Did you know Guys? Dalam kondisi tertentu, air yang kelihatannya seperti air putih yang kita kenal manfaatnya itu, bisa berbahaya juga lho.

Kenapa bisa begitu? Perlu kamu tahu! Jika salah pengolahan dan penyimpanan, air-air ini bisa mengandung nitrit serta zat lain yang beracun dan merusak tubuh manusia. Mau tahu air apa sajakah itu? Check this out Guys!

1Air Usang

segalainfo.com

Air usang atau yang kita kenal air mati, yaitu air yang sudah tersimpan lama dan tidak digunakan bahkan diminum. Jangan sekalipun mengonsumsinya ya Guys, karena bukan main bahayanya.

Konsumsi air usang dapat menyebabkan metabolisme sel pada anak-anak melamban, ya, tentu hal ini akan mempengaruhi pertumbuhan tubuhnya.

Bukan itu saja, air usang juga dapat mempercepat penuaan pada lelaki paruh baya, juga dapat memperbesar rasio terjadinya penyakit kanker lambung dan kanker kerongkongan.

Dan yang perlu kamu tahu lagi Guys, semakin lama air ini disimpan, zat-zat yang berbahaya lain akan semakin semakin bertambah.

2Air Mendidih Lama

hapsaro.blogspot.com

Terkadang para ibu beranggapan jika air yang baru saja mendidih belum tentu sudah matang, akibatnya mereka menunggunya beberapa waktu terlebih dahulu. Padahal Guys, kalau air dimasak terlalu lama, bahayanya seperti air yang belum mendidih lho.

Jika kita melakukannya, kita sebenarnya telah mengonsentrasikan bahan-bahan kimia berbahaya, bukan malah menyingkirkannya. Bahan-bahan kimia tersebut diantaranya arsenic, nitrit, dan fluoride.

Bahkan mineral yang sebenarnya menyehatkan bagi kita dapat berubah menjadi racun berbahaya ketika terkonsentrasi.

Jika minum air seperti ini dalam jangka panjang, dapat mengganggu fungsi lambung dan usus, terjadi diare sementara, perut kembung, bisa mengakibatkan kekurangan oksigen yang berefek pingsan dan kejang, bahkan kematian.

3Air Panci Kukus

brainly.co.id

Air panci kukus jika digunakan secara berulang-ulang membuat kepekatan nitritnya sangat tinggi.

Kadang para ibu memasak bubur dengan air demikian, padahal bahayanya Guys, dapat menyebabkan perubahan patologis pada sistem pencernaan, saraf, saluran kemih dan pembentukan darah, bahkan bisa mengakibatkan penuaan dini.

4Air yang Tidak Dimasak

islamislogic.wordpress.com

Pada umumnya air ledeng melalui proses klorin. Padahal dalam air yang diproses klorin dapat memecah 13 jenis zat merugikan, di antaranya hidrokarbon halogen, klorofom yang berefek menyebabkan kanker dan cacat.

Bukan itu saja, padahal para ahli telah menjelaskan bahwa kemungkinan terjangkit penyakit kanker kandung kemih dan kanker poros usus dengan mengonsumsi air yang belum dimasak meningkat 21-38 %.

Nah tapi tenang Guys, ketika air dididihkan hingga mencapai 100°C, kedua zat yang merusak tersebut akan berkurang drastis seiring dengan penguapan, dan akan dikatakan aman dikonsumsi jika dididihkan lagi selama 3 menit, tidak lebih dari itu.

5Air yang Dimasak Kembali

nuga.co

Mungkin, kembali memasak air yang sudah matang banyak yang melakukannya. Yups, hal ini tentu saja untuk menghemat air. Biasanya ini dilakukan jika masih banyak sisa persediaan air minum, yang tidak habis dalam beberapa hari.

Namun sayangnya, memasak air yang sudah pernah dimasak, dapat meningkatkan kandungan nitrit Guys. Yups, tidak lain dan tidak bukan karena terjadinya penguapan kembali. Padahal dari awal-awal tadi sudah disebutkan betapa bahayanya nitrit itu.

Ah, tidak disangka ya Guys ternyata air putih yang kita kira banyak manfaatnya tapi hanya karena pengolahan yang salah dapat membahayakan tubuh kita? So, pengolahan dan penyimpanan harus kita perhatikan mulai sekarang ya. Semoga bermanfaat!