bloomberg.com

Agus Martowardjojo, Bankir Hebat yang Sekarang Jadi Menteri Keuangan

Posted on

Agus Dermawan Wintarto Martowardjojo, atau lebih dikenal sebagai Agus Martowardjojo adalah bankir yang kini menjabat sebagai Menteri Keuangan, menggantikan Sri Mulyani yang menjadi Direktur Pelaksana di World Bank.

Yuk, kenal lebih dekat lagi sosok menginspirasi satu ini;

Minat Kuat di Bidang Ekonomi

tempochannel.com
tempochannel.com

Agus resmi dilantik bersama wakilnya Anny Rahmawati yang sebelumnya menjabat sebagai Dirjen Anggaran Kementrian Keuangan.

Agus lahir di Belanda, tepatnya di Kota Amsterdam, pada tanggal 24 Januari 1956. Meski lahir di belanda, Agus menempuh pendidikan dasar dan menengahnya di Indonesia, tepatnya di Pangudi Luhur Jakarta.

Sejak awal, minatnya terhadap ekonomi memang kuat, tak salah ketika ia memutuskan untuk studi di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Selepas dari UI, ia meneruskan pendidikannya di bidang perbankan State University of New York dan Stanford University di Amerika, lantas melanjutkan ke Institute Banking & Finance di Singapura.

Belajar Semua Hal tentang Perbankan

sp.beritasatu.com
sp.beritasatu.com

Dalam kurun waktu ini, Agus tak hanya kuliah sebagaimana biasa, melainkan aktif dalam mengikuti berbagai macam seminar, kursus, pelatihan dan sejenisnya, tentu saja yang berkaitan dengan perbankan.

Sarjana Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (1984) ini telah mengikuti berbagai Banking & Management Courses termasuk di State University of New York, Buffalo, USA, Stanford University, Palo Alto, USA dan Institute of Banking & Finance, Singapore.

 

Tak heran jika di usianya yang sangat muda, ia telah menjadi bankir yang tergolong hebat.

Perjalanan Karir

sindotrijaya.com
sindotrijaya.com

Karir perbankannya dimulai dari Officer Development Program (ODP) di Bank of America, sebagai International Loan Officer pada tahun 1984.

Keluar dari Bank of America, ia langsung dipinang oleh Bank Niaga, sebagai Vice President, Corporate Banking Group di Surabaya dan Jakarta pada tahun 1986-1994.

Sejak saat itu, ia berpindah-pindah pekerjaan, namun masih tetap di bidang perbankan, diantaranya Bank Bumiputera dan Bank Expor Impor Indonesia, serta pernah menjabat sebagai Deputy Chief Executive Officer Maharani Holding pada tahun 1994.

 

Direktur Utama di Bank Bumiputera (1995 – 1998) dan Direktur Utama di Bank Ekspor Impor Indonesia (1998).

Lalu dipercaya menjabat Managing Director Risk Management and Credit Restructuring di Bank Mandiri (1999), Managing Director Retail Banking and Operation Coordinator (2000), dan Managing Director Human Resources and Support Services (2001).

Sebelum diangkat menjadi Direktur Utama PermataBank terhitung sejak 31 Oktober 2002, dia dipercaya sebagai Advisor bagi Ketua dan Wakil Ketua BPPN untuk bidang Perbankan (2002).

Belum setahun menjadi dirut PT Bank Pertama, Agus sudah dipercaya kalangan perbankan untuk menduduki jabatan Ketua Umum Perbanas (Perhimpunan Bank-bank Umum Nasional Swasta) periode 2003 – 2006.

Kepercayaan ini bukan hal yang mengejutkan. Sebab sebelumnya, selama lima tahun, dia pernah aktif di lingkungan Himbara (Himpunan Bank-bank Miliki Negara).

Jadi Direktur Dua Bank Ternama Nasional

moneter.co.id
moneter.co.id

Sebelum menjabat menjadi menteri keuangan, Agus sempat menjadi Direktur Utama di dua bank terkemuka: Bank Permata dan Bank Mandiri.

Kemauan Agus memikul jabatan sebagai Dirut Bank Mandiri dinilai berani oleh banyak kalangan, mengingat kursi tersebut telah menyeret beberapa seniornya ke balik jeruji besi akibat berbagai kasus.

Apalagi, saat itu usia Agus yang tergolong muda dan kondisi intern Bank Mandiri yang kurang menguntungkan.

 

Agus memang bukan orang asing di Bank plat milik negara ini. Sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai Managing Director Risk Management and Credit Restructuring,

Managing Director Retail Banking and Operation Coordinator, dan managing Director Human Resources and Support Services yang masing-masing jabatan bertahan selama 1 tahun.

Selama menjabat sebagai Dirut Bank Mandiri, berbagai macam pembenahan telah ia lakukan untuk memulihkan kondisi bank. Hingga pada RUPS 17 Mei 2010, ia terpilih lagi menjadi Dirut untuk masa jabatan 5 tahun ke depan.

Aktif di Berbagai Organisasi

bloomberg.com
bloomberg.com

Pemilihan Agus sebagai Menteri Keuangan sempat diragukan oleh beberapa kalangan (lagi-lagi) mengingat usianya yang relative muda.

Namun, selain sosok yang mumpuni dan berhasil mengendalikan bank terbesar di Indonesia, Agus juga merupakan sosok yang dekat dengan bankir dan kalangan perbankan Indonesia.

Tak heran, karena Agus aktif (bahkan pernah menjadi ketua) di berbagai organisasi perbankan seperti Asosiasi Bankir Indonesia, Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA), Advisor Asosiasi Perbankan Indonesia, Perbanas (Perhimpunan Bank-bank Umum Nasional Swasta), dan Bankers Club Indonesia.

Pada 26 Maret 2013 dia terpilih sebagai gubernur Bank Indonesia, menggantikan Darmin Nasution, yang menjabat sejak 2009. Agus akan menjabat selama 5 tahun di Bank Indonesia untuk periode 2013-2018.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *