tarawih berjamaah.

3I’tikaf Bersama

ikapunyaberita.wordpress.com

Tidak semua sekolah melakukan kegiatan ini, namun banyak sekolah terutama sekolah berbasis Islami yang kini mulai mengaktifkan kegiatan ini. I’tikaf bersama ada yang diwajibkan bagi siswa dan guru, ada yang tidak diwajibkan.

Biasanya untuk sekolah yang memiliki pondok atau asrama bagi siswanya, atau yang memiliki sarana seperti masjid sendiri untuk melakukan I’tikaf bersama.

4Nuzulul Qur’an

desabnjrpanepen.blogspot.com

Sekolah biasanya mewajibkan siswa dan guru hadir dalam agenda Nuzulul Qur’an ini. Agendanya biasanya mengkhatamkan Al Qur’an dalam waktu sehari, dari pagi sampai sore, dan ada sema’an.

Sehingga tiap orang akan mendapat giliran membaca Qur’an dan yang lain akan menyimaknya, membantu membenarkan tajwid atau makhraj yang mungkin mengalami kekeliruan.

Hmm, bagi kamu yang sudah bukan siswa, apakah masih rindu dengan agenda-agenda sekolah tersebut? Hehehe.

SHARE